Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gaya Hidup Praktis di Era Kredit Online Zaman Now

Gaya Hidup Praktis di Era Kredit Online Zaman Now Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kehadiran Akulaku di Indonesia telah memberi warna baru terhadap gaya hidup praktis masyarakat Indonesia pada era teknologi digital seperti saat ini.

Perkembangan teknologi digital memiliki peran besar terhadap peningkatan kualitas layanan lembaga keuangan. Saat ini banyak layanan keuangan yang menawarkan berbagai macam kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan kepada pengguna. Inovasi-inovasi teknologi terus bermunculan yang semakin berdampak positif terhadap kualitas layanan.

Layanan keuangan yang mengandalkan teknologi digital seperti saat ini sangat bertolak belakang dengan kualitas layanan lembaga keuangan belasan tahun atau puluhan tahun silam. Pada saat itu layanan keuangan seperti disajikan ala kadarnya dan bahkan terkesan merepotkan hingga menyita waktu nasabah.

Salah seorang pegawai swasta, Ermadani (31), mengenang layanan keuangan pada era zaman old yang baginya sangat menyita waktu, ongkos, dan tenaga. Ia menjelaskan bahwa sebelum ada internet, ia harus pergi ke bank terdekat apabila ingin melakukan transaksi keuangan.

"Jadi, zaman dulu kalau mau transfer atau melakukan transaksi keuangan lain maka saya harus pergi ke bank yang jaraknya kurang lebih tujuh kilometer dari rumah," kata perempuan asal Batam ini kepada Warta Ekonomi di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Baca Juga: Fintech Bukan Melulu Kredit Konsumtif

Ermadani mengatakan masalah yang dihadapi tidak berhenti sampai di situ. Ketika sampai di bank, ia masih harus antre berjam-jam karena kondisi bank yang sangat ramai. Ia menyampaikan bahwa hampir tidak mungkin seseorang bisa memenuhi kebutuhan transaksi keuangan yang mendesak dengan segera.

"Dulu di bank antrean itu panjang dan butuh waktu lama," ujarnya.

Saat ini kejadian yang dialami oleh Ermadani sudah jarang terjadi. Dengan teknologi, nasabah sudah bisa melakukan transaksi keuangan secara mobile dengan mudah dan cepat.

Kepala Group Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Triyono memastikan perkembangan dan inovasi teknologi digital telah mengubah gaya hidup sekaligus pola pikir konsumen.

"Dalam era modern, masyarakat cukup sibuk dengan berbagai aktivitas dan menginginkan segalanya serba cepat. Kalau hanya transfer uang atau beli pulsa, nasabah tidak rela antre dan ingin bisa melakukan sendiri di mana pun dan kapan pun," ujarnya.

Gaya Hidup Praktis

Fintech menjadi salah satu pemain di industri keuangan yang memiliki intensi tinggi untuk mengakomodasi gaya hidup dan pola pikir konsumen yang serba praktis dan cepat.

Director of Corporate Affairs and Public Relations Akulaku Indonesia, Anggie Setia Ariningsih, mengatakan bahwa saat ini kebutuhan masyarakat terus mengalami perubahan seiring dengan tren teknologi yang berubah cepat. Ia memastikan Akulaku terus berupaya untuk menjawab kebutuhan tersebut melalui berbagai inovasi.

"Kami terus melakukan inovasi untuk menghadirkan banyak layanan dan produk yang bisa mendukung gaya hidup praktis dan mudah kepada konsumen," katanya kepada Warta Ekonomi, belum lama ini.

Anggie menjelaskan upaya Akulaku dalam menghadirkan layanan yang mudah dan praktis dibarengi dengan pemberian edukasi kepada konsumen. Edukasi ini penting dilakukan agar konsumen juga memiliki kesadaran untuk menjalankan kewajiban mereka seperti membayar pinjaman tepat waktu dan sesuai jumlah yang telah disepakati.

"Kami berharap bahwa melalui layanan yang ditawarkan dapat menciptakan berbagai peluang dan kemudahan bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Berbagai macam produk dan layanan yang disediakan oleh Akulaku untuk memenuhi gaya hidup praktis dan mudah tersebut seperti KTA Kilat, Akulaku Pay, dan Akulaku Kredit. Selain itu, Akulaku menyediakan beberapa fitur seperti kredit untuk pulsa, voucher game, paket data, voucher film, hingga tiket pesawat.

Menikmati Layanan

Sudah banyak konsumen yang mengakui bahwa layanan kredit online yang ditawarkan oleh Akulaku sangat mudah dan praktis. 

Uli Hartati, salah seorang blogger, mengakui layanan Akulaku sangat memberikan kemudahan kepada pengguna. Akulaku hanya mensyaratkan beberapa hal kepada pengguna seperti menghubungkan akun media sosial, foto KTP dan Kartu Keluarga, serta beberapa data lain.

"Belanja zaman now lebih mudah dilakukan secara online. Dulu kalau mau kredit barang lumayan menyita waktu. Kita harus survei dulu toko mana yang memberi harga terbaik. Setelah itu masih menunggu verifikasi dari toko. Nah, semua keribetan itu diskip oleh Akulaku," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa merchant yang terdapat di Akulaku juga sangat beragam mulai dari official store sampai distributor. Alhasil, konsumen bisa melakukan perbandingan harga produk dengan mudah di Akulaku.

"Jadi, kita enggak usah capek-capek lagi. Kita cukup scroll dan cari harga terbaik lalu lakukan transaksi," ujarnya.

Akulaku juga menyediakan fitur metode pembayaran serta informasi jatuh tempo pembayaran kredit. Dengan demikian, Akulaku turut membantu konsumen untuk menentukan lama cicilan produk mulai dari tiga bulan hingga 15 bulan.

"Semua hitungan sudah dilakukan otomatis jadi enggak ribet. Jumlah uang muka dan besarnya kredit yang harus dibayar setiap bulan langsung muncul dan setelahnya akan ada informasi dari toko kapan barang akan kita terima," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: