Portal Berita Ekonomi Sabtu, 08 Agustus 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Buset!! Sumbangan Go-Jek bagi Perekonomian Bandung Bikin Sesak Nafas

Buset!! Sumbangan Go-Jek bagi Perekonomian Bandung Bikin Sesak Nafas
WE Online, Bandung -

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) mencatat bahwa kontribusi mitra Go-Jek kepada perekonomian Kota Bandung di tahun 2018 mencapai Rp2,1 triliun. 

Perhitungan kontribusi ekonomi berasal dari selisih pendapatan mitra Go-Jekdari sebelum hingga setelah mereka bergabung di Go-Jek.

Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw menjelaskan penelitian ini mencakup mitra dari empat layanan Go-Jek, yaitu layanan roda-dua Go-Ride, roda-empat Go-Car, Go-Food, dan Go-Life. Secara nasional, LD FEB UI mengungkapkan bahwa kontribusi mitra Go-Jek ke perekonomian nasional mencapai Rp44,2 triliun.

Hasil riset di Bandung merupakan bagian dari riset yang bertajuk “Dampak Go-Jek terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018” di 9 kota. Studi serupa pada tahun 2017 menunjukkan kontribusi Go-Jek dari dua layanan (roda dua dan UMKM) di Bandung mencapai Rp423 miliar1.

 “Kontribusi yang semakin besar dari Go-Jek menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya ke perekonomian daerah," katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (25/6/2019)

Baca Juga: Go-Jek Uji Coba Layanan Streaming Video, Apa Namanya?

Go-Jek sebagai pemain utama industri teknologi di Indonesia telah menunjukkan bagaimana inovasi teknologinya dapat memperluas peluang penghasilan bagi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai latar belakangan pendidikan dan usia

Adapun angka kontribusi ekonomi mitra Go-Jek terhadap perekonomian Kota Bandung di tahun 2018 meliputi

mitra pengemudi Go-Ride berkontribusi Rp 537 milliar, mitra pengemudi Go-Car menyumbang Rp 111 milliar, mitra UMKM Go-Food (Rp 1,5 triliun), mitra Go-Life  maupun Go-Clean dan Go-Massage (Rp46 milliar)

Menurut Paksi, di wilayah yang terkenal dengan kuliner khas Sunda, seperti cireng dan basreng, pertumbuhan juga terjadi pada kontribusi mitra UMKM Go-Food yang naik hampir 5 kali lipat dibandingkan tahun 2017.

“Pertumbuhan kontribusi mitra UMKM Go-Food ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi Go-Jek dan Go-Food yang semakin gencar digunakan oleh mitra UMKM,” kata Paksi.

Selebihnya, rata-rata penghasilan mitra Go-Jek dalam penelitian ini di atas UMK Kota Bandung dengan rata-rata pendapatan mitra Go-Ride di Bandung sebesar Rp 3,4 juta, pendapatan mitra Go-Car di Bandung Rp 4,8 juta dan pendapatan mitra Go-Life di Bandung sebesar Rp 4 juta. 

Baca Juga: Usai Lebaran, Go-Food Festival Kembali Tawarkan Ini ke Pengunjung

Selain itu, Go-Jek Menjadi Pintu Masuk UMKM Bandung ke Ekonomi Digital. Keutamaan Go-Jek di bisnis pesan-antar makanan online tercermin dari beberapa temuan diantaranya 76% mitra UMKM mengalami kenaikan volume transaksi dengan rata-rata peningkatan dengan omzet sebesar Rp 5,300,000 per bulan. 90% mitra UMKM menyatakan mereka pertama kali go-online saat bergabung ke GO-FOOD .39% UMKM menginvestasikan kembali pendapatan dari Go-Food ke usaha mereka.

Go-Jek juga, lanjut Paksi, berperan dalam mendorong gerakan nasional non-tunai karena 67% mitra UMKM pertama kali menerima pembayaran non-tunai saat bergabung dengan Go-Food.Temuan yang menarik lainnya adalah 79% mitra Go-Life adalah perempuan. 

"Ini menunjukkan Go-Jek mampu meningkatkan partisipasi perempuan ke dalam ekonomi berbasis digital,” tambah Paksi.

Riset ini menemukan bahwa para mitra Go-Life mengalami kenaikan pendapatan yang signifikan dibanding pendapatan sebelum bermitra dengan Go-Jek, yaitu hingga 55%.

"Kenaikan pendapatan mitra Go-Life yang signifikan ini dapat membantu para mitra perempuan yang merupakan mayoritas dari mitra Go-Life. Selebihnya, peningkatan pendapatan mitra juga dapat berpengaruh kepada kesejahteraan keluarga. Misalnya, riset ini menemukan bahwa pendapatan mitra perempuan Go-Life paling banyak dialokasikan untuk biaya pendidikan anak dan peningkatan gizi anak," lanjut Paksi.

Adapun, riset dilakukan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Bandung dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka, dengan responden dipilih dengan pencuplikan acak sederhana (simple random sampling) dari database mitra yang aktif dalam tiga bulan terakhir. Responden di Bandung merupakan mitra Go-Ride (385 responden); mitra Go-Car (50 responden); mitra UMKM Go-Food (100 responden); dan mitra Go-Life (80 responden). 

Tag: PT Go-Jek Indonesia, Bandung, Go-Food

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Vicky Fadil

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Baca Juga

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,925.40 3,885.82
British Pound GBP 1.00 19,310.01 19,112.04
China Yuan CNY 1.00 2,113.12 2,091.20
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,720.24 14,573.77
Dolar Australia AUD 1.00 10,619.18 10,510.60
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,899.36 1,880.44
Dolar Singapura SGD 1.00 10,735.30 10,626.93
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,442.01 17,267.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,510.67 3,471.60
Yen Jepang JPY 100.00 13,942.26 13,802.23
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5143.893 -34.379 697
2 Agriculture 1182.126 4.501 23
3 Mining 1420.039 -17.397 48
4 Basic Industry and Chemicals 750.026 -7.720 80
5 Miscellanous Industry 936.518 5.337 52
6 Consumer Goods 1901.378 -17.731 58
7 Cons., Property & Real Estate 287.698 -4.036 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 891.398 -15.669 78
9 Finance 1123.701 -6.899 93
10 Trade & Service 635.015 7.240 173
No Code Prev Close Change %
1 IPOL 70 92 22 31.43
2 TOYS 436 545 109 25.00
3 WOWS 72 89 17 23.61
4 OPMS 128 151 23 17.97
5 YULE 172 197 25 14.53
6 BBHI 146 167 21 14.38
7 EMTK 4,290 4,900 610 14.22
8 DART 220 248 28 12.73
9 CSRA 310 346 36 11.61
10 PTSN 208 232 24 11.54
No Code Prev Close Change %
1 PGJO 55 50 -5 -9.09
2 VRNA 115 107 -8 -6.96
3 INDO 130 121 -9 -6.92
4 IBFN 290 270 -20 -6.90
5 LUCK 232 216 -16 -6.90
6 PGLI 204 190 -14 -6.86
7 BAYU 1,100 1,025 -75 -6.82
8 APII 191 178 -13 -6.81
9 TARA 59 55 -4 -6.78
10 CSMI 208 194 -14 -6.73
No Code Prev Close Change %
1 TOWR 1,150 1,080 -70 -6.09
2 ANTM 835 840 5 0.60
3 BBKP 182 193 11 6.04
4 UNTR 23,775 24,700 925 3.89
5 GIAA 258 260 2 0.78
6 TLKM 3,020 2,980 -40 -1.32
7 PURA 124 126 2 1.61
8 MDKA 2,020 2,050 30 1.49
9 PWON 388 376 -12 -3.09
10 ERAA 1,525 1,620 95 6.23