Portal Berita Ekonomi Sabtu, 06 Juni 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:58 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq ditutup positif 2,06% pada level 9.814.
  • 10:57 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones ditutup positif 3,15% pada level 27.110.
  • 10:56 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 ditutup positif 2,64% pada level 3.193.
  • 10:55 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.685 USD/troy ounce.
  • 10:54 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 42,30 USD/barel.
  • 10:53 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 39,55 USD/barel.

Dampak Teknologi Kian Nyata, Humas Korporasi Perlu Strategi Ini

Dampak Teknologi Kian Nyata, Humas Korporasi Perlu Strategi Ini
WE Online, Jakarta -

Tokoh kehumasan di tiap korporasi mendapat tantangan luar biasa berkat kehadiran teknologi, demikian menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rosarita Niken Widiastuti, Jumat (26/7/2019).

Niken mengatakan tokoh humas harus melakukan perubahan strategi komunikasi pada saat ini. Komunikasi korporasi yang awalnya hanya dilakukan above the line, kini harus dilengkapi dengan strategi through the line dan below the line. Apa maksud dari strategi tersebut?

Dalam sambutannya di perhelatan Indonesia Corporate PR Award 2019 yang dihelat oleh Warta Ekonomi, Niken menjelaskan, "Through the line, strategi komunikasi lewat media sosial, ini akan cepat sampai ke masyarakat."

Baca Juga: Inilah Daftar Penerima Indonesia PR Award 2019

Apalagi, Indonesia memiliki 117 juta pengguna aktif internet dengan rata-rata harian durasi 8 jam 6 menit di dunia maya itu. Humas korporasi perlu memanfaatkan peluang itu untuk bercerita mengenai perusahaannya.

"Kalau dulu komunikasi korporasi cukup lewat media mainstream. Sekarang, komunikasinya harus interaktif. Harus aktif story telling, video pendek, infografis," papar Niken lagi.

Strategi lainnya disebut below the line--langkah perusahaan untuk menggandeng para selebritis di media sosial (influencer). Hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh deretan perusahaan belakangan ini, seperti Tokopedia, Smartfren, Shopee, dan sebagainya.

Menurut Niken, hal itu akan membantu perusahaan membangun citra dan reputasi positif. Dengan begitu, mereka bisa dipercaya oleh masyarakat. Sebab, humas menjadi titik sentral komunikasi antara perusahaan dan para pemegang kepentingan, terutama masyarakat.

Baca Juga

Tag: Public Relations, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,774.27 3,735.72
British Pound GBP 1.00 17,840.66 17,661.74
China Yuan CNY 1.00 1,992.25 1,972.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,170.50 14,029.50
Dolar Australia AUD 1.00 9,848.50 9,749.10
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,828.43 1,810.21
Dolar Singapura SGD 1.00 10,141.34 10,035.41
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,050.93 15,889.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,317.06 3,277.92
Yen Jepang JPY 100.00 12,990.92 12,860.48
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4947.782 31.078 693
2 Agriculture 1005.979 2.246 22
3 Mining 1279.030 9.869 49
4 Basic Industry and Chemicals 756.813 -4.797 78
5 Miscellanous Industry 899.382 35.666 52
6 Consumer Goods 1816.718 -5.780 58
7 Cons., Property & Real Estate 342.717 5.540 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 906.783 3.973 78
9 Finance 1031.378 8.454 93
10 Trade & Service 615.344 6.666 173
No Code Prev Close Change %
1 JAST 102 137 35 34.31
2 FOOD 85 114 29 34.12
3 MTSM 138 185 47 34.06
4 CMNP 1,500 1,875 375 25.00
5 SAPX 1,460 1,825 365 25.00
6 TECH 216 270 54 25.00
7 IMAS 520 645 125 24.04
8 TPMA 226 276 50 22.12
9 OASA 318 386 68 21.38
10 INPP 705 855 150 21.28
No Code Prev Close Change %
1 DPUM 100 93 -7 -7.00
2 NATO 432 402 -30 -6.94
3 JAWA 73 68 -5 -6.85
4 INPS 2,920 2,720 -200 -6.85
5 KBLV 470 438 -32 -6.81
6 MPRO 890 830 -60 -6.74
7 TMPO 149 139 -10 -6.71
8 NIRO 150 140 -10 -6.67
9 MARI 135 126 -9 -6.67
10 INCI 394 368 -26 -6.60
No Code Prev Close Change %
1 PURA 77 74 -3 -3.90
2 BBRI 3,060 3,110 50 1.63
3 TLKM 3,300 3,230 -70 -2.12
4 PWON 414 462 48 11.59
5 BBCA 28,950 28,625 -325 -1.12
6 BBTN 975 1,055 80 8.21
7 BMRI 4,730 4,850 120 2.54
8 TOWR 1,015 1,065 50 4.93
9 PGAS 955 1,030 75 7.85
10 BBNI 4,140 4,250 110 2.66