Portal Berita Ekonomi Rabu, 29 Januari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:55 WIB. IHSG - IHSG naik 0,19% di awal sesi I.
  • 08:31 WIB. Valas - Rupiah dibuka menguat 0,09% terhadap Dollar AS pada level 13.632 IDR/USD
  • 08:31 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.569 USD/troy ounce.
  • 08:30 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 59,99 USD/barel.
  • 08:30 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,04% terhadap Yen pada level 109,19 JPY/USD
  • 08:29 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,05% terhadap Poundsterling pada level 1,3022 USD/GBP
  • 08:28 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 53,75 USD/barel.
  • 08:28 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,03% terhadap Euro pada level 1,1019 USD/EUR
  • 08:27 WIB. Bursa - Indeks Strait Times dibuka positif 0,14% pada level 3.185
  • 07:25 WIB. Bursa - Indeks Nikkei dibuka positif 0,39% pada level 23.307
  • 07:16 WIB. Bursa - Indeks KOSPI dibuka positif 0,31% pada level 2.183
  • 07:16 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 ditutup positif 1,01% pada level 3.276
  • 07:15 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones ditutup positif 0,66% pada level 28.722
  • 07:14 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq ditutup positif 1,43% pada level 9.269

Cryptocurrency dan Blockchain Mendefinisikan Ulang Kebebasan Finansial

Cryptocurrency dan Blockchain Mendefinisikan Ulang Kebebasan Finansial - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Menurut laporan Bank Dunia Global Findex 2017, terdapat sekitar 1,7 miliar orang di dunia tidak memiliki rekening bank atau hubungan apa pun dengan lembaga keuangan. Teknologi Cryptocurrency dan blockchain dapat menjadi katalisator untuk perubahan dengan potensi nyang mereka miliki untuk membawa perbankan ke pihak-pihak yang belum memiliki rekening bank. Tidak mengherankan, potensi yang dimiliki oleh teknologi yang inovatif ini akan membuat dunia berubah secara drastis.

Dilansir dari Times of India, pemerintah dan bank sentral di seluruh dunia terus diinformasikan mengenai apakah Bitcoin harus diperlakukan sebagai komoditas, mata uang, atau aset. Sementara itu, tidak terpengaruh oleh perdebatan yang sedang berlangsung ini, Bitcoin telah menunjukkan bahwa siapa pun yang memiliki smartphone dan koneksi Internet dapat menikmati inklusi keuangan.

Tidak seperti mata uang fiat, cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum dapat digunakan dan diperdagangkan secara internasional, dan dengan biaya yang sangat rendah. Sementara seperti Visa dan MasterCard telah menawarkan transaksi tanpa uang tunai selama beberapa dekade, struktur biayanya bisa sangat mahal bagi pedagang kecil. Paradigma cryptocurrency adalah desentralisasi dan peer to peer, yang berarti bahwa perantara dan biaya mereka yang tinggi tidak ada.

Baca Juga: Pertumbuhan Tokocrypto di Semester Pertama 2019 Capai Rp4 M per Hari

Negara Amerika Selatan, Venezuela, adalah contoh cemerlang tentang bagaimana cryptocurrency menyediakan inklusi keuangan bagi yang tidak memiliki rekening bank. Selama beberapa tahun terakhir, Venezuela berada di ambang kehancuran ekonomi, dengan mata uangnya Bolivar, mengalami hiperinflasi sejak 2016.

Bank sentral negara itu juga memperkirakan bahwa tingkat inflasi antara 2016 dan April 2019 telah meningkat sebesar 53.798.500 persen. Mengingat devaluasi cepat Bolivar, sebagian besar populasi Venezuela mulai menggunakan Bitcoin sebagai mata uang alternatif.

Menurut data dari LocalBitcoins, volume perdagangan mingguan di negara itu telah meningkat sejak 2017. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, seorang penduduk setempat mengatakan bahwa cryptocurrency memungkinkan mereka mengambil kendali penuh atas uang mereka, tanpa bank dan pihak ketiga. Banyak orang lain juga mengatakan bahwa mereka lebih suka menerima gaji atau pembayaran lain dalam mata uang digital.

Bagaimana Mata Uang Digital Mengaktifkan Kebebasan Finansial

Opini publik menyatakan bahwa sistem perbankan tradisional sering gagal untuk memenuhi kebutuhan massa selama periode ketidakstabilan politik maupun budaya. Namun, ekosistem cryptocurrency dan blockchain dapat terus berkembang selama periode tersebut. Orang tidak hanya dapat bergantung pada aset ini untuk pembayaran sehari-hari, tetapi juga menggunakannya untuk menghasilkan lebih banyak kekayaan. Berikut adalah beberapa cara di mana Anda dapat menggunakan cryptocurrency untuk mencapai kebebasan finansial.

• Membeli dan Memegang

Sejak Bitcoin diluncurkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu, banyak cryptocurrency telah menghargai nilainya dengan sangat cepat. Sementara volatilitas tetap menjadi perhatian dalam jangka pendek, harga telah bergerak ke atas untuk memenuhi permintaan pasar. Akibatnya, cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin memiliki kapitalisasi pasar dalam jumlah miliaran. Sementara Bitcoin diperdagangkan antara US$1 dan US$2 pada 2011, harga saat ini berada di sekitar angka US$10.000.

Untuk seseorang yang baru mengenal ekosistem kripto, membeli mata uang ini dalam jumlah kecil dan menahannya selama beberapa bulan adalah strategi yang dapat dilakukan. Tidak seperti rekening bank, membuat dompet cryptocurrency baru membutuhkan persetujuan dari pihak ketiga. Selama Anda memiliki akses ke smartphone atau komputer yang terhubung ke Internet, Anda dapat meng-instal dan mengakses dompet tersebut hanya dalam beberapa menit.

• Perdagangan harian

Cryptocurrency diperdagangkan di bursa, yang fungsinya mirip dengan yang ditemukan di pasar ekuitas global. Jika Anda memiliki keahlian untuk analisis teknis atau fundamental dan percaya bahwa keterampilan Anda cocok untuk pasar cryptocurrency, pendekatan ini bisa sangat menguntungkan. Namun, perdagangan harian dapat menjadi upaya berisiko, mengingat beberapa token dapat mengalami periode volatilitas tinggi yang singkat setiap saat.

• Mining

Mining mengacu pada proses menggunakan kekuatan komputasi untuk memverifikasi transaksi dan membuat unit cryptocurrency baru. Sementara beberapa cryptocurrency seperti Bitcoin tidak dapat ditambang menggunakan perangkat keras tingkat konsumen, berbeda dengan yang lain seperti Ethereum dan Zcash bisa. Meskipun mining bisa sangat menguntungkan, namun memang diperlukan sejumlah investasi di muka dalam bentuk perangkat keras. Namun, kabar baiknya adalah bahwa mining menghasilkan pendapatan secara pasif, yang hanya membutuhkan sedikit perhatian dari Anda.

• Mengintai

Alih-alih menambang, cryptocurrency tertentu telah mengadopsi konsep mempertaruhkan untuk memverifikasi transaksi. Pendekatan ini memungkinkan para pemegang untuk mendapatkan bunga pada token mereka sebagai hadiah untuk mengamankan jaringan. Staking biasanya mengharuskan Anda untuk mengunci sejumlah token di dompet secara langsung. Semakin banyak token yang Anda pertaruhkan, semakin tinggi hadiahnya. Tidak seperti menambang, karena tidak perlu membeli perangkat keras yang mahal.

• Penawaran Koin Awal/ Initial Coin Offerings (ICO)

Mengingat bahwa teknologi cryptocurrency dan blockchain masih dalam tahap awal, pengembang dan startup yang giat bekerja keras untuk membuat use case dan aplikasi baru. Dengan berpartisipasi dalam Penawaran Koin Awal (ICO), Anda pada dasarnya menjadi investor dalam satu proyek semacam itu pada tahap awal. Tidak seperti daftar bursa, kebanyakan ICO terbuka untuk investasi publik. Banyak juga cryptocurrency utama, termasuk Ethereum, dimulai sebagai ICO di beberapa titik dan telah memberikan pengembalian eksponensial dalam beberapa tahun yang singkat. Namun, sangat penting untuk memahami proyek di balik ICO dan melakukan uji yang tuntas sebelum investasi untuk memastikan bahwa Anda menghindari penipuan.

• Airdrops

Proyek blockchain baru sering membagikan token gratis dalam jumlah yang kecil kepada pengikut dan pengguna baru mereka. Dalam industri crypto, praktik pemasaran ini sering disebut sebagai airdrop. Idenya adalah bahwa pengguna lebih termotivasi untuk mencoba layanan baru jika mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk itu. Namun, sejumlah besar token ini memiliki nilai pada dunia nyata, jadi Anda bisa menukarnya dengan mata uang kripto atau fiat yang lain untuk menggunakannya.

• Prediksi harga

Meskipun mempertaruhkan kekayaan Anda pada perdagangan harian bisa sangat berisiko, prediksi harga merupakan alternatif yang jauh lebih aman. Alluva adalah contoh aplikasi baik yang memungkinkan pengguna untuk memprediksi harga crypto. Bergantung pada keakuratan prediksi Anda, platform memberi Anda sejumlah Alluva token (ALV). Token ini nantinya dapat ditebus di situs web mitra, atau diperdagangkan dengan mata uang yang berbeda. Tidak seperti perdagangan, pendekatan ini tidak memerlukan investasi di muka apa pun.

Baca Juga: Dibekingi Visa & Mastercard, Ini Nama dan Tanggal Rilis Cryptocurrency Facebook!

Meskipun hal di atas bukanlah daftar lengkap tentang bagaimana seseorang dapat mencapai kemandirian finansial dengan cryptocurrency, namun ini merupakan titik awal yang baik untuk seseorang yang baru dalam teknologi atau mencari cara baru untuk memanfaatkan investasi yang ada.

Seiring cryptocurrency dan blockchain terus maju, adopsi massal mereka akan terus tumbuh. Hanya waktu yang akan menunjukkan bagaimana konsep-konsep baru ini akan terus mengganggu secara positif tidak hanya kegiatan sehari-hari pengguna akhir, tetapi juga seluruh industri dan bisnis.

Baca Juga

Tag: Cryptocurrency, Blockchain

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Fajar Sulaiman

Foto: Reuters/Dado Ruvic

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,656.32 3,619.56
British Pound GBP 1.00 17,913.47 17,729.80
China Yuan CNY 1.00 1,977.29 1,957.47
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,715.24 13,578.77
Dolar Australia AUD 1.00 9,260.53 9,161.60
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,763.16 1,745.50
Dolar Singapura SGD 1.00 10,098.10 9,993.94
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,112.82 14,961.09
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,359.93 3,324.06
Yen Jepang JPY 100.00 12,589.72 12,461.02
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6111.184 -22.024 675
2 Agriculture 1342.102 1.779 21
3 Mining 1445.408 10.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 913.079 -15.488 77
5 Miscellanous Industry 1185.978 9.745 51
6 Consumer Goods 2036.313 -5.665 57
7 Cons., Property & Real Estate 467.626 3.824 85
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1067.972 -5.588 76
9 Finance 1357.820 -8.491 92
10 Trade & Service 732.723 1.034 167
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 89 115 26 29.21
2 AMIN 272 340 68 25.00
3 PDES 680 850 170 25.00
4 PICO 555 685 130 23.42
5 ASBI 212 260 48 22.64
6 INPP 860 1,030 170 19.77
7 LUCK 635 720 85 13.39
8 LPLI 89 100 11 12.36
9 TURI 905 1,005 100 11.05
10 KAYU 74 82 8 10.81
No Code Prev Close Change %
1 ERTX 144 95 -49 -34.03
2 YULE 220 166 -54 -24.55
3 DNAR 262 198 -64 -24.43
4 HITS 675 540 -135 -20.00
5 MTSM 206 166 -40 -19.42
6 GHON 1,225 1,000 -225 -18.37
7 BRAM 8,600 7,025 -1,575 -18.31
8 PKPK 83 68 -15 -18.07
9 ARTO 4,000 3,310 -690 -17.25
10 TAMU 300 250 -50 -16.67
No Code Prev Close Change %
1 TOWR 840 850 10 1.19
2 LUCK 635 720 85 13.39
3 BBRI 4,650 4,620 -30 -0.65
4 BBCA 34,200 33,950 -250 -0.73
5 ADRO 1,295 1,325 30 2.32
6 TCPI 6,500 6,325 -175 -2.69
7 TLKM 3,840 3,830 -10 -0.26
8 PGAS 1,815 1,810 -5 -0.28
9 MNCN 1,645 1,605 -40 -2.43
10 BMRI 7,725 7,750 25 0.32