Perhatikan Hal Ini Sebelum Rencanakan Anggaran Pernikahan

Perhatikan Hal Ini Sebelum Rencanakan Anggaran Pernikahan Kredit Foto: Unsplash/Marc A. Sporys

Sebagian pasangan yang akan menikah pernah merasakan kepanikan saat akan menghadapi kehidupan rumah tangga. Selain pusing menyiapkan biaya pernikahan, mereka juga harus menggabungkan dua individu untuk mengatur finansial bersama.

Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan, mengatur keuangan merupakan tahap yang krusial dan penting saat akan memasuki fase kehidupan baru. Sejak sebelum resmi menikah, pasangan perlu menetapkan pengaturan finansial.

"Hal itu dapat memudahkan calon pasangan menentukan cara yang efektif dan efisien dalam mengoptimalkan biaya yang tersedia, serta menghindari adanya pembengkakan biaya," kata perempuan yang juga menjabat sebagai Co-Founder ZAP Finance itu.

Dia menyarankan tiga kiat merencanakan anggaran pernikahan. Pertama, calon pengantin harus terbuka mengenai kondisi finansial masing-masing. Komunikasi yang jujur menjadi kunci penting untuk kelancaran perencanaan acara pernikahan sampai hidup bersama.

Kiat kedua, pasangan perlu menyepakati metode pengaturan keuangan yang sesuai dengan kondisi. Sumber penghasilan yang ada serta siapa yang akan menjadi manajer keuangan dalam keluarga amat signifikan dibicarakan demi mewujudkan pengaturan keuangan yang baik.

Prita mengatakan, setiap rumah tangga memiliki metode pengaturan keuangan yang berbeda. Tidak ada satu pengaturan yang lebih unggul dari lainnya karena semua kembali kepada kondisi finansial masing-masing pasangan.

"Ketiga, merancang rencana keuangan bersama agar terjalin komitmen untuk mewujudkan prioritas tujuan keuangan. Pengaturan ini dimulai dari biaya untuk merencanakan pernikahan hingga berumah tangga karena saling berpengaruh," ujarnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini