Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjualan Sempat Turun, Semen Indonesia Bakal Genjot Kinerja di Semester II

Penjualan Sempat Turun, Semen Indonesia Bakal Genjot Kinerja di Semester II Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) optimis kinerja penjualan semen di Jawa Timur pada semester kedua tahun ini akan membaik. Jika sebelumnya. semester pertama masih alami penurunan yang disebabkan musim hujan, proyek infrastruktur masih tertunda.

Kepala Departeman Komunikasi Semen Indonesia Sigit Wahono, menjelaskan penjualan Semen Indonesia secara konsolidasi di Jawa Timur sepanjang Januari-April 2019 mencapai 2,14 juta ton atau turun 9.4 persen dibanding periode yang sama tahun 2018 sebesar 2,36 juta ton. Data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) juga menunjukkan penjualan semen di Jatim tercatat sebesar 2,74 juta ton atau mengalami perlambatan 6.3 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 sebesar 2,93 juta ton.

“Penurunan penjualan Semen Indonesia di Jawa Timur disebabkan karena permintaan semen yang melemah pasca penyelesaian beberapa proyek infrastruktur serta adanya pesta demokrasi, musim hujan dan mendekati bulan puasa sehingga pelaksanaan proyek oleh pemerintah dan swasta masih lambat atau belum dimulai,” kata Sigit di sela kegiatan acara buka puasa bertema #MembangunKetakwaan dengan insan media di Jatim dan pemberian bingkisan lebaran kepada 100 orang pengemudi becak dan juru parkir digedung PWI Jatim Surabaya, Jumat (31/5/2019).

Baca Juga: Semen Indonesia Terbitkan Obligasi Rp4,08 Triliun, Bunganya?

Selain itu, menurut Sigit, pasar semen domestik di Jatim juga semakin kompetitif dengan hadirnya beberapa pemain baru di pasar. 

"Meski demikian perseroan optimis kinerja penjualan bisa jauh lebih baik di semester II, dikarenakan proyek-proyek infrastruktur yang sempat tertunda  akan dilanjutkan di sisa tahun 2019,” ujar Sigit. 

Sementara itu, acara MembangunKetakwaan diawali dengan tausiyah yang dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan lebaran oleh SVP of SMO & Communication Semen Indonesia, Ami Tantri. “Kegiatan #MembangunKetakwaan merupakan bagian dari program.

"Membangun Kekuatan, Memajukan Indonesia. Melalui kegiatan buka puasa bersama dan pemberian bingkisan lebaran ini,  perusahaan berharap bisa semakin mendekatkan diri dengan masyarakat. Hubungan yang sinergis antara perusahaan dan masyarakat diharapkan mampu mendorong peningkatan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat maupun mitra kerja lain,” kata Sigit.

Baca Juga: Pendapatan Semen Indonesia Meningkat 10,33% Sepanjang 2018

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: