Portal Berita Ekonomi Rabu, 23 Oktober 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:28 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.494 USD/troy ounce
  • 16:27 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 53.85 USD/barel
  • 16:25 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 59,07 USD/barel
  • 16:23 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup melemah 0,82% pada level 26.566
  • 16:17 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup melemah 0,43% pada level 2.941
  • 16:21 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup melemah 0,57% pada level 3.142
  • 16:15 WIB. Valas - Dollar menguat 0,16% terhadap Poundsterling pada level 1,2852 USD/Pound
  • 16:14 WIB. Valas - Dollar menguat 0,04% terhadap Euro pada level 1,1120 USD/Euro
  • 16:13 WIB. Valas - Dollar melemah 0,11% terhadap Yen pada level 108,37 Yen/USD
  • 16:13 WIB. Valas - Yuan ditutup melemah 0,04% terhadap USD pada level 7,0739 Yuan/USD
  • 16:11 WIB. Valas - Rupiah ditutup melemah 0,06% terhadap USD pada level Rp.14.032/USD
  • 16:01 WIB. IHSG - IHSG ditutup menguat 0,52% di akhir sesi II.
  • 14:21 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka melemah 0,04% pada level 7.209
  • 14:20 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup menguat 0,34% pada level 22.625
  • 14:20 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup melemah 0,39% pada level 2.080

Berselancar di Aplikasi Belanja, Wajah Baru Window Shopping di Asia?

Berselancar di Aplikasi Belanja, Wajah Baru Window Shopping di Asia? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Baik di Indonesia maupun di seluruh kawasan Asia Pasifik, Liftoff menemukan bahwa pengguna cenderung terbuka dalam mengeksplorasi berbagai aplikasi belanja, dengan tingkat registrasi yang meningkat tajam serta biaya akuisisi yang semakin menurun dari tahun ke tahun. Namun, data menunjukkan ada tren baru yang mengejutkan, yaitu mobile window shopping.

Saat pengguna dengan mudahnya menginstal dan mendaftar pada aplikasi, laporan gabungan Liftoff dan Adjust menyebutkan, ada penurunan besar pada fase pembelian. Biaya per pembelian pertama di Asia-Pasifik yang naik sebesar 13,3% turun menjadi US$31,26, diikuti dengan rendahnya tingkat konversi pada angka 10,1%.

Faktor pendorong penurunan ini belum diketahui secara jelas. Namun, fenomena tersebut dapat mengindikasikan ada tren berbelanja yang lebih besar, yaitu permintaan terhadap pengalaman berbelanja yang lebih ramah pengguna.

Saat tingkat harga cenderung mendominasi keputusan konsumen dalam berbelanja, beragam faktor seperti interaksi dengan penjual serta kekhawatiran akan kemampuan penjual dalam memenuhi pesanan juga dipandang penting oleh para pembelanja seluler.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Buat Orang Indonesia Demen Belanja Online

"Untuk pemasar aplikasi yang ingin mendorong tingkat pembelian, kuncinya pada penggunaan data yang mereka miliki, pemahaman titik-titik yang berpotensi turun, serta kemampuan menentukan segmen serta target yang sesuai," ujar Christian Henschel, Co-founder dan CEO Adjust.

"Berbagai merek dapat membuat dan meluncurkan strategi interaksi pengguna yang sempurna untuk inisiatif pemasaran mereka. Upaya personalisasi tersebut merupakan kunci memenangkan konsumen yang cenderung berubah-ubah serta membangun loyalitas jangka panjang," tambah Henschel.

Untuk mendorong tingkat pembelian, pemasar yang cermat dapat mengintegrasikan aplikasi belanja ke dalam strategi pemasaran, memberikan penawaran eksklusif melalui aplikasi, seperti penawaran terbatas yang istimewa untuk mendorong pembelian melalui aplikasi.

Selain itu, pemasar harus menyesuaikan dengan tim logistik dan tim pemenuhan pesanan dari pihak penjual untuk memastikan produk yang diinginkan konsumen tersedia dan dapat dikirimkan tepat waktu.

Baca Juga: Belanja Online Ambilnya Offline, Begini Cara Pakai Fitur "Click & Collect" Blibli!

"Pasar aplikasi belanja di Asia tumbuh secara dinamis dan sedang dalam posisi tertinggi. Namun, berdasarkan temuan kami, jumlah pembelian melalui aplikasi tersebut tidak setinggi yang seharusnya, terlepas dari tren umum yang menyebutkan konsumen sekarang cenderung bergeser dari aktivitas belanja melalui komputer ke ponsel," said Dennis Mink, Wakil Presiden Marketing Liftoff.

"Indonesia merupakan mikrokosmos yang mencerminkan perilaku dan kekhawatiran para pembelanja di Asia Pasifik. Oleh karena itu, menemukan pesan yang tepat serta mengirimkannya dengan konteks yang tepat pada konsumen dapat membantu menghilangkan halangan-halangan tersebut, yang akan mendorong tingkat retensi dan ketertarikan pengguna," tutupnya.

Baca Juga

Tag: E-commerce, Belanja Online

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,765.06 3,727.40
British Pound GBP 1.00 18,152.87 17,970.86
China Yuan CNY 1.00 1,993.57 1,972.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,121.25 13,980.75
Dolar Australia AUD 1.00 9,663.17 9,560.04
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,800.81 1,782.71
Dolar Singapura SGD 1.00 10,352.82 10,246.06
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,705.65 15,545.20
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,369.82 3,333.91
Yen Jepang JPY 100.00 13,035.40 12,904.51

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6257.806 32.309 659
2 Agriculture 1350.830 17.939 20
3 Mining 1608.809 18.668 48
4 Basic Industry and Chemicals 936.650 11.345 74
5 Miscellanous Industry 1204.625 1.298 50
6 Consumer Goods 2095.162 -5.964 54
7 Cons., Property & Real Estate 514.979 5.407 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1218.866 3.964 75
9 Finance 1282.423 11.762 90
10 Trade & Service 804.793 -4.564 166
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 71 84 13 18.31
2 YPAS 424 500 76 17.92
3 MPRO 870 1,000 130 14.94
4 PURE 680 775 95 13.97
5 TFCO 450 510 60 13.33
6 SONA 5,000 5,625 625 12.50
7 TRAM 111 123 12 10.81
8 FITT 86 95 9 10.47
9 MREI 4,120 4,480 360 8.74
10 BALI 1,280 1,390 110 8.59
No Code Prev Close Change %
1 FMII 730 550 -180 -24.66
2 TALF 360 278 -82 -22.78
3 NZIA 1,290 1,055 -235 -18.22
4 ABBA 214 178 -36 -16.82
5 KBLV 420 370 -50 -11.90
6 MDKI 232 206 -26 -11.21
7 APEX 505 450 -55 -10.89
8 YULE 149 133 -16 -10.74
9 PDES 950 850 -100 -10.53
10 SRAJ 268 242 -26 -9.70
No Code Prev Close Change %
1 MAMI 236 244 8 3.39
2 MKNT 59 57 -2 -3.39
3 ABBA 214 178 -36 -16.82
4 TCPI 6,125 6,075 -50 -0.82
5 HMSP 2,120 2,060 -60 -2.83
6 FREN 157 150 -7 -4.46
7 JPFA 1,655 1,745 90 5.44
8 BTPS 3,550 3,810 260 7.32
9 PGAS 2,240 2,330 90 4.02
10 PURE 680 775 95 13.97