Portal Berita Ekonomi Senin, 18 November 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:46 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka positif 0,02% pada level 7.304
  • 17:46 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,61% pada level 3.258
  • 17:45 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 0,62% pada level 2.909
  • 17:44 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,49% pada level 23.416
  • 17:43 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup negatif 0,07% pada level 2.160
  • 17:42 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 1,35% pada level 26.681
  • 17:41 WIB. Valas - Yuan ditutup menguat 0,07% terhadap USD pada level 7,0141 Yuan/USD
  • 17:40 WIB. Valas - Rupiah ditutup menguat 0,01% terhadap USD pada level Rp.14.078/USD

Unilever Pilih Nebeng ke E-Commerce Ketimbang Investasi IoT

Unilever Pilih Nebeng ke E-Commerce Ketimbang Investasi IoT - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Penggunaan perangkat berbasis internet of things (IoT) seperti sensor, chip, wearable device sudah mulai digunakan merek-merek ternama di luar negeri untuk “memonitor” journey konsumennya. Namun perusahaan lokal di Indonesia, salah satunya PT Unilever Indonesia Tbk belum tertarik ke arah sana.

Direktur Customer Development Unilever Indonesia, Enny Hartati Sampurno menyatakan pihaknya telah memperluas kanal distribusi dengan menggandeng 15 e-commerce di Indonesia termasuk Tokopedia, Bukalapak, Blibi, Shopee dan sebagainya. Bahkan perusahaan sudah menganggarkan sebagian dari total investasi mereka tahun ini, sebesar Rp1,3 triliun di bidang teknologi yang memungkinkan toko bisa memesan langsung. Ujungnya efisiensi operasional, misalnya menurunkan cost

“Selain e-commerce, diakui sebetulnya masih banyak teknologi titik yang perusahaan garap terkait investasi di digital sales,” kata dia belum lama ini. 

Baca Juga: Era IoT, Saatnya Berburu Connected Consumer!

Perusahaan juga menyadari strategi berbasis data diperlukan untuk menjangkau konsumen. Melalui pusat digital internal, perusahaan mengasah kemampuan dalam pembuatan konten dan analisis data guna melakukan pemasaran secara presisi atau precision marketing. Cara masyarakat mengonsumsi media massa telah berubah drastis beberapa tahun terakhir, terutama di kategori makanan, dimana setengah dari konsumen di perkotaan saat ini mendapatkan lebih banyak informasi di platform digital, selain TV. 

Selain menawarkan berbagai cara untuk melakukan pemesanan secara online, divisi Unilever Food Solution juga menciptakan platform yang dipersonalisasi berdasarkan data untuk memastikan pelanggan dapat mengakses produk yang mereka butuhkan 24 jam sehari. 

Baca Juga: Baru Kuartal I, Unilever Sudah Raup Penjualan Rp10,7 Triliun

Direktur Governance & Corporate Affairs dan Corporate Secretary Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso menyatakan dalam mendesain rekomendasi atau penawaran produk baru, perusahaan menggunakan pendekatan pada amalgamasi atau bauran seluruh kanal baik offline maupun online.

“Semua produk kami, Sunsilk misalnya akan mempertimbangkan berbagai level masukan tadi sebelum menjadikan insight tersebut sebagai bahan masukan untuk kepentingan modifikasi aktivitas promosi atau lebih jauh lagi, modifikasi marketing mix,” kata Sancoyo.

Baca Juga: Kontribusi Kurangi Sampah Plastik, Unilever Investasi Fasilitas Daur Ulang 10 Juta Euro

Baca Juga

Tag: PT Unilever Indonesia Tbk, E-commerce

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Kumairoh

Foto: Lestari Ningsih

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,772.00 3,734.27
British Pound GBP 1.00 18,285.73 18,098.18
China Yuan CNY 1.00 2,017.05 1,996.13
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,145.38 14,004.63
Dolar Australia AUD 1.00 9,644.32 9,545.56
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.72 1,788.72
Dolar Singapura SGD 1.00 10,396.43 10,289.96
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,646.20 15,484.92
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,406.88 3,369.74
Yen Jepang JPY 100.00 13,002.46 12,869.54

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6122.625 -5.720 662
2 Agriculture 1388.559 2.970 20
3 Mining 1501.047 22.496 49
4 Basic Industry and Chemicals 954.421 -0.201 76
5 Miscellanous Industry 1177.316 -0.936 50
6 Consumer Goods 2060.657 -6.314 54
7 Cons., Property & Real Estate 507.973 -0.049 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1128.813 -12.467 76
9 Finance 1266.233 2.133 90
10 Trade & Service 782.981 -3.567 165
No Code Prev Close Change %
1 TEBE 1,095 1,640 545 49.77
2 ESIP 344 430 86 25.00
3 SINI 595 740 145 24.37
4 ALMI 266 328 62 23.31
5 PORT 414 500 86 20.77
6 BYAN 13,300 15,800 2,500 18.80
7 PALM 208 242 34 16.35
8 ALKA 450 510 60 13.33
9 IMJS 280 316 36 12.86
10 VINS 119 134 15 12.61
No Code Prev Close Change %
1 FITT 84 55 -29 -34.52
2 RODA 175 115 -60 -34.29
3 ICON 99 72 -27 -27.27
4 JTPE 880 660 -220 -25.00
5 MPOW 244 183 -61 -25.00
6 TGRA 280 210 -70 -25.00
7 ENVY 2,070 1,555 -515 -24.88
8 DEAL 865 650 -215 -24.86
9 SQMI 372 280 -92 -24.73
10 HITS 550 414 -136 -24.73
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,410 1,410 0 0.00
2 MAMI 244 248 4 1.64
3 BBRI 4,090 4,120 30 0.73
4 IPTV 494 505 11 2.23
5 TLKM 4,080 4,000 -80 -1.96
6 TCPI 4,780 5,175 395 8.26
7 IRRA 450 498 48 10.67
8 ACES 1,695 1,700 5 0.29
9 BBTN 1,920 1,955 35 1.82
10 BRPT 1,075 1,130 55 5.12