Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Didorong Lebaran, Penjualan Eceran Meningkat di Mei 2019

Didorong Lebaran, Penjualan Eceran Meningkat di Mei 2019 Kredit Foto: Unsplash/Peter Bond
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, penjualan eceran pada Mei 2019 tumbuh meningkat yang didorong oleh faktor musiman. Indeks penjualan riil (IPR) hasil survei penjualan eceran BI tumbuh sebesar 7,7% (yoy), lebih tinggi dari 6,7% (yoy) pada April 2019.

"Peningkatan tersebut terutama didorong oleh penjualan subkelompok sandang, suku cadang dan aksesori, dan makanan, minuman dan tembakau seiring dengan permintaan yang meningkat selama Ramadan dan menjelang perayaan hari raya Idulfitri," terang BI dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga: Dibandingkan Desember, Pertumbuhan Penjualan Eceran Januari 2019 Masih Rendah

Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh positif pada Juni 2019 meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR pada Juni 2019 yang diprakirakan tumbuh 2,2% (yoy), sejalan dengan kembali normalnya permintaan pasca-Ramadan dan perayaan hari raya Idulfitri.

"Pertumbuhan IPR pada Juni 2019 ditopang oleh kelompok suku cadang dan aksesori dan subkelompok sandang," kata BI.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Agustus 2019) diprakirakan akan menurun. Hal ini tercermin dari indeks ekspektasi harga umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 138,3, lebih rendah dibandingkan 160,5 pada bulan sebelumnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: