Portal Berita Ekonomi Jum'at, 14 Agustus 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:29 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 42,41 USD/barel.
  • 13:27 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 45,14 USD/barel.
  • 13:27 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,04% terhadap Euro pada level 1,1819 USD/GBP.
  • 13:26 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,03% terhadap Yen pada level 106,96 JPY/USD.
  • 13:25 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.953 USD/troy ounce.
  • 11:31 WIB. IHSG - IHSG melemah 0,02% pada penutupan sesi I.

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile
WE Online, Jakarta -

Perangkat mobile semakin mendorong aktivitas belanja masyarakat. Teknologi smartphone yang semakin canggih, didukung dengan inovasi para pelaku e-commerce membuat aktivitas belanja online terus meningkat.

Data terbaru yang diluncurkan oleh Zilingo, e-commerce dengan produk utamanya pakaian, menunjukan sebanyak 85% konsumennya melakukan transaksi menggunakan perangkat mobile. Kemudahan menggunakan perangkat ini membuat konsumen dapat melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun.

Juga diketahui sebagian besar konsumen melakukan transaksi pada hari kerja, dilakukan saat istirahat makan siang antara jam 12-2 siang atau selepas jam kerja antara jam 6 sore-8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka.

Baca Juga: Raih US$226 Juta dalam Pendanaan Seri D, Zilingo Akan Ekspansi Pasar Utama di 3 Negara

Data Zilingo juga menyebutkan, sejauh ini lebih dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika ditelaah berdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya dan Bekasi.

Dominasi daerah tersebut sesuai dengan pilihan transaksi yang disukai para konsumen, yaitu cash on delivery (COD). Pilihan konsumen itu juga didukung oleh fitur COD Zilingo yang terbukti diterima baik oleh pelanggan Zilingo karena sebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan fitur pembayaran ini.

Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing, Zilingo, menjelaskan, melalui COD, pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank tetap dapat membeli keperluan fesyen favorit mereka di mana pun mereka berada. Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibeli secara langsung sebelum membayarnya.

"Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkat pemahaman yang lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya," jelasnya.

Sebagai e-commerce yang fokus pada produk fesyen, ada lima kategori teratas yang terjual pada semester pertama 2019, adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah tangga (11,46%), pakaian muslim (9,19%), serta tas dan dompet (5,43%).

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa para pelanggan mulai membeli lebih banyak barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi rumah, serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu, yang menjadikan Zilingo sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka.

Baca Juga: Mulia Banget... Ini Ternyata Cita-Cita Awal Berdirinya Zilingo

Ada temuan menarik dari data yang dihasilkan, di mana pelanggan laki-laki semakin peduli dengan penampilan. Lebih dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana yang paling digemari, yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian kasual (7,39%), dan kemeja formal (5,95%).

Sebagai perbandingan, hampir 60% pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yang paling banyak dibeli adalah flat shoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%), atasan dan tunik (6,72%), serta legging (6,63%).

Sarah menambahkan, paruh pertama 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan Zilingo di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada 2019, termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan ini untuk para pelanggan Indonesia, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan melalui penawaran dan inisiatif pemasaran.

"Kami optimis untuk menyambut paruh kedua 2019 yang akan datang," jelasnya.

 

Sementara untuk mengawali paruh kedua tahun ini, Zilingo kembali hadir untuk merayakan musim panas Anda dengan penuh gaya. Pelanggan dapat menantikan promosi yang luar biasa di setiap minggu pada Juli. Flash sale "Happy Hour" dari Zilingo akan berlaku setiap Senin dari jam 1 siang sampai 4 sore dengan diskon epik hingga 50% (hingga Rp50 ribu). Semakin banyak berbelanja, semakin tinggi kesempatan Anda untuk memenangkan uang tunai dengan total Rp10 juta, voucer Zilingo, dan tiga iPhone XR.

Tag: Zilingo, E-commerce

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Instagram

Baca Juga

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,997.86 3,957.77
British Pound GBP 1.00 19,577.52 19,379.75
China Yuan CNY 1.00 2,157.44 2,135.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,991.59 14,842.42
Dolar Australia AUD 1.00 10,705.49 10,597.49
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,934.40 1,914.93
Dolar Singapura SGD 1.00 10,918.06 10,807.85
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,708.07 17,530.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,574.53 3,533.07
Yen Jepang JPY 100.00 14,018.69 13,877.91
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5239.250 5.798 698
2 Agriculture 1197.150 8.188 23
3 Mining 1397.826 2.228 48
4 Basic Industry and Chemicals 762.931 -1.567 80
5 Miscellanous Industry 953.200 -0.327 52
6 Consumer Goods 1931.632 16.356 58
7 Cons., Property & Real Estate 295.862 -0.799 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 889.469 5.192 78
9 Finance 1164.347 -1.003 93
10 Trade & Service 633.771 -3.745 174
No Code Prev Close Change %
1 MBAP 1,820 2,270 450 24.73
2 DVLA 2,450 3,040 590 24.08
3 KIOS 160 194 34 21.25
4 CNTX 218 250 32 14.68
5 ALTO 354 400 46 12.99
6 TRUS 284 320 36 12.68
7 PNLF 185 206 21 11.35
8 BIKA 179 199 20 11.17
9 TDPM 94 104 10 10.64
10 BMSR 53 58 5 9.43
No Code Prev Close Change %
1 GLOB 144 134 -10 -6.94
2 MREI 5,200 4,840 -360 -6.92
3 BPTR 87 81 -6 -6.90
4 SGER 262 244 -18 -6.87
5 FOOD 131 122 -9 -6.87
6 BRAM 5,100 4,750 -350 -6.86
7 EMTK 5,475 5,100 -375 -6.85
8 MSKY 1,025 955 -70 -6.83
9 PAMG 74 69 -5 -6.76
10 BOLA 163 152 -11 -6.75
No Code Prev Close Change %
1 TOWR 1,090 1,030 -60 -5.50
2 BBRI 3,350 3,330 -20 -0.60
3 FREN 128 120 -8 -6.25
4 BBNI 5,125 5,075 -50 -0.98
5 BMTR 264 248 -16 -6.06
6 PURA 129 134 5 3.88
7 TLKM 2,950 3,010 60 2.03
8 MDKA 1,810 1,770 -40 -2.21
9 EXCL 2,430 2,610 180 7.41
10 PNLF 185 206 21 11.35