Portal Berita Ekonomi Rabu, 01 April 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:00 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,05% terhadap Poundsterling pada level 1,2408 USD/GBP.
  • 20:57 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,72% terhadap Euro pada level 1,0968 USD/EUR.
  • 20:55 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,42% terhadap Yen pada level 108,21 JPY/USD.
  • 20:54 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.609 USD/troy ounce.
  • 20:53 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 22,73 USD/barel.
  • 20:35 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 20,97 USD/barel.
  • 16:56 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,02% terhadap Yuan pada level 7,10 CNY/USD.
  • 16:44 WIB. Valas - Rupiah ditutup positif 0,17% terhadap Dollar AS pada level 16.310 IDR/USD.
  • 16:38 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka positif 2,13% pada level 5.682.
  • 16:37 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 1,85% pada level 23.603.
  • 16:32 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 0,11% pada level 2.750.
  • 16:30 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 2,15% pada level 2.468.
  • 16:27 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup negatif 0,88% pada level 18.917.
  • 16:18 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 2,19% pada level 1.754.

Apa Itu Precision Marketing?

Apa Itu Precision Marketing? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Precision marketing atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti pemasaran presisi merupakan pemasaran yang berbasis data. Pemasaran presisi diarahkan pada pelanggan yang ada untuk mendorong loyalitas merek dan memacu perilaku pembelian. Melalui pemsaran ini, pendapatan suatu bisnis bisa meningkat, mengurangi biaya, dan memaksimalkan pengeluaran pemasaran.

Melansir dari Marketing Schools (16/7/2019), pemasaran presisi tidak terlalu bergantung pada pembuatan iklan persuasif, dan lebih banyak pada pembuatan penawaran, dan trik yang menarik bagi pelanggan yang sudah ada.

Untuk melakukan ini, pemasaran presisi sangat bergantung pada segmentasi pasar; sebuah teknik untuk memecah pasar menjadi blok pelanggan yang lebih kecil dan lebih spesifik dengan kebutuhan unik. Segmen pasar bisa sangat luas, misalnya perempuan, atau mereka bisa sangat spesifik, misalnya wanita yang belum menikah berusia di atas 50 tahun, namun memiliki anak angkat.

Baca Juga: Era Big Data, Precision Marketing Meningkat di Indonesia

Segmentasi pasar tergantung pada pemanenan data tentang perilaku pelanggan. Misalnya, toko kelontong menawarkan kartu diskon yang menawarkan penghematan kepada pelanggan, tetapi juga melacak semua yang mereka beli dan memantau data demografis mereka.

Pengecer online meminta detail pelanggan, seperti lokasi, usia, jenis kelamin, dan preferensi pribadi pelanggan ketika mereka mendaftar untuk suatu akun. Semua data ini disimpan dalam database yang luas dan dianalisis oleh divisi pemasaran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa pelanggan mereka dan apa yang mereka inginkan.

Dengan menggunakan data ini, perusahaan membuat program loyalitas untuk menarik pelanggan yang sudah ada, mulai dari barang dagangan gratis hingga perlakuan khusus dan akses ke produk eksklusif.

Pada dasarnya, tujuan dari setiap penawaran adalah untuk membuat pelanggan merasa bahwa bisnis mereka bernilai dan kebutuhan mereka diakui. Jika sebuah perusahaan dapat secara konsisten memberikan pengalaman pelanggan yang patut dicontoh, pelanggan itu kemungkinan besar akan kembali.

Baca Juga: 10 Ilmu tentang Marketing Media Sosial yang Perlu Anda Tahu

Biasanya, perusahaan besar dengan lini produk yang luas, paling tertarik menggunakan strategi pemasaran presisi yang komprehensif. Persaingan di antara perusahaan-perusahaan di industri ritel, perhotelan, dan industri perjalanan dapat menjadi sangat sengit dan perusahaan-perusahaan ini berkembang dengan pesat.

Mereka menginvestasikan sumber daya yang signifikan dalam mengumpulkan data pelanggan, menganalisis data ini, dan kemudian menggunakannya untuk memberikan penawaran kepada pelanggan mereka yang ada.

Bagaimana cara menerapkan pemasaran presisi?

Seperti namanya, pemasaran presisi sangat memperhatikan akurasi dan fokus. Satu-satunya cara untuk melaksanakan strategi pemasaran presisi yang menghasilkan hasil adalah dengan mengikuti rencana yang cermat dan komprehensif.

Contoh kasusnya: dalam pemasaran Best Western Hotel, salah satu jaringan hotel terbesar di seluruh dunia, yang melayani keluarga dan pelancong bisnis yang sering menggunakan hotel. Untuk mendorong bisnis yang berulang, Best Western telah mengembangkan program penghargaan industri terkemuka yang memberikan insentif bagi loyalitas pelanggan. Setelah berhasil memperkenalkan para pelancong ke program loyalitas, Best Western mencari cara terbaik untuk menumbuhkan keanggotaan.

Baca Juga: Apa Itu Email Marketing?

Perusahaan memiliki banyak data tentang pelanggan mereka yang telah mereka kumpulkan melalui inisiatif online. Setelah menganalisis data ini, Best Western memutuskan untuk menggunakan kampanye pemasaran surat langsung untuk terhubung dengan pelanggan tetap mereka.

Mereka bekerja sama dengan perusahaan bernama InfoPrint untuk merancang pernyataan manfaat pelanggan yang menyerupai tagihan kartu kredit atau laporan frequent flyer. Tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan memahami manfaat apa yang telah mereka dapatkan dan apa yang diperlukan untuk mendapatkan lebih banyak.

Pernyataan tersebut menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan komprehensif yang memungkinkan pelanggan memaksimalkan manfaat yang mereka terima.

Baca Juga

Tag: Precision Marketing, Digital Marketing, internet marketing, Affiliate Marketing, Email Marketing

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,378.77 4,334.04
British Pound GBP 1.00 20,294.58 20,084.50
China Yuan CNY 1.00 2,321.48 2,296.76
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,448.84 16,285.17
Dolar Australia AUD 1.00 10,147.29 10,044.69
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,121.17 2,100.04
Dolar Singapura SGD 1.00 11,552.77 11,437.02
EURO Spot Rate EUR 1.00 18,138.14 17,951.14
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,812.01 3,769.72
Yen Jepang JPY 100.00 15,163.02 15,009.37
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4538.930 124.430 687
2 Agriculture 928.458 27.628 22
3 Mining 1184.094 25.232 49
4 Basic Industry and Chemicals 580.262 22.496 78
5 Miscellanous Industry 733.027 17.548 51
6 Consumer Goods 1659.138 97.743 57
7 Cons., Property & Real Estate 338.411 0.855 89
8 Infrastruc., Utility & Trans. 805.434 16.329 79
9 Finance 989.674 10.245 92
10 Trade & Service 602.274 28.573 170
No Code Prev Close Change %
1 SAMF 120 162 42 35.00
2 ACST 172 232 60 34.88
3 PNLF 158 212 54 34.18
4 ALKA 300 374 74 24.67
5 ARTO 590 735 145 24.58
6 DADA 318 396 78 24.53
7 IDPR 210 260 50 23.81
8 PDES 610 755 145 23.77
9 AGII 440 540 100 22.73
10 KOTA 420 515 95 22.62
No Code Prev Close Change %
1 PEGE 189 176 -13 -6.88
2 TRST 378 352 -26 -6.88
3 MAPA 2,110 1,965 -145 -6.87
4 KIJA 131 122 -9 -6.87
5 HRME 655 610 -45 -6.87
6 DUCK 380 354 -26 -6.84
7 STTP 6,975 6,500 -475 -6.81
8 GOLD 192 179 -13 -6.77
9 INAI 356 332 -24 -6.74
10 TAMU 193 180 -13 -6.74
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,010 3,020 10 0.33
2 BBCA 27,475 27,625 150 0.55
3 TLKM 3,140 3,160 20 0.64
4 PURA 79 80 1 1.27
5 BBNI 3,720 3,820 100 2.69
6 KAEF 1,165 1,310 145 12.45
7 KLBF 1,045 1,200 155 14.83
8 BMRI 4,600 4,680 80 1.74
9 PAMG 111 122 11 9.91
10 ASII 3,800 3,900 100 2.63