Portal Berita Ekonomi Minggu, 09 Agustus 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Begini 3 Kunci Ikat Konsumen Sektor Makanan

Begini 3 Kunci Ikat Konsumen Sektor Makanan
WE Online, Jakarta -

Dengan banyaknya pemain, pasar bisnis penjualan makanan semakin kompetitif. Merek makanan berupaya menemukan cara untuk memenuhi permintaan konsumen yang dinamis. Sebagai referensi, ada tiga tren penting dalam perilaku konsumen di sektor makanan yang ditemukan oleh Facebook.

Hasil riset Facebook menunjukkan, platform media sosial menjadi salah satu panduan pecinta kuliner untuk menemukan menu makanan yang baru untuk konsumen di usia 18-34 tahun. 98% dari total 1.709 responden riset itu menemukan ide resep baru lewat media sosial.

"84% pembeli makanan di usia 18-34 tahun mengatakan, mereka membeli produk makanan setelah melihat posting-an medsos," tulis Facebook dalam hasil riset yang Warta Ekonomi terima, Senin (20/5/2019).

Baca Juga: 6 Faktor Gagalnya Bisnis Makanan yang Tak Disadari

Pelaku pemasaran dari berbagai merek makanan perlu menyikapi perubahan semacam itu. Dari hasil risetnya, Facebook menyarankan tiga langkah berikut untuk para pebisnis di sektor makanan Indonesia.

1. Memahami perbedaaan kebutuhan pelanggan

Tidak hanya pencarian informasinya, proses pembelian makanan pun mengalami pergeseran dengan naiknya pamor layanan pesan-antar ojek daring. Buktinya, 57% responden melakukan pembelian makanan melalui ponsel pintar atau tablet.

Mengapa demikian? Sebab 68% responden riset tersebut menganggap waktu lebih berharga daripada uang. Oleh sebab itu, pelaku pemasaran dari masing-masing merek harus memahami perbedaan kebutuhan tersebut.

2. Ciptakan konten yang mengajak konsumen untuk mengeksplor kuliner terkini 

Perangkat ponsel pintar dan fungsi media sosial jadi kunci utama yang harus dimanfaatkan oleh pelaku pemasaran tiap merek makanan. Apalagi, 51% responden survei Facebook mengatakan, iklan di media sosial seperti Instagram dan Facebook memengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk baru.

Konten yang mampu menginspirasi, menghibur, dan mengedukasi jadi syarat utama konten digital. Itulah alasan dasar para pembeli makanan mengikuti selebritas atau pecinta kuliner di media sosial.

Baca Juga: Rambah Bisnis Minuman Kekinian, Mantan Karyawan Pertamina Ini Kantongi Miliaran Rupiah Tiap Bulan

3. Berinteraksi dengan pelanggan lewat cerita dalam bentuk visual 

Pengguna media sosial mencerna sesuatu melalui indera penglihatan mereka, lalu hal itu memengaruhi perilaku pembelian. Di antara semua platform, media sosial paling efektif bagi merek untuk memenuhi digital hunger dan membangun interaksi yang lebih baik dengan para konsumen.

Sekadar informasi, survei dilakukan oleh Facebook IQ, bekerja sama dengan Accenture. Survei itu melibatkan 1.709 responden berusia 18 tahun ke atas, yang membeli produk makanan dalam tiga bulan terakhir hingga November 2018.

Tag: Tips Bisnis, Kuliner

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Eaters

Baca Juga

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,925.40 3,885.82
British Pound GBP 1.00 19,310.01 19,112.04
China Yuan CNY 1.00 2,113.12 2,091.20
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,720.24 14,573.77
Dolar Australia AUD 1.00 10,619.18 10,510.60
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,899.36 1,880.44
Dolar Singapura SGD 1.00 10,735.30 10,626.93
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,442.01 17,267.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,510.67 3,471.60
Yen Jepang JPY 100.00 13,942.26 13,802.23
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5143.893 -34.379 697
2 Agriculture 1182.126 4.501 23
3 Mining 1420.039 -17.397 48
4 Basic Industry and Chemicals 750.026 -7.720 80
5 Miscellanous Industry 936.518 5.337 52
6 Consumer Goods 1901.378 -17.731 58
7 Cons., Property & Real Estate 287.698 -4.036 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 891.398 -15.669 78
9 Finance 1123.701 -6.899 93
10 Trade & Service 635.015 7.240 173
No Code Prev Close Change %
1 IPOL 70 92 22 31.43
2 TOYS 436 545 109 25.00
3 WOWS 72 89 17 23.61
4 OPMS 128 151 23 17.97
5 YULE 172 197 25 14.53
6 BBHI 146 167 21 14.38
7 EMTK 4,290 4,900 610 14.22
8 DART 220 248 28 12.73
9 CSRA 310 346 36 11.61
10 PTSN 208 232 24 11.54
No Code Prev Close Change %
1 PGJO 55 50 -5 -9.09
2 VRNA 115 107 -8 -6.96
3 INDO 130 121 -9 -6.92
4 IBFN 290 270 -20 -6.90
5 LUCK 232 216 -16 -6.90
6 PGLI 204 190 -14 -6.86
7 BAYU 1,100 1,025 -75 -6.82
8 APII 191 178 -13 -6.81
9 TARA 59 55 -4 -6.78
10 CSMI 208 194 -14 -6.73
No Code Prev Close Change %
1 TOWR 1,150 1,080 -70 -6.09
2 ANTM 835 840 5 0.60
3 BBKP 182 193 11 6.04
4 UNTR 23,775 24,700 925 3.89
5 GIAA 258 260 2 0.78
6 TLKM 3,020 2,980 -40 -1.32
7 PURA 124 126 2 1.61
8 MDKA 2,020 2,050 30 1.49
9 PWON 388 376 -12 -3.09
10 ERAA 1,525 1,620 95 6.23