Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perkembangan Platform E-Commerce Asia Tenggara, Mana yang Nomor Satu?

Perkembangan Platform E-Commerce Asia Tenggara, Mana yang Nomor Satu? Kredit Foto: Sumber lain
Warta Ekonomi, Jakarta -

Industri e-commerce tampaknya siap untuk masa depan yang cerah. Merek-merek online akan habis-habisan menggaet pembeli offline melalui diskon dan membangun kenyamanan dan kepercayaan mereka dengan digital.

Peta studi pasar e-commerce oleh aggregator e-commerce iPrice Group dan firma analisis aplikasi App Annie menemukan, Lazada adalah platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Itu juga di antara aplikasi teratas di Vietnam dan Indonesia, masing-masing peringkat ke-2 dan ke-4.

Namun, perusahaan yang didukung Alibaba tersebut mengalami penurunan total kunjungan rata-rata keseluruhan di desktop dan web seluler jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Ini mungkin disebabkan oleh perbedaan dalam inisiatif pemasaran antara dua periode (Q1 2019 - Penjualan Tahun Baru Imlek, Penjualan Ulang Tahun Lazada).

Baca Juga: Gandeng Startup Logistik, E-Commerce Ini Usung Same Day Delivery ke Luar Kota

Di sisi lain, Shopee mengalami peningkatan 5 persen dalam total kunjungan rata-rata keseluruhan, terutama didorong oleh peningkatan kunjungan di Indonesia dan Thailand pada Q1 2019. Peningkatan ini menunjukkan bahwa operator e-commerce yang berbasis di Singapura mampu mempertahankan momentum pertumbuhan dari kuartal sebelumnya meskipun kuartal pertama tahun ini dianggap sebagai periode non-klimaks.

Studi ini lebih lanjut menyoroti temuan menarik di situs web e-commerce yang paling banyak dikunjungi (desktop & seluler web). Meskipun aplikasi mobile merupakan aspek penting dari e-commerce, situs web e-commerce tetap relevan bagi konsumen juga.

Tercatat bahwa konsumen lebih cenderung melakukan pembelian melalui desktop dibandingkan dengan ponsel. Shopee memegang pemerintahan sebagai platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara dengan total rata-rata 184,4 juta kunjungan di desktop dan web seluler pada Q1 2019.

Baca Juga: Berbagai Faktor Ini Bikin Konsumen Pilih Produk Premium di E-Commerce

Lazada melihat penurunan 12 persen dalam total kunjungan rata-rata bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, memperoleh 179,7 juta pengunjung di Q1 2019. Tokopedia (Indonesia), Bukalapak (Indonesia), & Tiki (Vietnam) adalah yang ke-3, ke-4 dan ke-5 mengunjungi platform e-commerce di Asia Tenggara masing-masing meskipun mereka hanya tersedia di satu pasar.

Di enam negara yang dianalisis, aplikasi seluler e-commerce China dan Amerika tetap populer dan aktif digunakan di kawasan ini dengan aplikasi seperti AliExpress, Amazon, eBay, TaoBao, dan Alibaba.com.

Aplikasi e-commerce China seperti TaoBao berkinerja baik di negara-negara di mana ada lebih banyak konsumen yang fasih berbahasa Mandarin (Mandarin). Ini terbukti di negara-negara seperti Singapura dan Malaysia di mana aplikasi masing-masing peringkat keempat dan ketiga.

Baca Juga: Bukan E-Commerce, Ternyata Ini Penyebab Lesunya Ritel Konvensional

Aplikasi e-commerce yang berbasis di Amerika tetap sangat relevan untuk orang Asia Tenggara. Amazon secara aktif digunakan di Filipina dibandingkan dengan aplikasi Alibaba Group, peringkat keempat di atas AliExpress (tempat kelima) dan Alibaba.com (tempat kesembilan).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: