Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ramadan 2019, Same Day Delivery Perusahaan Logistik Ini Melonjak 64%

Ramadan 2019, Same Day Delivery Perusahaan Logistik Ini Melonjak 64% Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Momen Ramadan menjadi ajang mendulang rezeki bagi banyak pihak, termasuk perusahaan logistik berbasis teknologi seperti Paxel. Startup itu mencatatkan kenaikan jumlah pengiriman hingga 64% pada 5 Mei-4 Juni 2019, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya selama tahun ini.

Uniknya, kenaikan itu terjadi pada pengiriman di hari yang sama. Jika dirincikan, 68% pengguna pengiriman di hari yang sama ditujukan ke luar kota. Sementara 32% lain mengirim paket ke dalam kota dengan layanan yang sama.

"Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota," jelas Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita dalam keterangan resminya, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga: Startup Story: Paxel, Usung Teknologi untuk Cepatnya Delivery

Lebih lanjut, 52% pengiriman di hari yang sama memaketkan produk makanan. Diikuti dengan produk fesyen (20,7%), produk kesehatan dan kosmetik (10,8%), buku (6,7%), dan peralatan rumah tangga (4,2%).

Sayangnya, menurut keterangan perusahaan, "Pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya."

Pengiriman paket di hari yang sama mayoritas masih berasal dari Jabodetabek (79%). Disusul oleh Bandung (14%) dan Surabaya. Di mana puncak pengiriman terjadi pada 27-31 Mei 2019 dengan lonjakan mencapai 121%.

Dari segi jam, konsumen cenderung memesan pengiriman paket pada pukul 8 pagi hingga 12 siang. Dengan begitu, barang dapat tiba di hari yang sama dengan waktu pengiriman.

Berdasarkan data yang Warta Ekonomi terima, tak hanya konsumen yang diuntungkan dengan layanan pengiriman di hari yang sama, tetapi penjual juga. Menurut perusahaan, rata-rata pengiriman para penjual meningkat bertumbuh 20%.

Baca Juga: Paxel Terapkan Pengiriman Sameday di Harbolnas 2018

Data yang telah disebutkan diambil dari aktivitas pengiriman paket dan pengguna aplikasi logistik e-commerce, Paxel, sepanjang Januari hingga 4 Juni 2019. Startup itu telah bekerja sama dengan unicorn besutan Achmad Zaky, Bukalapak.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: