Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2025, Gaikindo Bidik Ekspor Mobil Tembus 1 Juta Unit

2025, Gaikindo Bidik Ekspor Mobil Tembus 1 Juta Unit Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meskipun pasar otomotif domestik menunjukkan perlambatan, pelaku industri masih optimis tingkat ekspor mobil dan komponennya tak akan berkurang. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan ekspor otomotif Indonesia dapat mencapai 300 ribu unit hingga akhir tahun ini.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan, pada 2018 otomotif Indonesia mencatat ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) tumbuh 14,44% menjadi 264.553 unit dibanding tahun sebelumnya.

Dengan dorongan dari penyelenggaraan pameran Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019, pihaknya optimis pada tahun ini ekspor otomotif akan kembali mencatatkan peningkatan.

"Industri otomotif mendapatkan energi positif dari setiap penyelenggaraan GIIAS, dan tahun ini kami optimis ekspor otomotif Indonesia dapat mencapai 300 ribu unit," jelasnya di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Baca Juga: Hyundai Lirik Indonesia Jadi Basis Produksi Otomotif

Tidak berhenti pada 2019, menurut Yohannes, Gaikindo menargetkan pada 2025 industri otomotif dapat menjadi penyumbang devisa tertinggi negara dengan ekspor yang mencapai 1 juta unit.

Soal GIIAS 2019, Yohannes mengungkapkan, akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif.

"GIIAS akan menampilkan teknologi otomotif terkini dari industri otomotif Indonesia. Kami mengajak publik untuk bersama-sama menyaksikan berbagai macam teknologi terkini dan inovasi terbaru dari para agen pemegang merek," ujarnya.

Ia menambahkan, berbagai produk dan teknologi yang dipamerkan pada penyelenggaraan GIIAS menjadi salah satu pencapaian industri otomotif Indonesia yang patut dibanggakan. Menurut data Gaikindo, saat ini hasil produksi industri otomotif Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 80 negara.

"Banyak yang belum tahu bahwa Indonesia sudah mampu mengekspor kendaraan ke 80 negara di dunia. Kami ingin menunjukkannya di GIIAS 2019, pencapaian industri otomotif Indonesia terus meningkat dan memberikan kebanggaan bagi negara," tutur Yohannes.

Baca Juga: Wadidaw! Asing Lepas Saham Astra dan Indomobil, Efek Data Gaikindo?

GIIAS 2019 akan diselenggarakan pada 18-28 Juli di ICE BSD City, Tangerang. Tahun ini akan ditampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, yakni DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks. Dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Sementara itu, 11 merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: