Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semua Orang Butuh Hiburan, KiosTix Jadikan Peluang Bisnis

Semua Orang Butuh Hiburan, KiosTix Jadikan Peluang Bisnis Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini semua orang butuh hiburan. Karena itu, event musik dan olahraga selalu diminati dan terus berkembang. Industri hiburan ini pun membuka berbagai peluang bisnis yang dapat digarap. Seperti berinvestasi dalam channel ticketing menjadi salah satu pilihan strategis.

Demikian diungkapkan oleh Andhika Soetalaksana, VP Sales and Partnership KiosTix. Menurutnya, hiburan akan terus berkembang. Event pun menjadi salah satu bagian dari MICE yang menarik bagi investor. Kuncinya adalah membangun komunitas karena mereka akan mendukung event. KiosTix sendiri membidik komunitas milenial, khususnya yang memiliki hobi berkumpul dan nonton bareng.

"Ruang diskusi seperti ini selain untuk edukasi, juga membangun komunitas," ujar Andika dalam kegiatan Ruang Diskusi bertajuk Event Creation & Effective Event Marketing through Social Media, yang digelar bersama Universitas Prasetiya Mulya di Bumi Serpong Damai (BSD), Rabu (10/7/2019).

Baca Juga: Enggak Zaman Beli Tiket Offline, KiosTix Tawarkan Beragam Tiket Online

Andhika kemudian membagikan pengalamannya di KiosTix dalam mengelola event yang sukses dan profitable. Dia menjelaskan bagaimana membuat manajemen event, mulai dari ide, membuat anggaran, memilih artis, sampai mengelola pengalamannya. Pengalaman tersebut diharapkan dapat dipraktikkan oleh peserta yang notabene para mahasiswa jusuran event.

Pada kesempatan yang sama, Hanesman Alkhair, Faculty Member Prasetiya Mulya, mengatakan, ruang diskusi ini sangat penting bagi mahasiswa S1 Event di Universitas Prasetiya Mulya karena salah satu syarat kelulusan, mahasiswa harus menyelenggarakan sebuah event.

Prasetiya Mulya sendiri merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai jurusan S1 Event. Sejak dibuka pada 2015, perguruan tinggi ini menciptakan anak-anak muda menjadi destination orchestrator. Dia berharap mahasiswanya dapat membuat event di daerah dengan menyatukan stakeholders seperti UMKM, pariwisata, komunitas, pemerintah daerah, dan sponsor.

"Jika saat ini mahasiswa belajar dari para praktisi, maka kelak dapat menjadi salah satu kontributor peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah," harap Hanesman.

Baca Juga: Bitbox Line Luncurkan Rewards Festival, Bagikan Poin Gratis

Ruang diskusi semakin semarak ketika Daffa Ananda dan Hasyim Arif, event creator Meranoia Festival berbagi pengalaman bagaimana festival musik yang dikelolanya sukses dan lancar. Event yang menghadirkan lebih dari 30 musisi ternama ini berhasil menarik ribuan penonton yang berlangsung di Istora Senayan pada 22 dan 23 Juni 2019 lalu.

Hasyim Arif selaku Project Officer Maranoia Festival mengatakan, ide awal Maranoia Festival adalah bagaimana orang-orang datang ke festival musik untuk nyanyi bareng bertema cinta, bukan hanya untuk menonton penyanyi idolanya.

"Kami putuskan membuat  festival musik yang mempunyai garis benang cinta, maka artis-artis yang mengisi acara juga adalah mereka yang dikenal sebagai penyanyi bertema lagu-lagu cinta," kata  Hasyim Arif.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: