Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja Industri Pengolahan Terus Ekspansi di Triwulan II 2019

Kinerja Industri Pengolahan Terus Ekspansi di Triwulan II 2019 Kredit Foto: TechCrunch
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, kinerja sektor industri pengolahan pada triwulan II 2019 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI)-BI sebesar 52,66%, sedikit meningkat dibandingkan dengan PMI-BI pada triwulan sebelumnya sebesar 52,65%.

Bank sentral menuturkan, Ekspansi sektor Industri Pengolahan ini sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) pada triwulan II 2019 yang terindikasi meningkat dengan SBT sebesar 3,57%.

"Peningkatan kinerja Industri Pengolahan didorong oleh kenaikan volume pesanan sejalan dengan permintaan yang meningkat," kata BI dalam pernyataan tertulisnya yang di publikasikan di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Baca Juga: Bank Indonesia Sebut Izin LinkAja Masuk Tahap Akhir

Berdasarkan komponen pembentuk PMI-BI, peningkatan kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan II-2019 didorong oleh ekspansi pada sebagian besar komponen indeks, terutama indeks volume pesanan dan indeks volume produksi.

"Indikator volume pesanan pada triwulan II-2019 tercatat mengalami ekspansi dengan indeks sebesar 54,88% sejalan dengan peningkatan permintaan domestik," ungkap BI.

Ekspansi volume pesanan pada triwulan II-2019 berdampak pada peningkatan volume produksi. Indikator volume produksi pada triwulan II-2019 tercatat sebesar 54,19%, meningkat dari 53,49% pada triwulan I-2019.

Baca Juga: Pemerintah dan BI Sepakat Jaga Inflasi Volatile Food Maksimal 5%

Sementara pada triwulan III 2019, kinerja industri pengolahan diprakirakan tetap ekspansif, meskipun tidak setinggi periode sebelumnya. Hal ini terindikasi dari PMI-BI pada triwulan III 2019 yang diprakirakan sedikit lebih rendah yakni sebesar 52,11%. Peningkatan kinerja Industri Pengolahan tersebut diprakirakan didorong oleh kenaikan volume produksi.

Sementara pada triwulan III-2019, peningkatan kinerja sektor Industri Pengolahan diperkirakan terus berlanjut meski tidak setinggi periode sebelumnya. Hal ini sebagaimana terindikasi dari PMI-BI yang masih berada pada fase ekspansi dengan indeks sebesar 52,11%, namun lebih rendah dari 52,66% di triwulan II-2019.

"Perkembangan kinerja sektor Industri Pengolahan ini sejalan dengan pertumbuhan kegiatan usaha Industri Pengolahan triwulan III-2019 yang lebih lambat dibandingkan triwulan II-2019 dengan SBT sebesar 2,48%, turun dari 3,57%," terang BI.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: