Portal Berita Ekonomi Rabu, 22 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:59 WIB. AS - Usai blacklist¬†Huawei, AS kini incar IDJ, perusahaan pembuat drone asal China.
  • 20:57 WIB. Telkomsel - Telkomsel kini seperti Softbank, mulai kucurkan dana ke startup.
  • 20:54 WIB. Huawei - Huawei punya Hongmeng, sistem operasi pengganti Android di ponsel buatannya.
  • 20:44 WIB. Samsung - Samsung hadirkan Galaxy Land pertama di Indonesia.
  • 20:43 WIB. Twitter - Jokowi dan Sandiaga Uno jadi tokoh terpopuler Pemilu 2019 di Twitter.
  • 20:42 WIB. Xiaomi - Xiaomi terus pantau sanksi AS ke Huawei.
  • 20:41 WIB. Vivo - Momen Lebaran, Vivo kasih promo berhadiah liburan ke Bali.
  • 20:38 WIB. Xiaomi - Xiaomi klaim jalur perakitan Redmi Note 7 terpanjang.
  • 20:37 WIB. Redmi - Redmi umumkan akan rilis K20 pada 28 Mei di China.
  • 20:36 WIB. Hoaks - Kemenkominfo tambah pengawas hoaks usai Jokowi menang Pilpres 2019.

Pilkada Mendatang, Timses Paslon Harus Belajar dari Tim Medsos Jokowi

Pilkada Mendatang, Timses Paslon Harus Belajar dari Tim Medsos Jokowi - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Gelaran pesta demokrasi terbesar bangsa Indonesia telah berakhir pada 17 April lalu. Untuk saat ini, perolehan suara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul atas pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno dalam hitung manual Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Keberhasilan pasangan nomor urut 01 unggul di perolehan suara sementara ini merupakan kerja keras seluruh komponen dalam Tim Kampanye Nasional (TKN), tak terkecuali tim media sosial yang sangat gencar mengampanyekan paslon Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam pandangan PoliticaWave, tim Jokowi-Ma'ruf Amin telah berhasil menggunakan seluruh elemen media sosial yang ada untuk mengampanyekan paslon tersebut.

"Setiap masa kampanye, media sosial menjadi salah satu sarana berkomunikasi untuk calon presiden, calon anggota legislatif, calon gubernur, ataupun calon bupati. Tapi banyak dari mereka menggunakan kanal-kanal media sosial secara salah," ujar Direktur PoliticaWave, Sony Subrata, dalam keterangan resminya, Jumat (10/5/2019).

Baca Juga: Jokowi Beberkan PR Indonesia Menuju Negara Ekonomi Terkuat Dunia

Lebih lanjut, Sony menilai bahwa selama gelaran kampanye Pileg dan Pilpres April 2019 kemarin, masih banyak tim kampanye dari partai dan tim kampanye calon Legislatif melakukan kesalahan elementer berupa salah strategi hingga kurang paham akan komunikasi digital.

"Kesalahan ini terjadi karena tim kampanye di media sosial salah menyusun strategi dan kurang memahami bagaimana cara berkomunikasi secara digital yang efektif dan efisien," kata Sony.

Menurutnya, setiap kampanye digital yang dilakukan oleh tim kampanye, harus dimonitor, diukur, dievaluasi, dan kemudian disesuaikan untuk menjadi strategi berikutnya.

"Di PoliticaWave, kami memantau masa kampanye secara penuh, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, mencakup Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, Kaskus, dan berbagai forum diskusi, termasuk sekitar 400 media online di dalam dan luar negeri. Dari analisis kami, terlihat strategi komunikasi timses yang berhasil dan yang gagal," ungkap Sony.

"Keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di media sosial adalah strategi komunikasi yang benar. Mereka fokus dan terarah kepada substansi dan akurasi. Bukan sekedar sebanyak-banyaknya isu dan percakapan," tambah Sony.

Selain itu, Sony Subrata juga menjelaskan bahwa selama masa kampanye pilpres, tim media sosial pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin selalu berkomitmen untuk perang terhadap berita bohong atau hoax. Bagi Sony, berita bohong atau hoax yang kerap menyerang Jokowi-Ma'ruf Amin sudah benar dilawan atau diluruskan sehingga masyarakat paham informasi mana yang benar dan yang tidak benar.

"Tim media sosial Jokowi-Ma'ruf Amin juga fokus kepada perlawanan terhadap hoax dan fitnah. Mereka tidak terpancing untuk melawan hoax dengan hoax, melawan fitnah dengan fitnah. Ini adalah strategi komunikasi yang sudah tepat," lanjut Sony.

Sony Subrata berharap, pada saat pemilihan kepala daerah mendatang, timses masing-masing kandidat harus belajar dari kampanye media sosial Pilpres 2019 ini, khususnya dari tim media sosial Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Banyak strategi yang bisa digunakan dan banyak strategi yang harus dihindari. Sistem algoritma di PoliticaWave bisa membedakan akun riil dan akun bodong. Karena sejak 2012 algoritma kami terus belajar dari upaya-upaya mereka yang menciptakan akun-akun robot untuk membentuk opini di media sosial. Itu semua kami filter," tutup Sony.

Tag: Joko Widodo (Jokowi), PoliticaWave, Media Sosial (Medsos), Pilpres 2019

Penulis: Cahyo Prayogo

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Antara/Rahmad

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,876.15 3,836.82
British Pound GBP 1.00 18,500.33 18,315.59
China Yuan CNY 1.00 2,106.68 2,085.81
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,534.00 14,390.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,048.81 9,942.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,851.80 1,833.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,567.88 10,461.65
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,231.57 16,065.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,475.37 3,438.47
Yen Jepang JPY 100.00 13,193.54 13,060.45

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5951.372 44.251 633
2 Agriculture 1366.777 14.842 21
3 Mining 1624.810 15.212 47
4 Basic Industry and Chemicals 712.136 4.816 71
5 Miscellanous Industry 1221.444 17.621 46
6 Consumer Goods 2370.755 11.367 52
7 Cons., Property & Real Estate 441.498 6.423 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1080.867 1.302 74
9 Finance 1194.094 9.687 90
10 Trade & Service 790.186 6.735 156
No Code Prev Close Change %
1 CNTX 472 590 118 25.00
2 BSSR 1,280 1,600 320 25.00
3 MASA 454 565 111 24.45
4 INCF 214 266 52 24.30
5 SKBM 300 372 72 24.00
6 MCOR 121 150 29 23.97
7 RELI 202 250 48 23.76
8 MINA 1,240 1,530 290 23.39
9 POOL 1,885 2,280 395 20.95
10 MKPI 13,975 16,725 2,750 19.68
No Code Prev Close Change %
1 MFMI 570 464 -106 -18.60
2 NIPS 260 218 -42 -16.15
3 KOIN 250 212 -38 -15.20
4 YPAS 525 452 -73 -13.90
5 POSA 460 398 -62 -13.48
6 BALI 1,780 1,550 -230 -12.92
7 IIKP 70 61 -9 -12.86
8 TRIS 238 210 -28 -11.76
9 CITY 344 308 -36 -10.47
10 BRAM 9,025 8,100 -925 -10.25
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,750 3,750 0 0.00
2 MNCN 925 945 20 2.16
3 APLI 81 75 -6 -7.41
4 TLKM 3,600 3,600 0 0.00
5 BBCA 26,900 27,300 400 1.49
6 ABBA 142 153 11 7.75
7 BMRI 7,225 7,250 25 0.35
8 UNTR 24,500 24,725 225 0.92
9 MTPS 1,140 1,165 25 2.19
10 BBNI 8,425 8,600 175 2.08