Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Ajak 337 UMKM Binaan Pamer Produk di KKI 2019

BI Ajak 337 UMKM Binaan Pamer Produk di KKI 2019 Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) bakal mengajak 337 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya yang berada di seluruh Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di Jakarta Convention Center, 12-14 Juli 2019.

KKI adalah festival yang dirancang dengan format seperti sebuah resepsi atau selebrasi kesuksesan UMKM yang dari tahun ke tahun telah dibina BI melalui Kantor Perwakilan BI di daerah. KKI tahun ini mengambil tema "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital." Sementara fokus produk UMKM yang dipromosikan, yakni kain dan fesyen, kerajinan, dan makanan- minuman.

"Prinsip acara merupakan selebrasi kesuksesan UMKM Indonesia mulai dari tenun, fesyen, makanan, dan kopi. Ada 337 UMKM se-Indonesia binaan BI akan hadir pada KKI 2019 di JCC pada 12 Juli sampai 14 Juli 2019," kata Kepala Departemen UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Budi Hanoto di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga: Kemenkominfo: Segmentasi Lebih Tajam Dorong UMKM Go Online

Sebuah selebrasi, kata dia, karena hingga saat ini telah banyak UMKM yang mengalami peningkatan akses pembiayaan dan pasar. Selain mendapat kesempatan untuk mempromosikan produknya, pada tahun ini BI memfasilitasi business matching (temu bisnis) dan business coaching (konsultasi bisnis) bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan kapasitas bisnis dan memperluas akses pasar UMKM.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, KKI 2019 memfasilitasi business matching antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan agregator atau importir luar negeri," paparnya.

Business matching bertujuan untuk memberikan apresiasi dan menggalang komitmen dalam rangka pengembangan UMKM, antara lain dengan memperluas kesempatan UMKM dalam mendapatkan akses pembiayaan, kerja sama, dan komitmen pemasaran produk UMKM untuk ekspor melalui agregator, serta pemanfaatan e-commerce.

Baca Juga: Dorong UMKM Go International, BI Dukung Pameran KKI 2019

Selain itu, dalam KKI 2019, BI juga memperluas kegiatan business coaching untuk menyediakan informasi dan konsultasi kepada pelaku bisnis, khususnya UMKM, maupun calon pelaku bisnis mengenai persyaratan yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis melalui kegiatan ekspor, termasuk kemudahan bagi pelaku UMKM, serta mempertemukan UMKM dengan e-commerce dalam rangka perluasan akses pasar.

"Melalui business coaching, pelaku UMKM diharapkan mendapatkan informasi, tips atau trik, dan persyaratan agar dapat mengembangkan kapasitasnya untuk memperluas bisnisnya hingga ke pasar ekspor," tukasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: