Portal Berita Ekonomi Senin, 06 April 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:02 WIB. IHSG - IHSG menguat 0,58% di awal sesi I.
  • 08:09 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.618 USD/troy ounce.
  • 08:08 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 32,60 USD/barel.
  • 08:07 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 26,57 USD/barel.

Jangan Bingung! Begini Cara Sederhana Tentukan Nama Merek untuk Bisnismu

Jangan Bingung! Begini Cara Sederhana Tentukan Nama Merek untuk Bisnismu - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Ide memang penting banget dimiliki seorang pebisnis. Tetapi, namanya manusia terkadang berada dalam situasi yang kosong, tak memiliki ide sama sekali. Lantas, bagaimana jika itu terjadi ketika seorang pebisnis ingin memberikan nama merek kepada bisnis barunya?

Tenang, enggak perlu panik. Semua ada trik dan jalan keluarnya kok. Memang, pemberian nama itu adalah salah satu hal yang penting dalam bisnis. Pasalnya, salah pemberian nama justru bisa berakibat fatal ke depannya.

Coba perhatikan saja nama perusahaan seperti Google, Starbucks, Go-Jek, Grab, Amazon, Tokopedia, dan lainnya. Semua mudah diingat dan semuanya terdiri dari satu kata. Buat kamu yang memang sedang berjuang memilih nama merek bisnis barumu. Lakukan saja hal-hal di bawah ini:

1. Jangan buru-buru

Enggak usah terburu-buru dalam memberikan nama bisnis. Nikmati saja prosesnya. Mencari nama bukanlah hal yang mudah, karena tidak boleh salah.

Baca Juga: Mau Seperti Go-Jek hingga Tokopedia? Merek Harus Maksimalkan Iklan Outdoor

Akan tetapi, bukan berarti kamu malah jadi sibuk mikirin nama ketimbang proses bisnisnya ya. Hal yang satu itu juga enggak kalah penting. Intinya semua harus berjalan secara paralel.

2. Tentukan target pasarnya

Memilih nama merek bukan perihal keren-kerenan. Kamu juga harus memikirkan bagaimana tanggapan audiens terhadap merek yang nanti bakal mereka pakai. Kalau audiensnya berstatus kelas menengah ke atas, nama merek yang kamu pilih tentunya harus terlihat eksklusif. Bisa jadi menggunakan istilah dari luar negeri sekalian.

3. Cari yang mudah diucapkan

Semakin sulit diucapkan maka makin sulit juga diingat. Kamu harus tahu lho seiring dengan berkembangnya teknologi, fitur Google Assistant atau Siri di Macbook dan iPhone makin sering dipakai di masa depan.

Ketika merekmu sulit untuk diucapkan, maka aplikasi-aplikasi itu pun bakal sulit mendeteksinya. Berhubung Siri maupun Google Assistant sangat mengandalkan sinyal dari suara kita sendiri.

4. Usahakan satu kata

Di atas sudah dijelaskan tentunya, bahwa perusahaan-perusahaan teknologi raksasa atau perusahaan besar lainnya, punya merek yang hanya terdiri dari satu kata. Di samping itu, nama yang pendek juga akan mempermudahmu ketika membuat situs bukan?

Baca Juga: Bodoh! Bisnis Kecil Bodoh Kalau Lakukan Ini saat Branding

Pertimbangkan pula ketika pelanggan atau penggunamu berniat mencari produkmu secara online. Kalau namanya kepanjangan pasti mereka males mencarinya.

5. Jangan maksa

Enggak semua nama merek yang diadopsi dari nama pendirinya itu pasti bagus. Soichiro Honda, Henry Ford, mungkin diberkati dengan nama yang bagus. Apakah kamu pede jika namamu digunakan sebagai merek? Atau malah sebaliknya?

6. Cari yang beda

Jangan pernah menggunakan nama yang mirip-mirip atau bahkan mengandung kata produk atau merek perusahaan lain. Cari yang beda sekalian. Ketika kamu menggunakan kata yang sama atau mirip, tentu saja orang bakal lebih mengingat merek yang sudah lebih lama berdiri ketimbang milikmu.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.

Baca Juga

Tag: brand, Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Istimewa

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,398.86 4,352.78
British Pound GBP 1.00 20,494.27 20,285.43
China Yuan CNY 1.00 2,336.23 2,311.67
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,546.32 16,381.68
Dolar Australia AUD 1.00 10,032.03 9,928.94
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,134.68 2,113.30
Dolar Singapura SGD 1.00 11,569.24 11,453.32
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,964.34 17,779.04
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,803.75 3,758.13
Yen Jepang JPY 100.00 15,340.55 15,185.09
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4623.429 91.744 687
2 Agriculture 936.003 11.914 22
3 Mining 1225.526 31.432 49
4 Basic Industry and Chemicals 652.518 51.220 78
5 Miscellanous Industry 736.691 0.113 51
6 Consumer Goods 1712.721 8.686 57
7 Cons., Property & Real Estate 326.084 -0.307 89
8 Infrastruc., Utility & Trans. 825.116 22.729 79
9 Finance 990.464 18.601 92
10 Trade & Service 596.613 2.104 170
No Code Prev Close Change %
1 REAL 61 82 21 34.43
2 KOBX 67 90 23 34.33
3 BTON 130 165 35 26.92
4 DOID 109 137 28 25.69
5 KBLI 400 500 100 25.00
6 SAMF 272 340 68 25.00
7 SAPX 935 1,165 230 24.60
8 DNAR 250 310 60 24.00
9 TMAS 80 99 19 23.75
10 PJAA 480 590 110 22.92
No Code Prev Close Change %
1 SRAJ 200 186 -14 -7.00
2 KRAH 486 452 -34 -7.00
3 BBHI 86 80 -6 -6.98
4 JAST 505 470 -35 -6.93
5 HRME 535 498 -37 -6.92
6 KONI 494 460 -34 -6.88
7 POLL 9,450 8,800 -650 -6.88
8 SRTG 3,080 2,870 -210 -6.82
9 AGII 470 438 -32 -6.81
10 MAPA 1,705 1,590 -115 -6.74
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,870 2,890 20 0.70
2 REAL 61 82 21 34.43
3 BRPT 830 1,000 170 20.48
4 BBCA 27,050 27,475 425 1.57
5 ELSA 181 204 23 12.71
6 MEDC 432 480 48 11.11
7 FREN 62 76 14 22.58
8 PGAS 800 800 0 0.00
9 LPPF 1,160 1,095 -65 -5.60
10 PAMG 107 104 -3 -2.80