Portal Berita Ekonomi Minggu, 21 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:28 WIB. Indonesia Open - Jepang  juara umum Indonesia Open 2019 setelah meraih dua gelar.
  • 15:10 WIB. Investor - Perusahaan global private equity sedang mencari dana segar dari Israel, yang sedang kelebihan dana.
  • 14:54 WIB. Bandara - Menhub ingin runaway 3 bisa dioperasikan pada 17 Agustus.
  • 14:01 WIB. Real Madrid - Zidane berharap Gareth Bale segera keluar dari Madrid.
  • 13:14 WIB. Wagub DKI - Gerindra: Wagub DKI Jakarta urusan DPRD, bukan kami.
  • 12:01 WIB. Plastik - Menteri KKP: Indonesia produsen sampah plastik no.2 di dunia.
  • 07:18 WIB. Apollo - Rekaman asli pendaratan Apollo 11 terjual US$1,8 juta pada lelang di Sotheby's.
  • 05:09 WIB. Bilateral - China puji hubungan diplomatik 35 tahun dengan Uni Emirat Arab sebagai hubungan terbaik 
  • 04:53 WIB. Ekspansi - Top Glove asal Malaysia akan buka pabrik pertama di Vietnam tahun depan
  • 04:48 WIB. Bir - Rencana Asahi beli Anheuser-Busch InBev akan perkuat pasar bir premium

Sephora Tawarkan Customer Experience Mewah

Sephora Tawarkan Customer Experience Mewah - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Sephora, produk kecantikan dari Paris, Perancis dikenal dengan brand yang sangat eksperimental terus menawarkan berbagai produk kecantikan. Ada pula Virtual Artist yang memungkinkan konsumen mencoba produk kecantikan sebelum membelinya. Senjata-senjata tersebut memberikan customer experience yang menakjubkan dan tetap terjangkau bagi konsumen.

Perusahaan seperti Amazon yang juga mencoba garap pasar produk kecantikan pun belum bisa menandingi ketenaran Sephora. Dengan teknologi virtual artist-nya, konsumen bisa menghindari bibir pecah-pecah karena mencoba 20 produk berbeda. "Sephora Virtual Artists (SVA)", ditangani oleh startup AR/AI Modiface, memungkinkan pelanggan untuk mencoba berbagai produk seperti palet makeup dan sebagainya hanya dengan menekan tombol selfie. 

Sephora mendisrupsi industri kecantikan sejak awal kemunculannya dengan menyediakan otonomi dan personalisasi kepada pelanggannya. Jika dulu saat konsumen mencari produk kecantikan dihampiri oleh ahli kecantikan di belakang counter department store dan mendorong mereka ke arah produk tertentu, kini dengan Sephora memberikan kebebasan kepada konsumen  untuk bermain-main dengan ide-ide atau pilihan mereka. 

Baca Juga: Cari Talenta MUA Berbakat, Make Over Kembali Gelar Make Over Make Up Artis Hunt 2018

Pengambilan sampel di dalam toko juga memungkinkan konsumen memiliki pengalaman untuk mencoba sebanyak mungkin produk yang mereka butuhkan sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Tidak hanya itu, Sephora meningkatkan pengalaman personalisasi di dalam toko dengan memperkenalkan Color IQ, yang memungkinkan seniman kecantikan dalam toko (fitur makeup artist in store).

Sephora juga mempersonalisasi pengalaman e-commerce dan email bagi konsumen. Ditambah lagi ada loyalty program, yang tentu bagi para artis wajah dan profesional, kesetiaan mereka dengan Sephora membawa manfaat yang signifikan. Akumulasi poin nantinya bisa ditukar dengan hadiah gratis, makeover gratis, pelatihan gratis, dan/atau undangan eksklusif ke acara-acara Sephora.

Program loyalitas adalah cara yang efektif untuk menangkap informasi tentang kebiasaan dan preferensi konsumen dan memberikan rekomendasi yang disesuaikan. Personalisasi dalam industri kosmetik sangat penting karena keputusan pembelian konsumen sangat didasarkan pada preferensi pribadi, termasuk konsistensi produk, bahan, warna, atau merek.

Saat ini, SVA merupakan strategi Sephora untuk dunia yang bergerak cepat menuju augmented reality. Sephora dapat menggunakan SVA untuk mengumpulkan lebih banyak data tentang konsumen sambal mendorong konsumen untuk bereksperimen dengan produk-produk di luar yang biasa mereka beli. Namun, ancaman Amazon membayangi Sephora.

Tag: Sephora, Make Up Artist (MUA)

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,728.00 3,690.58
British Pound GBP 1.00 17,543.07 17,366.04
China Yuan CNY 1.00 2,037.30 2,016.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,983.00 13,843.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,884.58 9,784.23
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,789.94 1,771.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,307.39 10,202.68
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,750.45 15,588.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,403.02 3,366.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,003.81 12,872.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67