Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Program Ramadan 2019, Blanja.com Incar Pertumbuhan 50%, Caranya?

Lewat Program Ramadan 2019, Blanja.com Incar Pertumbuhan 50%, Caranya? Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menyambut datangnya Ramadan dan Idulfitri, marketplace joint venture Telkom Indonesia dan eBay, Blanja.com, menyiapkan beberapa strategi untuk menyambut potensi kenaikan transaksi di platform mereka. Strateginya meliputi penambahan varian produk, meningkatkan pengalaman mitra dan pelanggan, dan pemberian promosi.

Perlu diketahui, berdasarkan survei eCommerceIQ pada Ramadan 2018, angka pengeluaran konsumen di bulan suci berada di kisaran Rp1 juta-Rp5 juta. Nominal itu dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari, fesyen, dan bingkisan. Fenomena tersebut menciptakan suatu peluang bagi para pemain marketplace seperti Blanja.com.

"Kebutuhan tersier dan kuartsier mendapat prioritas dan meningkat pembeliannya. Ini yang dimanfaatkan mitra penjual kami untuk meningkatkan masing- omset. Kami sebagai salah satu player berusaha menangkap peluang ini (saat Ramadan)," jelas CEO Blanja.com, Jemy Confido, Selasa (7/5/2019), di wilayah Kuningan, Jakarta.

Penambahan varian produk di Blanja.com dilakukan karena adanya penambahan kebutuhan tersier dan kuartsier. Untuk saat ini, platform itu telah menyediakan lebih dari 500 produk karena terhubung langsung dengan layanan eBay.

Pemimpin perusahaan itu memaparkan, "Kami juga terapkan stimulus aktivasi yang lebih intens. Contoh, dalam pencarian kalau gak ketemu produknya, langsung diarahkan ke ebay.blanja.com."

Baca Juga: Susul Tokopedia dkk, Blanja.com Hadirkan Pembayaran Digital, Gandeng Siapa Tuh?

Selain menambah produk, joint venture itu juga berkorlaborasi dengan para mitra penjual, mitra logistik, dan mitra pembayaran. Salah satunya adalah LinkAja, layanan pembayaran digital itu baru saja terintegrasi dengan platform Blanja.com sejak Maret 2019 lalu.

"Transaksi LinkAja di platform kami terus meningkat, Mei awal sudah di atas Rp1,5 miliar untuk GMV-nya," ungkap Jemy.

Hingga saat ini, Blanja.com telah memiliki lebih dari 50 ribu mitra penjual yang terdiri atas penjual UMKM dan pemilik merek. Platform itu berhasil meningkatkan jumlah trafik secara organik hingga 43% dari semester satu ke semester dua pada 2018.

Pada kuartal satu 2019, pertumbuhan organik dari segi trafik itu telah meningkat 18%, melalui program Ramadan tahun ini, Blanja.com menargetkan untuk meraih pertumbuhan trafik di atas 50%.

Adapun dari segi penawaran di Ramadan, Blanja.com menyediakan fitur Bedug Blanja dan Koin Blanja. Bedug Blanja akan hadir hingga Juni, sedangkan Koin Blanja sebagai program loyalti akan berjalan hingga akhir tahun ini. Ada pula gamifikasi bedug yang hadir tiga kali sehari pada waktu sahur, waktu salat zuhur, dan menjelang buka puasa.

"Program-program itu fungsinya untuk meningkatkan engangement, bukan hanya buat belanja, melainkan untuk main juga," tutup Brand Manager Blanja.com, Adhitya Insan.

Baca Juga: Blanja.com Klaim Per Tahun Volume Transaksi Naik 2 Kali Lipat

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: