Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Catat Trafik Data Naik 49,8 Persen pada Lebaran 2019

Telkomsel Catat Trafik Data Naik 49,8 Persen pada Lebaran 2019 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan sebesar 12,3 persen pada H-1 Lebaran tahun ini menjadi 19,30 petabyte jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 49,8 persen. Rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00:00 hingga 06:00, atau pada saat sahur.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan Telkomsel bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (7/6/2019).

Baca Juga: Perluas Jaringan 4G LTE, Telkomsel Kerja Sama dengan Mitra Devices

Tercatat, wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0 persen dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat (sebesar 31,2 persen) dan Jawa Timur (sebesar 26,9 persen).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo, dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal.

Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran – Batu Keras, dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Adapun, kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal daripelanggan yang beraktivitas di media sosial mencapai 30,4 persen.

Baca Juga: Ditinggal Emma Sri Martini ke Telkomsel, Sarana Multi Infrastruktur Carikan Pengganti

Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7 persen. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 persen terhadap penggunaan layanan data.

Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan streaming melalui aplikasi Youtube. Khusus layanan media sosial kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi aktivitas pelanggan pada aplikasi Facebook dan Instagram.

Sementara itu, beberapa ragam aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah Google Service yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 7,7 persen, diikuti Mobile Legend dan TikTok masing-masing sebesar 1,1 persen.

"Untuk memberikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan data yang lebih cepat dan stabil, kami juga telah memperluas layanan 4G LTE ke lebih 500 ibukota/kabupaten di mana 97 persen telah menjangkau ibu kota kecamatan," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: