Manfaatkan Medsos dan QR Code, BI Ajak UMKM Binaan Go Digital

Manfaatkan Medsos dan QR Code, BI Ajak UMKM Binaan Go Digital Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Bank Indonesia (BI) mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan untuk dapat go digital. Salah satunya caranya adalah melalui pemanfaatan media sosial sebagai wadah untuk menjual produk UMKM. 

Gubernur BI, Perry Wajiyo, menyebutkan bahwa saat ini ada sejumlah 898 UMKM yang menjadi binaannya, di mana 91 UMKM di antaranya telah menembus pasar ekspor. Perry mengatakan, pihaknya mendukung UMKM binaan utuk dapat menjual produk unggulan melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Baca Juga: Bravo! Eskpor UMKM Binaan BI Tembus Rp1,4 Triliun

"Ada yang sudah pasarkan produk di Twitter, Facebokk, Youtube, Instagram. Intinya jualan di dunia maya. Ada juga yang mulai kita hubungkan dengan e-commerce yang ada," ujar Perry kepada media, Jakarta, Jumat (12/07/2019).

Baca Juga: Jangan Kasih Kendor! 91 UMKM Binaan BI Tembus Pasar Ekspor

Ia menambahkan, upaya BI untuk mengajak UMKM binaan untuk go digital tidak hanya terbatas pada proses penjualan produk, tetapi juga pada proses pembayaran yang semakin dipermudah dengan teknologi dari layanan fintech dan QR code. 

"Tahun lalu kami bilang tidak usah bawa uang cash, tapi bisa kredit dan debut. Tahun ini tidak hanya debet dan kredit tapi juga bisa pembayaran online lain yaitu QR Code Indonesian Standard (QRIS)," sambungnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini