Mensos Janjikan Dana Jaminan Korban Bencana Sulteng Segera Tersalurkan

Mensos Janjikan Dana Jaminan Korban Bencana Sulteng Segera Tersalurkan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, menjanjikan dana jaminan hidup (jadup) untuk korban bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) segera tersalurkan kepada masyarakat.

"Untuk bantuan jaminan hidup Sulteng, Insya Allah kita bisa selesaikan dalam waktu dekat," ujarnya di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Ia menambahkan, sejauh ini penyaluran dana jadup kepada korban bencana sebenarnya tidak mempunyai kendala. Namun, lamanya proses karena Kementerian Sosial masih menunggu usulan data korban penerima jadup dari Pemerintah daerah.

"Artinya kami menunggu usulan dari daerah, nah dari usulan daerah ini baru kita validasi, jadi sebenarnya tidak ada kendala sama sekali," katanya.

Baca Juga: Mensos: Supaya Tidak Miskin Lagi, Kami Dampingi...

Agus menjelaskan, surat usulan jaminan hidup korban gempa Sulawesi Tengah dari Pemerintah daerah setempat baru diterima Kemensos pada 25 April.

"Memang surat untuk jaminan hidup, baru kami terima 25 April ya dari Pemda Sulteng, jadi sekarang kami kejar, kami kebut untuk melakukan proses validasi insyallah sebelum lebaran kami bisa salurkan," jelasnya.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, memastikan rumah hunian sementara (huntara) bagi korban bencana Sulawesi Tengah siap dipakai. Salah satunya, Pemerintah segera mencairkan anggaran untuk kesiapan Huntara.

"Pencairan anggaran untuk terutama yang Huntara kemudian juga memastikan semua huntara siap dipakai, terutama sambungan listrik dan airnya," imbuhnya.

Bambang melanjutkan, selain itu Pemerintah juga siap memfasilitasi rumah yang tidak harus direlokasi. "Di samping yang kita mulai mamfasilitasi yang rumah yang tidak harus direlokasi, yang kategori rumahnya rusak ringan, sedang, maupun berat," tutupnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini