Portal Berita Ekonomi Minggu, 22 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:30 WIB. China - AIIB akan investasi US$1,09 M untuk 6 proyek di Asean
  • 15:13 WIB. Mobil Listrik - China miliki 245 pos untuk ganti baterai pada Agustus,  107 diantaranya di Beijing
  • 15:09 WIB. China - Mobil Maserati yang recall akan diperbaiki dengan gratis
  • 15:06 WIB. China - Jumlah pos pengisian energi baru bertambah 9 ribu pos pada Agustus
  • 14:58 WIB. China - Maserati tarik 711 mobil di China karena ada cacat pada lampu (headlight beams)
  • 12:59 WIB. India - Petronet LNG akan pasok 5 juta ton per tahun LNG dari proyek Driftwood
  • 09:56 WIB. China - Wearable device yang dikirim China naik 34,3% pada kuartal 2 atau 23,07 juta unit
  • 09:34 WIB. Serangan Aramco - PBB sambut baik rencana pemberontak Houthi akhiri semua serang ke Arab Saudi
  • 09:04 WIB. AS - Barron Hilton meninggal dalam usia 91 tahun di kediaman Los Angeles

Mau Seperti Go-Jek hingga Tokopedia? Merek Harus Maksimalkan Iklan Outdoor

Mau Seperti Go-Jek hingga Tokopedia? Merek Harus Maksimalkan Iklan Outdoor - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Pemilik merek harus memaksimalkan penggunaan media luar ruang dalam mempromosikan produk mereka. Sebab, menurut studi Nielsen Consumer Media & View, jangkauan bentuk media itu mencapai 66%.

Dilihat dari jenisnya, format static outdoor memiliki jangkauan tertinggi sebab 64% konsumen menyatakan melihat iklan di media tersebut dalam satu minggu terakhir sebanyak 10 kali. Bentuk lain yang menarik perhatian konsumen ialah media luar ruang yang bergerak seperti iklan di sarana transportasi publik (45%) dan mobil pribadi (32%). Sementara 16% konsumen melihat iklan dipasang di dalam gedung (perkantoran atau perbelanjaan).

"Saat ini angka yang tertera hanya sekadar terpapar, artinya melihat iklan tersebut. Surveinya dilakukan terhadap 17 ribu responden di 11 kota besar," jelas Executive Director Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, Rabu (26/6/2019).

Baca Juga: Iklan Rokok di Internet Bakal Diblokir, KPPPA Setuju!

Besarnya jangkauan media luar ruang dipengaruhi oleh 67% konsumen menghabiskan waktu empat jam dan 33 menit di luar rumah pada hari-hari kerja. Bahkan, waktu tersebut lebih tinggi di Jabodetabek, dengan rata-rata konsumen menghabiskan 4 jam 45 menit. Saat beraktivitas di luar rumah, rata-rata konsumen menghabiskan waktu 1 jam dan 18 menit di perjalanan.

Hellen juga mengatakan, "Proporsi konsumen cukup banyak menghabiskan waktu di luar rumah serta bentuk media promosi luar ruang yang semakin beragam mengharuskan para pelaku industri tidak hanya cerdik memilih media luar ruang, tetapi juga semakin kreatif pada penyajian bentuk promosi media luar ruang."

Namun, perlu diketahui, hasil jangkauan media luar ruangan tentu berbeda antara satu kota dengan yang lain. Hellen menyampaikan, hal itu dipengaruhi oleh perbedaan preferensi alias selera konsumen di tiap kota, dilihat dari analisis di Jabodetabek, Medan, dan Makassar.

Hellen memaparkan, "Contohnya, selain pada format static outdoor, iklan pada media luar ruang bergerak juga dapat menjangkau konsumen di Medan dan Makassar. Sementara khusus di Makassar, iklan di dalam gedung mendapat perhatian yang cukup besar dari konsumen."

Jika dibandingkan dengan Jabodetabek, jangkauan iklan pada sarana transportasi umum di Medan dan Makassar lebih tinggi, mencapai lebih dari 50%. Di Makassar sendiri, iklan yang dipasang di dalam gedung menjangkau lebih dari 30% konsumen bila dibandingkan dengan Jabodetabek.

Baca Juga: Nielsen Perluas Pengukuran Iklan YouTube Apps ke Indonesia

Profil konsumen yang melihat iklan di media luar ruang dan di dalam gedung pun berbeda. Iklan dalam gedung lebih banyak dilihat oleh perempuan dengan rentang usia 10-29 tahun dari kelas sosial atas. Sementara itu, iklan di media luar ruang (selain di dalam gedung) lebih banyak dilihat oleh pria dengan rentang usia 30-49 tahun.

Jumlah Titik Media Luar Ruang yang Nielsen Hitung

Pada 2019, terdapat lebih dari 3 ribu titik di 11 kota Indonesia dan 33% di antaranya ada di wilayah Jabodetabek. Papan reklame mendominasi (46%), disusul oleh baliho (18%), dan 13% berikutnya berbentuk LED.

Rokok jadi produk yang paling banyak beriklan di media luar ruang dengan jumlah titik lebih dari seribu, disusul oleh layanan online di 600 titik, dan telekomunikasi dengan lebih dari 300 titik.

Djarum, Gudang Garam, dan HM Sampoerna adalah pengiklan terbesar untuk kategori rokok. Sementara Tiket.com, Tokopedia, dan Go-Jek merajai kategori layanan online, dan di kategori telekomunikasi ada XL, Samsung, dan Telkomsel.

Tag: Belanja Iklan, Nielsen Indonesia

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Nielsen Indonesia

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.96 3,736.24
British Pound GBP 1.00 17,748.95 17,572.01
China Yuan CNY 1.00 2,001.27 1,981.48
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,155.00 14,015.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,608.41 9,511.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.08 1,789.13
Dolar Singapura SGD 1.00 10,276.61 10,169.80
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,648.35 15,492.18
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.74 3,348.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,113.77 12,980.46

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6231.473 -12.997 654
2 Agriculture 1373.405 5.845 21
3 Mining 1665.437 14.211 49
4 Basic Industry and Chemicals 880.940 -6.688 73
5 Miscellanous Industry 1168.551 -4.934 49
6 Consumer Goods 2224.357 -12.734 53
7 Cons., Property & Real Estate 500.602 -0.838 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1228.506 14.718 75
9 Finance 1256.024 -5.058 90
10 Trade & Service 796.555 -5.213 163
No Code Prev Close Change %
1 AHAP 56 75 19 33.93
2 KPAL 560 680 120 21.43
3 TIRA 244 286 42 17.21
4 SAPX 870 1,000 130 14.94
5 POLI 1,165 1,335 170 14.59
6 SMMA 10,000 11,000 1,000 10.00
7 POWR 1,010 1,100 90 8.91
8 HOTL 155 168 13 8.39
9 ABMM 1,805 1,950 145 8.03
10 SSTM 454 490 36 7.93
No Code Prev Close Change %
1 HOME 113 84 -29 -25.66
2 KRAH 1,500 1,135 -365 -24.33
3 VINS 136 103 -33 -24.26
4 OKAS 258 216 -42 -16.28
5 APEX 550 462 -88 -16.00
6 JKON 500 428 -72 -14.40
7 ALKA 488 420 -68 -13.93
8 FILM 480 416 -64 -13.33
9 TRIM 170 150 -20 -11.76
10 GGRP 945 855 -90 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,270 1,250 -20 -1.57
2 HOME 113 84 -29 -25.66
3 MAMI 140 147 7 5.00
4 FREN 163 166 3 1.84
5 YELO 176 176 0 0.00
6 BBRI 4,220 4,160 -60 -1.42
7 IPTV 530 520 -10 -1.89
8 TLKM 4,210 4,290 80 1.90
9 KPAL 560 680 120 21.43
10 SWAT 118 120 2 1.69