Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Surplus Neraca Dagang Bisa Berlanjut di Juni 2019?

Surplus Neraca Dagang Bisa Berlanjut di Juni 2019? Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan merilis data perdagangan ekspor dan impor Indonesia. Kali ini BPS akan mengumumkan data ekspor impor untuk Juni 2019. Angka-angka tersebut bakal disampaikan langsung oleh Kepala BPS Suhariyanto pukul 11.00 WIB di Gedung BPS, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Selain mengumumkan soal ekspor dan impor, BPS akan turut menyampaikan sejumlah perkembangan lainnya, di antaranya perkembangan upah pekerja atau buruh Juni 2019, angka kemiskinan di Indonesia Maret 2019, dan tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia Maret 2019.

Sebelumnya kinerja perdagangan luar negeri bulan lalu mencatatkan kinerja positif dengan mencetak surplus sebesar US$0,21 miliar. Adapun total ekspor Indonesia selama bulan lalu sebesar US$14,74 miliar dan total impor US$14,53 miliar.

Baca Juga: Gencarnya Perjanjian Internasional Dongkrak Neraca Perdagangan

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, surplus pada Mei 2019 berasal dari surplus sektor nonmigas sebesar US$1,19 miliar walaupun sektor migas defisit US$0,98 miliar. Dengan perkembangan tersebut, secara kumulatif Januari-Mei 2019 neraca perdagangan Indonesia masih mencatat defisit US$2,14 miliar.

"Defisit Januari-Mei 2019 disebabkan sektor migas yang mengalami defisit US$3,7 miliar meskipun nonmigasnya surplus US$1,6 miliar. Kita masih punya tugas bagaimana memperbaiki neraca perdagangan di antaranya menggenjot ekspor," kata Suhariyanto.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: