Sumber Cuan PT Gudang Garam, Anak Bisnisnya Berderet...

Sumber Cuan PT Gudang Garam, Anak Bisnisnya Berderet... Kredit Foto: Gudang Garam

Perusahaan yang didirikan keluarga Wonowidjojo, PT Gudang Garam Tbk, memang sudah tak diragukan lagi keberhasilannya. Mulanya hanya produsen rokok, kini miliki anak usaha dari berbagai bidang.

Nama Sang Pemilik, Susilo Wonowidjojo pun pernah bertengger di posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018. Penasaran apa saja anak perusahaan tersebut? Simak ulasan berikut:

1. PT Surya Air

Anak perusahaan yang pertama adalah bidang penerbangan, yakni PT Surya Air. Perusahaan yang didirikan tahun 2010 silam ini siap memberikan layanan penyewaan helikopter. Mereka pun tengah berjuang untuk menjadi salah satu perusahaan penerbangan ternama di Indonesia.

Baca Juga: Facebook Bangun Anak Perusahaan di China

2. PT Dhanista Surya Nusantara

Selanjutnya adalah PT Dhanista Surya Nusantara, anak usaha di bidang perkebunan. Tepat pada 2016, PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) menjual saham anak perusahaannya PT Pertiwi Lenggara Agromas di harga Rp447,2 miliar. Pembelinya adalah, PT Dhanista Surya Nusantara.

Perusahaan ini menguasai kelapa sawit. Mereka beroperasi di lahan yang luasnya kurang lebih 100 ribu hektare. Mereka juga punya 11 ribu karyawan.

3. PT Surya Nusantara Sawitindo

Baca Juga: Perusahaan Milik Bakrie Bakal Kembangkan Bus Listrik

Sesuai namanya, perusahaan ini juga bergerak di bidang perkebunan. Mereka pun menguasai saham PT Pertiwi Lenggara Agromas yang dijual oleh SGRO. Informasi lengkap mengenai PT SNS ini sangatlah minim.

4. PT Graha Surya Media

Anak usaha keempat adalah PT Graha Surya Media, perusahaan di bidang hiburan yang berbasis di Kediri. Perusahaan ini seringkali menggelar event-event musik. Di bawah perusahaan ini, ada pula PT Surya Wisata yang bergerak di bidang tour dan travel.

5. PT Surya Pamenang

Surya Pamenang adalah anak usaha PT Gudang Garam yang bergerak di bidang industri kertas. Mereka mengoperasikan lahan seluas 40 hektare di pinggiran Kediri, Jawa Timur. Jumlah pegawainya kurang lebih 1.000 orang.

Baca Juga: Kenal Mas Nitisemito? Pelopor Bisnis Rokok Kretek Sedari Zaman Belanda!

Bukan hanya dalam negeri, produk-produk yang dihasilkan perusahaan ini juga diekspor ke luar negeri.

6. PT Surya Madistrindo

Perusahaan yang didirikan tahun 2002 silam ini adalah perusahaan distribusi rokok. Perusahaan ini pulalah yang mengatur strategi pemasaran dari produsen rokok raksasa ini. PT Surya Madistrindo juga memiliki banyak anak usaha yang tentunya bergerak di bidang distribusi juga. Dan perusahaan-perusahaan itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia lho.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini