Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Liquid Group, CIMB Niaga Dukung Uji Coba QRIS Lintas Negara

Gandeng Liquid Group, CIMB Niaga Dukung Uji Coba QRIS Lintas Negara Kredit Foto: Bank CIMB Niaga
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan Liquid Group bekerja sama dalam partisipasi dan dukungan bagi Bank Indonesia (BI) dalam uji coba Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi pembayaran lintas negara. Uji coba QRIS telah dilaksanakan pada 23 Mei dan 23 Juni 2019, menggunakan produk digital banking CIMB Niaga “Go Mobile” di sejumlah merchant yang berada di Terminal 3, Bandara Changi Singapura.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Lani Darmawan mengatakan, CIMB Niaga merupakan bank pertama di Indonesia yang diberikan kesempatan oleh BI untuk melakukan uji coba pembayaran QRIS lintas negara.

Baca Juga: Nasabah CIMB Niaga Syariah Bisa Bayar Wakaf Lewat 3 Inovasi Digital

“Layanan ini sekaligus menjadi solusi karena tidak semua nasabah yang bepergian ke luar negeri memiliki kartu kredit atau membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Kami melihat layanan pembayaran melalui QRIS lintas negara memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan seiring banyaknya masyarakat yang bepergian ke luar negeri," ujar Lani dalam pesan tertulisa kepada Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Chief Executive Officer Liquid Group Jeremy Tan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan CIMB Niaga karena telah menggunakan platform pembayaran serta infrastruktur pemasaran terintegrasi Liquid Group di Bandara Changi Singapura dalam uji coba QRIS.

"Sebelumnya kami telah membuka koridor Singapura–Hong Kong untuk pembayaran QR pada bulan lalu, dan kini kami dapat menawarkan kemudahan dan manfaat pembayaran QR lintas negara bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang singgah di Bandara Changi Singapura. Kami berharap dapat memperluas penerimaan aplikasi pembayaran QR dan dompet digital, baik yang berasal dari Singapura maupun Indonesia pada platform pembayaran lintas negara kami," ungkap Jeremy Tan.

Baca Juga: CIMB Niaga Raih Penghargaan dari The Asian Banker

Dikutip dalam keterangannya, CIMB Niaga mengatakan melalui layanan yang rencananya diluncurkan pada kuartal III tahun 2019, CIMB Niaga dan Liquid Group dapat memfasilitasi penerimaan pembayaran dari aplikasi Go Mobile atau aplikasi dompet digital (e-wallet) lainnya yang telah memenuhi persyaratan QRIS di Bandara Changi Singapura.

CIMB Niaga dan Liquid Group telah berhasil menyelesaikan proses Proof of Concept (POC) dengan diterimanya aplikasi Go Mobile dan aplikasi digital lain yang telah menggunakan standar QRIS di beberapa merchant milik Liquid Group di Bandara Changi Singapura. Dengan integrasi kode QRIS Bank Indonesia ke dalam alat pembayaran Liquid Group, para traveller dari Indonesia akan dapat menggunakan aplikasi pembayaran lokal pilihan mereka untuk melakukan pembelian dalam mata uang domestik (Rupiah) di Bandara Changi Singapura.

Baca Juga: CIMB Niaga Siapkan Dana Tunai Rp2,3 Triliun Selama Libur Lebaran

Selain itu, CIMB Niaga dan Liquid Group juga berencana membuka jalan bagi penerimaan pembayaran QR untuk koridor Singapura–Indonesia, sehingga memungkinkan pengunjung dari Singapura untuk dapat bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran dan dompet digital yang mereka miliki di sejumlah merchant rekanan CIMB Niaga di Indonesia.

Seperti diketahui, Liquid Group dan Joint Electronic Teller Services Limited (“JETCO”) telah mengumumkan kemitraan strategis untuk memfasilitasi penerimaan pembayaran QR lintas negara di Singapura dan Hong Kong pada awal Mei, sebulan setelah peluncuran platform pembayaran QR dan infrastruktur pemasaran terintegrasi pertama di dunia di Bandara Changi Singapura pada April 2019.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: