Portal Berita Ekonomi Rabu, 24 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:55 WIB. IHSG - IHSG dibuka hijau 0,15% di awal sesi I.
  • 08:30 WIB. Otomotif - GM mempercepat penggantian produknya di China untuk mendongkrak penjualannya
  • 08:28 WIB. Uni Eropa - Kinerja ekspor terbaik UE: daging babi, minuman, wine, dan makanan bayi
  • 08:24 WIB. Eletronik - China catatkan pendapatan manufaktur elektronik dan software tahun 2018 lebih dari US$2,3 triliun
  • 08:19 WIB. Cryptocurrency - CipherTrace:US$1,2 miliar lenyap di cryptocurrency dari Januari-Maret
  • 07:50 WIB. Apple - Apple Inc dikabarkan akan membeli  divisi chip untuk modem smartphone punya Intel Corp
  • 06:19 WIB. SMGR - Semen Indonesia mendapatkan dana Rp9,35 triliun melalui pinjaman sindikasi.
  • 00:48 WIB. Nuklir Iran - China puji Presiden Prancis yang aktif mediasi masalah nuklir Iran
  • 22:03 WIB. Iran - Zhuhai Zhenrong, BUMN China, yang membeli minyak dari Iran, kena sanksi AS.
  • 21:12 WIB. Huawei - Pendapatan Huawei naik 30% pada semester I di tengah tekanan AS.
  • 20:49 WIB. Beijing -  Mantan PM China Li Peng meninggal dunia pada usia 92.
  • 16:28 WIB. Tekno - Rudiantara tegaskan Traveloka dan Tokopedia bukan penyelenggara umrah.

10 Ilmu tentang Marketing Media Sosial yang Perlu Anda Tahu

10 Ilmu tentang Marketing Media Sosial yang Perlu Anda Tahu - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Melakukan pemasaran melalui media sosial memang mampu meningkatkan pelanggan secara luar biasa. Akan tetapi, dibutuhkan keterampilan dan pengalaman tersendiri untuk bisa melakukan pemasaran media sosial yang baik.

Maka, penting bagi Anda untuk memahami ilmu-ilmu dasar mengenai pemasaran melalui media sosial. Berikut ini 10 ilmu tentang marketing media sosial seperti dilansir dari KoinWorks.com.

1. Hukum Mendengarkan

Jika Anda ingin sukses dalam proses pemasaran konten melalui media sosial, pastikan untuk menjadi seseorang yang sedikit berbicara, namun lebih banyak mendengarkan.

Cobalah membaca konten online dari target audiens Anda dan ikuti diskusinya untuk mempelajari apa yang sesungguhnya penting bagi mereka. Baru setelah itu Anda dapat membuat konten yang dapat memicu percakapan yang memberi nilai tambah pada kehidupan mereka.

Baca Juga: Cara Tepat Manfaatkan Medsos Jadi Alat Marketing Perusahaan

2. Hukum Fokus

Lebih baik menjadi seseorang yang memiliki spesialisasi daripada menjadi jack-of-all-trade. Strategi pemasaran konten yang sangat terfokus untuk membangun brand yang kuat memiliki peluang sukses yang lebih baik daripada strategi yang luas yang mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.

3. Hukum Mutu

Kualitas mengalahkan kuantitas. Lebih baik memiliki 1.000 koneksi online yang membaca, berbagi, dan berbicara tentang konten Anda dengan para audiens daripada 10.000 koneksi yang hilang setelah terhubung dengan Anda untuk pertama kalinya.

4. Hukum Kesabaran

Keberhasilan media sosial dan konten marketing tidak terjadi dalam semalam. Untuk membangun konten dan merek bisnis yang maksimal memerlukan komitmen jangka panjang dari Anda.

Target audiens akan datang dan menghampiri Anda secara sendirinya di saat Anda berhasil membangun konten yang menarik minat mereka.

5. Hukum Peracikan

Jika Anda mempublikasikan konten berkualitas dan menakjubkan untuk membangun target audiens online Anda, mereka akan memiliki kecenderungan untuk membagikan konten tersebut di Twitter, Facebook, LinkedIn, atau blog mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena konten yang Anda buat dianggap bermanfaat dan berguna bagi mereka.

Metode share konten Anda ini membuka titik masuk baru bagi mesin pencari seperti Google untuk menemukannya di pencarian kata kunci. Titik masuk tersebut bisa berkembang menjadi ratusan atau ribuan cara yang lebih potensial bagi orang untuk menemukan Anda secara online.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?

6. Hukum Pengaruh

Luangkan waktu untuk menemukan influencer online di pasar Anda yang memiliki pengikut yang berkualitas dan cenderung tertarik dengan produk, layanan, dan bisnis Anda. Terhubunglah dengan orang-orang itu dan bangunlah hubungan dengan mereka.

Jika Anda berhasil mendapatkan perhatian mereka sebagai sumber informasi bermanfaat yang menarik, mereka mungkin akan membagikan konten Anda pada pengikutnya, yang dapat menempatkan Anda dan bisnis Anda di depan audiens baru yang besar.

7. Hukum Nilai

Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda di media sosial hanya untuk sekadar mempromosikan produk dan layanan Anda, maka orang akan berhenti mendengarkan Anda. Cobalah untuk menambahkan nilai pada setiap percakapan atau konten yang dibuat.

Fokuskan diri untuk menciptakan konten yang menakjubkan dan pengembangan hubungan dengan influencer online. Pada waktunya, orang-orang itu akan menjadi katalisator yang kuat untuk media pemasaran dari mulut ke mulut bagi Anda.

8. Hukum Pengakuan

Jangan abaikan siapa pun yang berusaha menjangkau Anda, baik itu konsumen potensial atau nonpotensial.

Membangun hubungan adalah salah satu bagian paling penting dari keberhasilan pemasaran media sosial, jadi selalu berikan respons secara cepat pada orang-orang yang menjadi audiens Anda.

9. Hukum Aksesibilitas

Pastikan Anda konsisten dalam proses publikasi konten. Cobalah untuk secara konsisten mempublikasikan konten pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, Anda dapat menerbitkan konten setiap hari, atau setiap dua hari sekali.

Baca Juga: Membedah Dunia Digital Marketing dan Social Media

Pilihlah jangka waktu yang membuat Anda nyaman, dan dapat berkomitmen atas itu. Pastikan Anda juga selalu siap siaga untuk memberikan respons atas komentar dari audiens terkait konten Anda.

10. Hukum Timbal Balik

Anda tidak dapat mengharapkan orang lain untuk membagikan konten Anda dan membicarakannya jika Anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Jadi, sebagian waktu yang Anda habiskan untuk media sosial harus difokuskan untuk berbagi dan berbicara tentang konten yang dipublikasikan orang lain.

Setelah Anda berhasil memahami 10 ilmu tentang marketing media sosial di atas, dipastikan bahwa media sosial akun bisnis Anda akan menarik audiens potensial yang datang dengan sendirinya.

Walaupun memerlukan komitmen yang besar dalam melakukan marketing media sosial. Namun, jika Anda setia dan konsisten melakukanya, hasil yang didapatkan tentunya akan sangat sebanding. Target audiens Anda akan menjadi konsumen potensial Anda di dunia online.

Tag: Digital Marketing, Media Sosial (Medsos)

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Brooke Lark

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,744.00 3,706.58
British Pound GBP 1.00 17,507.41 17,325.92
China Yuan CNY 1.00 2,040.60 2,020.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,043.00 13,903.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,869.42 9,768.25
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,797.94 1,779.83
Dolar Singapura SGD 1.00 10,310.57 10,204.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,729.56 15,567.19
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,411.81 3,375.33
Yen Jepang JPY 100.00 13,000.37 12,867.19

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67