Portal Berita Ekonomi Sabtu, 20 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:42 WIB. Heatwave - Gelombang panas sedang memasuki AS dan Kanada.
  • 07:52 WIB. Selat Hormuz - Inggris: penyitaan 2 kapal Inggris oleh Iran 'tidak dapat diterima'.
  • 07:16 WIB. Washington - Trump: Menkeu Steve Mnuchin dan Menkeu China menghasilkan pembicaraan baik.
  • 06:47 WIB. Qualcomm - Komisi Eropa berikan sanksi denda kepada Qualcomm sebesar 242 juta euro karena predatory pricing
  • 06:28 WIB. Wisatawan - Malaysia tarik wisman China dan India dengan memperbanyak jalur masuk
  • 06:15 WIB. Netflix - Netflix harapkan pertumbuhan subscriber dari India dan pasar internasional lainnya
  • 06:03 WIB. Riyadh - Raja Saudi menyetujui penempatan pasukan AS untuk menjaga keamanan dan stabilitas.
  • 05:49 WIB. Final Piala Afrika - Senegal 0 vs 1 Aljazair
  • 00:05 WIB. GM - Saic Motor Corp, partner GM di China, mengalami penurunan penjualan.
  • 23:23 WIB. Mobil listrik - Toyota berpartner dengan BYD (China) untuk mobil listrik.
  • 22:59 WIB. Asahi - Asahi membeli AB InBev unit Australia senilai US$11,3 miliar.
  • 21:22 WIB. Oil - Brent crude futures were up 37 cents, or 0.6%, at $62.30 a barrel by 1356 GMT, having risen as high as $63.32.
  • 21:21 WIB. Oil - Brent fell 2.7% on Thursday, its fourth straight session of losses, and was set for a weekly drop of around 6%.
  • 19:20 WIB. Filipina - Neraca pembayaran Filipina surplus US$4,79 miliar pada Q1
  • 18:37 WIB. Sri Lanka - Proyek lokasi wisata di Kolombo akan digarap Melcher Group dengan investasi sebesar US$4 juta

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile

85% Konsumen Zilingo Berbelanja Via Perangkat Mobile - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Perangkat mobile semakin mendorong aktivitas belanja masyarakat. Teknologi smartphone yang semakin canggih, didukung dengan inovasi para pelaku e-commerce membuat aktivitas belanja online terus meningkat.

Data terbaru yang diluncurkan oleh Zilingo, e-commerce dengan produk utamanya pakaian, menunjukan sebanyak 85% konsumennya melakukan transaksi menggunakan perangkat mobile. Kemudahan menggunakan perangkat ini membuat konsumen dapat melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun.

Juga diketahui sebagian besar konsumen melakukan transaksi pada hari kerja, dilakukan saat istirahat makan siang antara jam 12-2 siang atau selepas jam kerja antara jam 6 sore-8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka.

Baca Juga: Raih US$226 Juta dalam Pendanaan Seri D, Zilingo Akan Ekspansi Pasar Utama di 3 Negara

Data Zilingo juga menyebutkan, sejauh ini lebih dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika ditelaah berdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya dan Bekasi.

Dominasi daerah tersebut sesuai dengan pilihan transaksi yang disukai para konsumen, yaitu cash on delivery (COD). Pilihan konsumen itu juga didukung oleh fitur COD Zilingo yang terbukti diterima baik oleh pelanggan Zilingo karena sebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan fitur pembayaran ini.

Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing, Zilingo, menjelaskan, melalui COD, pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank tetap dapat membeli keperluan fesyen favorit mereka di mana pun mereka berada. Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibeli secara langsung sebelum membayarnya.

"Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkat pemahaman yang lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya," jelasnya.

Sebagai e-commerce yang fokus pada produk fesyen, ada lima kategori teratas yang terjual pada semester pertama 2019, adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah tangga (11,46%), pakaian muslim (9,19%), serta tas dan dompet (5,43%).

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa para pelanggan mulai membeli lebih banyak barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi rumah, serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu, yang menjadikan Zilingo sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka.

Baca Juga: Mulia Banget... Ini Ternyata Cita-Cita Awal Berdirinya Zilingo

Ada temuan menarik dari data yang dihasilkan, di mana pelanggan laki-laki semakin peduli dengan penampilan. Lebih dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana yang paling digemari, yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian kasual (7,39%), dan kemeja formal (5,95%).

Sebagai perbandingan, hampir 60% pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yang paling banyak dibeli adalah flat shoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%), atasan dan tunik (6,72%), serta legging (6,63%).

Sarah menambahkan, paruh pertama 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan Zilingo di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada 2019, termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan ini untuk para pelanggan Indonesia, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan melalui penawaran dan inisiatif pemasaran.

"Kami optimis untuk menyambut paruh kedua 2019 yang akan datang," jelasnya.

 

Sementara untuk mengawali paruh kedua tahun ini, Zilingo kembali hadir untuk merayakan musim panas Anda dengan penuh gaya. Pelanggan dapat menantikan promosi yang luar biasa di setiap minggu pada Juli. Flash sale "Happy Hour" dari Zilingo akan berlaku setiap Senin dari jam 1 siang sampai 4 sore dengan diskon epik hingga 50% (hingga Rp50 ribu). Semakin banyak berbelanja, semakin tinggi kesempatan Anda untuk memenangkan uang tunai dengan total Rp10 juta, voucer Zilingo, dan tiga iPhone XR.

Tag: Zilingo, E-commerce

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Instagram

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,728.00 3,690.58
British Pound GBP 1.00 17,543.07 17,366.04
China Yuan CNY 1.00 2,037.30 2,016.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,983.00 13,843.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,884.58 9,784.23
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,789.94 1,771.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,307.39 10,202.68
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,750.45 15,588.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,403.02 3,366.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,003.81 12,872.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67