Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

4 Cara Mendapatkan Pengalaman Manajerial

4 Cara Mendapatkan Pengalaman Manajerial Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tanpa keterampilan yang tepat, mendapatkan pekerjaan sebagai manajer proyek bisa sulit. Namun, ada cara cerdas untuk mendapatkan pengalaman manajemen proyek yang relevan.

Seperti ketika mencari pekerjaan dalam manajemen proyek, tetapi belum memiliki pengetahuan atau keahlian formal yang cukup untuk mendapatkan peran sebagai manajer proyek. Dalam situasi seperti ini kira-kira apa yang harus dilakukan?

Melansir Techrepublik, berikut adalah empat cara untuk bisa mendapatkan pengalaman yang relevan, meningkatkan resume, dan mulai membuat terobosan yang lebih formal ke bidang manajemen proyek.

Baca Juga: Perjalanan Karier Si Miliarder Baja Dunia, Asli Orang Rusia

1. Relawan untuk proyek komunitas

Pekerjaan sukarela adalah cara yang bagus untuk mendapatkan beberapa pengalaman spesifik proyek yang berharga. Tidak ada kekurangan kesempatan untuk menjadi sukarelawan dalam proyek-proyek komunitas. Maka, temukan proyek yang mungkin menarik untuk bergabung sebagai bagian dari tim proyek.

Cobalah untuk menjadi sukarelawan dalam peran kepemimpinan karena ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman manajemen proyek langsung. Jika tidak dapat mengambil peran kepemimpinan, peran lain mungkin tersedia yang masih akan memungkinkan untuk menjadi bagian dari tim proyek dan mendapatkan pengalaman yang relevan. Ini menunjukkan kepada perusahaan yang dilamar bahwa Anda bersedia menjadi sukarelawan dalam peran manajemen proyek sebagai tanda komitmen Anda untuk menjadi manajer proyek di tempat kerja.

2. Minta berpartisipasi dalam pertemuan proyek

Di dalam organisasi, kemungkinan ada banyak proyek dalam satu waktu. Identifikasi proyek-proyek yang berdampak pada area Anda dan menjangkau pemimpin fungsional atau manajer proyek. Tanyakan apakah Anda dapat berpartisipasi dalam kapasitas apa pun di tim atau menghadiri pertemuan sebagai peserta. Ekspresikan minat Anda dalam karier manajer proyek.

Penting untuk memastikan bahwa Anda berbicara dengan atasan langsung Anda terlebih dahulu untuk menjaga mereka tetap dalam lingkaran dan mendapatkan persetujuan mereka. Ini akan membantu penyelia (pengawas) Anda mengidentifikasi bidang yang diminati dan menentukan cara dia dapat membantu Anda dalam pengembangan karier Anda. Saat berpartisipasi dalam peran informal, Anda dapat menemukan aspek manajemen proyek yang menarik bagi Anda dan juga beberapa yang tidak.

3. Pertimbangkan pekerjaan sebelumnya di mana Anda memainkan peran informal

Meskipun Anda mungkin belum menjadi manajer proyek formal, Anda mungkin telah menjadi bagian dari tim proyek pada titik tertentu dalam karier Anda. Periksa resume Anda lebih detail dan pikirkan kapan Anda menjadi bagian dari proyek. Anda mungkin tidak mengenali tugas yang Anda kerjakan sebagai kegiatan manajemen proyek formal. Penting untuk memastikan bahwa Anda mengenali perbedaan antara kegiatan operasional dan tugas spesifik proyek formal. Identifikasi tugas-tugas proyek tersebut dan perbarui resume Anda.

Baca Juga: Kesuksesan Karier Generasi Ketiga Bakrie's Family

4. Buat proyek Anda sendiri

Pikirkan beberapa ide proyek yang dapat Anda terapkan di dalam departemen Anda dan diskusikan kemungkinan memimpin proyek kecil dengan izin atasan Anda. Ini tidak perlu menjadi usaha besar. Ini bisa sesederhana proyek untuk mengatur acara kecil atau meningkatkan alur kerja yang ada. Ini tidak hanya menunjukkan minat Anda dalam manajemen proyek, tetapi juga kesediaan Anda untuk menunjukkan inisiatif.

Ketika Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman dengan proyek yang lebih kecil, penyelia Anda lebih mungkin untuk menyoroti proyek yang lebih besar. Anda bahkan mungkin ingin memformalkan pengetahuan Anda dengan beberapa pelatihan manajemen proyek seiring berjalannya waktu.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan