Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjualan Eceran Meningkat di Maret 2019

Penjualan Eceran Meningkat di Maret 2019 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei penjualan eceran Bank Indonesia (BI) pada Maret 2019 mengungkapkan penjualan eceran tumbuh meningkat. Hal ini terlihat dari indeks penjualan riil (IPR) Maret 2019 yang tumbuh sebesar 10,1% (yoy), meningkat dari 9,1% (yoy) pada Februari 2019.

"Peningkatan penjualan eceran terutama bersumber dari subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori," kata BI dalam survei yang dipublikasikan hari ini, Selasa (7/5/2019).

Ke depan, penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh positif pada April 2019. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR April 2019 yang diprakirakan tumbuh 5,7% (yoy), meskipun melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya.

Baca Juga: Dibandingkan Desember, Pertumbuhan Penjualan Eceran Januari 2019 Masih Rendah

Namun demikian, IPR April 2019 tersebut diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 4,1% (yoy).

"Pertumbuhan positif tersebut ditopang oleh penjualan subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori," tegas BI lagi.

Hasil survei mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Juni 2019) meningkat. Hal tersebut tercermin dari indeks ekspektasi harga umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 174,6 meningkat dari 153,9 pada bulan sebelumnya, dipengaruhi oleh tekanan inflasi yang cenderung meningkat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: