Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Komnas HAM Bakal Jalan Sendiri Selidiki Peristiwa 22 Mei 2019?

Komnas HAM Bakal Jalan Sendiri Selidiki Peristiwa 22 Mei 2019? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Tim Komnas HAM untuk pemantauan kerusuhan 22 Mei, Amiruddin Al Rahab, mengatakan pihaknya bakal bekerja mandiri, meski demikian siap bertukar informasi dengan polisi.

Sebelumnya, Polisi menyatakan menggandeng Komnas HAM untuk menyelidiki penyebab tewasnya sejumlah orang dalam kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang diduga terkena tembakan.

"Tentu dalam mendalami bisa saja Komnas HAM dan Polri saling berbagi info," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Namun Komnas HAM belum dihubungi secara formal oleh Polri untuk menyelidiki dugaan penembakan yang melatarbelakangi tewasnya orang-orang pada kerusuhan itu. Meski demikian, pihaknya menghargai niatan Polri untuk menginvestigasi kasus itu secara bersama-sama.

Baca Juga: Pasca Peristiwa 22 Mei, Komnas HAM Banyak Terima Aduan Soal Ini

"Mungkin antara Komnas HAM dan Polri bisa saling bekerjasama dalam pokok organisasi, tapi tim akan jalan sesuai peran dan fungsi masing-masing," imbuhnya.

Komnas HAM akan bekerja sesuai dengan fungsinya yang spesifik, yakni mendalami permasalahan terkait kemanusiaan. Pada 22 Mei, Komnas HAM dikatakannya sudah mendatangi beberapa rumah sakit. Pada proses pendalaman tertentu, Komnas HAM juga membutuhkan bantuan Polri, misalnya autopsi jenazah orang-orang yang tewas pada saat itu.

"Karena kewenangan autopsi itu ada di Polri, nanti kita minta dan lihat apa sebenarnya yang terjadi sehingga menimbulkan korban jiwa," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Irfan Mualim
Editor: Irfan Mualim

Bagikan Artikel: