Meriahkan HUT RI Ke-74, Pusat Perbelanjaan Gelar Diskon 74%

Meriahkan HUT RI Ke-74, Pusat Perbelanjaan Gelar Diskon 74% Kredit Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-74 Indonesia, pelaku industri ritel yang tergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) bakal kembali menggelar pesta belanja diskon bertajuk Hari Belanja Diskon (HBD) Indonesia.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengemukakan, HBD Indonesia merupakan acara tahunan Hippindo yang diluncurkan pertama kali pada 2017 sebagai kegiatan tahunan Indonesia Great Sale. Acara akbar ini akan diadakan di pusat perbelanjaan di berbagai kota, mulai mal modern, ruko hingga bandara pada 16-31 Agustus 2019.

Pada gelaran tahun ini, HBDI mengangkat tema Merah Putih Fun Pesta Diskon Persatukan Bangsa. Rencananya kegiatan ini akan dibuka Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2019 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

Baca Juga: Strategi MR DIY Menangkan Persaingan Ritel di Indonesia

"Pada acara pembukaan tersebut akan diselenggarakan Parade Merek Lokal Indonesia 2019 yang akan menampilkan produk-produk dari berbagai merek Indonesia yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian dan pendapatan devisa negara," ujarnya di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Sementara itu, Ketua Panitia HBD Indonesia Fetty Kwartati mengatakan, acara ini merupakan bentuk sebuah perayaan Hari Kemerdekaan.

"HBDI 2019 yang bertepatan dengan hari ulang tahun RI ke-74 akan memberikan aneka promo istimewa bernuansa 74, seperti diskon hingga 74%, harga khusus untuk produk tertentu seharga Rp74.000, promo bagi mereka yang berusia 74 tahun, dan masih banyak lagi," ungkapnya.

Penyelenggaraan HBD Indonesia pun mendapatkan dukungan positif dari sejumlah kementerian, di antaranya Kementerian Perdagangan. Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan, kegiatan HBDI diharapkan dapat meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan, dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia.

Selain itu, HBDI dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Baca Juga: Kali Ini Apindo dan Hippindo Diundang Jokowi ke Istana

"HBDI dapat dimanfaatkan sebagai sarana memacu daya beli masyarakat yang akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, HBDI menjadi kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner, dan hiburan untuk lebih menggali potensi pasar secara maksimal serta menggairahkan sektor perdagangan dan pariwisata di dalam negeri," ujar Srie.

Srie pun mendorong para pelaku usaha agar lebih serius mempromosikan produk-produk dalam negeri baik produk makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen sehingga lebih dikenal negara lain yang pada akhirnya dapat bersaing di ajang global.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini