Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Mandiri: Akibat Kesalahan Sistem, Saldo yang Belum Dikembalikan Nasabah Hampir Rp10 Miliar

Bank Mandiri: Akibat Kesalahan Sistem, Saldo yang Belum Dikembalikan Nasabah Hampir Rp10 Miliar Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyambangi kantor Ombudsman pada Senin (29/07/2019) hari ini guna memberi penjelasan terkait dengan kesalahan sistem yang membuat perubahan saldo secara signifikan pada 1,5 juta rekening nasabah Bank Mandiri akhir pekan lalu. 

Direktur Bisnis Jaringan Bank Mandiri, Heri Gunardi, mengungkapkan bahwa hingga kini Bank Mandiri masih dalam proses pengembalian saldo, di mana sekitar 90% nasabah yang menerima kelebihan saldo akibat kesalahan sistem tersebut diakui telah mengembalikan dananya kepada Bank Mandiri.

Baca Juga: Bank Mandiri Harus Beri Kompensasi ke Nasabah

Heri menambahkan, setidaknya ada 2.600 rekening nasabah Bank Mandiri yang diblokir sementara waktu karena melakukan penarikan atas tambahan saldo dalam rekeningnya. Hingga kini, kelebihan saldo yang belum dikembalikan oleh nasabah nilainya mendekati angka Rp10 miliar. 

"Jumlah (saldo yang belum kembali) barang kali di bawah Rp10 miliar," tegas heri kepada media, Jakarta, Senin (29/07/2019). 

Baca Juga: Saldo Nasabah Berubah Drastis, OJK Segera Panggil Bank Mandiri

Kendati begitu, pihak Bank Mandiri mengaku tak bisa secara tegas memotong saldo milik nasabah yang telah melakukan penarikan dana atas kejadian tersebut. Diakui Heri, Bank Mandiri saat ini telah melakukan langkah persuasif kepada nasabah untuk bersikap kooperatif dan mengembalikan kelebihan saldo yang diterimanya. 

Baca Juga: Jadi Ini Penyebab Saldo Nasabah Bank Mandiri Berubah Drastis

Sebagai informasi, pada Sabtu (20/07/2019) lalu, terjadi kesalahan sistem pada rekening Bank Mandiri yang menyebabkan saldo nasabah berubah secara drastis. Beberapa nasabah mengklaim saldonya bertambah, beberapa lainnya mengklaim saldonya berkurang, bahkan berkurang menjadi Rp0. 

Kesalahan sistem tersebut dapat diselesaikan Bank Mandiri pada hari yang sama, di mana saldo nasabah telah kembali seperti jumlah semula. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: