Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Trump Tetap Paling Tajir! Segini Kekayaan 11 Kandidat Pesaing Donald Trump di Pilpres AS 2020

Trump Tetap Paling Tajir! Segini Kekayaan 11 Kandidat Pesaing Donald Trump di Pilpres AS 2020 Kredit Foto: ABC News
Warta Ekonomi, Jakarta -

Masa jabatan Donald Trump menjadi presiden di Amerika Serikat (AS) akan segera berakhir pada tahun depan. Untuk itu, Partai Demokrat tengah melakukan seleksi terhadap kandidat yang akan maju di Pilpres AS tersebut.

Ada sebanyak 24 politisi bersaing untuk masuk ke dalam nominasi calon presiden yang akan diusung partai bersimbol keledai itu.

Trump melalui Partai Republik dikabarkan akan mencalonkan diri lagi sebagai petahana. Untuk melawan popularitas Trump, Partai Demokrat sudah menyaring nama-nama yang kompeten.

Baca Juga: Tiga Miliarder Pesaing Donald Trump di Pilpres AS 2020

Sebanyak 24 orang bahkan telah dihadapkan pada debat internal partai untuk menentukan siapa yang terbaik. Semua kandidat itu terdiri dari beragam latar belakang, ada yang politisi murni, ada yang bekas pejabat negara, dari pihak swasta, dan yang pasti memiliki kekayaan yang berbeda-beda. 

Sementara itu, Donald Trump merupakan presiden dari kalangan pengusaha yang memiliki harta berlimpah. Dikutip dari Forbes, kekayaannya bisa mencapai US$3,1 miliar.

Jika dibandingkan dengan Trump, apakah 11 kandidat dari Partai Demokrat ini memiliki harta kekayaan yang lebih melimpah? Melansir dari Business Insider, begini rinciannya:

1. Eric Swalwell (-Rp2,1 miliaran)

Eric merupakan politisi muda dari Demokrat. Ia telah menjabat sebagai anggota dewan untuk wilayah California dari tahun 2013 silam. Eric dikenal sebagai sosok milenial dan sosok politisi yang memiliki banyak penggemar di usianya yang baru menyentuh 38 tahun.

Baca Juga: Lapis Emas 24 Karat, Intip Rumah Megah Milik Donald Trump di New York City

Tapi sayangnya, hartanya pada tahun 2017 tercatat dalam kondisi minus alias memiliki banyak utang. Diketahui kekayaan bersihnya adalah -US$10.000 sampai -US$149.000 atau ngutang Rp141 jutaan sampai minus Rp2,1 miliaran. Usut punya usut, utang tersebut dimilikinya karena tanggungan pinjaman pendidikan dan tagihan kartu kredit. 

2. Tim Ryan (Rp3,8 miliaran)

Tim Ryan kini menjabat sebagai anggota dewan wilayah Ohio. Berdasarkan laporan keuangannya di tahun 2017, aset kekayaannya mencapai US$276.000 atau Rp3,8 miliaran.

3. Seth Moulton (Rp1 miliaran)

Seth Moulton merupakan anggota dewan untuk Negara Bagian Massachusetts. Sebelum menjadi politisi, ia adalah seorang Tentara Angkatan Laut AS yang berdinas di kesatuan marinir. Berdasarkan dari data harta kekayaannya tahun 2015, ia diketahui memiliki kekayaan bersih sebesar US$71.011 atau Rp1 miliaran dengan aset mencapai US$377.000. Namun, dirinya memiliki utang sampai US$2 juta. 

4. Tulsi Gabbard (Rp2,9 miliaran)

Tulsi Gabbard merupakan politisi muda yang memiliki ambisi besar untuk maju ke Pilpres AS 2019. Karier politiknya telah dimulai sejak ia berusia 33 tahun menjadi anggota dewan negara bagian Hawaii hingga kini. Berdasarkan laporan keuangannya di tahun 2015 silam, kekayaan Tulsi sebanyak US$208 ribuan atau Rp2,9 miliaran. 

5. Julian Castro (Rp6,6 miliaran)

Nama Julian Castro sudah dikenal banyak oleh masyarakat AS luas. Ia merupakan mantan Menteri Perumahan era Presiden Obama. Kekayaannya diklaim mencapai US$470.000 atau Rp6,6 miliaran. 

6. Pete Buttigieg (Rp1,4 miliaran)

Pete Buttigieg merupakan mantan intel AL Amerika Serikat yang banting setir menjadi politisi di tahun 2012. Debutnya pun sukses setelah ia terpilih menjadi Walikota Indiana. Tidak ada angka pasti berapa kekayaannya, tapi yang jelas per tahunnya Pete mendapatkan gaji US$104.000 atau Rp1,4 miliaran. 

7. Andrew Yang (Rp4 miliaran)

Setelah dari kalangan politisi, kali ini ada salah satu kandidat dari kalangan pengusaha. Ia adalah Andrew Yang. Ia merupakan pendiri startup Venture for America dengan gaji Rp4 miliaran per tahunnya. Andrew adalah kandidat keturunan Asia yang maju ke Pilpres AS.

Baca Juga: Putri Donald Trump Raup Penghasilan Sampai Rp1,9 Triliun, Apa Saja Bisnisnya?

8. Kirsten Gillibrand (Rp7 miliran)

Senator senior satu ini memutuskan untuk mencalonkan diri ke kontestasi Pilpres AS. Kirsten memiliki kekayaan sekitar US$498.000 atau Rp7 miliaran. 

9. Cory Booker (Rp18 miliaran)

Senator asal New Jersey ini telah bergabung dengan Partai Demokrat sejak tahun 2013 silam. Berdasarkan laporan kekayaan terbarunya, total hartanya mencapai US$1,3 juta atau Rp18 miliaran.

Baca Juga: 10 Pemimpin Negara dengan Gaji Tertinggi Sejagat! Jokowi Termasukkah?

10. Elizabeth Warren (Rp141 miliaran)

Elizabeth Warren merupakan seorang profesor bidang hukum sekaligus senator senior AS. Berdasarkan laporan keuangan tahun 2017 silam, hartanya tercatat sekitar US$10,6 juta atau Rp141 miliaran. 

11. Joe Biden (Rp13 miliaran)

Wakil Presiden era Obama ini memutuskan untuk maju menjadi presiden. Politisi senior ini pada saat meninggalkan Gedung Putih di tahun 2017 lalu memiliki kekayaan dalam kondisi minus alias banyak utang. Tapi, kini ia memiliki harta sebesar US$8 juta atau Rp13 miliaran, yang didapat dari hasil penjualan buku yang ia tulis.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: