Lewat DuitHape, Dompet Dhuafa Salurkan Zakat Fitrah Tepat Sasaran

Lewat DuitHape, Dompet Dhuafa Salurkan Zakat Fitrah Tepat Sasaran Kredit Foto: Dompet Dhuafa

Idulfitri 1440 H tahun ini ada yang berbeda dari pembagian zakat Dompet Dhuafa. Selain lewat channel tradisional, tahun ini zakat juga dibagikan secara digital kepada kaum duafa, yaitu melalui DuitHape. DuitHape merupakan salah satu fintech yang memudahkan proses pembayaran sehari-hari. 

Pendiri DuitHape, Sara Dhewanto menjelaskan, platform pembayaran digital yang diinisiasinya didirikan pada 2015 atas pengalaman pribadinya. Sebelumnya, Sara yang bekerja di bidang development sempat merasa kesulitan untuk membagikan bantuan kepada masyarakat di pedalaman yang belum terlayani perbankan.

Baca Juga: Tim Medis Dompet Dhuafa Dianiaya Aparat, Jawaban Polri Masuk Akal

"Harus membawa uang tunai sampai miliaran rupiah, memasukkan uang ke dalam amplop satu per satu, terbayang risiko keamanan serta kelelahan fisik yang harus dijalani," tutur Sara, Rabu (26/6/2019).

Atas dasar itulah, kemudian Sara memutuskan untuk membangun DuitHape sebagai solusi pembayaran bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

Sementara Yuli Pujihardi, Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, memaparkan bahwa Dompet Dhuafa merupakan lembaga pertama yang melakukan penyaluran zakat fitrah melalui digital serta lembaga yang berani menampilkan data penerima manfaat secara riil atau nyata di mana saja penerimanya.

Baca Juga: Bayar Zakat dan Donasi Makin Gampang Pakai DANA!

"Di era teknologi yang tumbuh secara pesat serta peran aktif dari masyarakat dalam perputaran laju ekonomi, menumbuhkan terobosan baru di ruang teknologi digital dalam peran penyaluran zakat fitrah secara masif, terstruktur dan akurat. Diharapkan dengan perkembangan teknologi, tidak hanya tebar zakat fitrah, namun juga bisa tebar kurban melalui DuitHape," ujar Yuli.

Pembagian zakat secara digital ini ikut menyejahterakan warung yang menjadi tempat penukaran. Warung-warung yang bekerja sama dengan DuitHape mendapatkan pemasukan jutaan dari penukaran zakat hanya dalam beberapa hari sejak Lebaran.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini