Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sederet Trik PDIP Menang Pileg Beruntun Usai Kalah Pemilu 2009

Sederet Trik PDIP Menang Pileg Beruntun Usai Kalah Pemilu 2009 Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi mengamati ada sejumlah trik yang dilakukan PDIP guna mendongkrak suara pada pemilu 2014 dan 2019. Padahal, PDIP mengalami kekalahan di Pileg dan Pilpres 2009.

Burhanuddin menilai PDIP mampu belajar banyak dari kekalahan saat Pemilu 2009. Kemampuan PDIP untuk belajar dari kekalahan akhirnya mengantar PDIP ke posisi juara.

Salah satu trik yang digunakan PDIP, yaitu mencetak kader internal. "Banyak contoh, bu Mega jadi king maker, lalu menyediakan diri untuk menjadikan PDIP kawah candradimuka lahirnya pemimpin daerah," katanya dalam diskusi di kantor DPP PDIP pada Sabtu (3/8/2019).

Ia menganggap kader-kader internal hasil binaan PDIP mampu memenangi Pilkada sekaligus disukai publik. Contohnya, Presiden Joko Widodo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Baca Juga: Soal Jumlah Menko di Kabinet, PDIP Bakal Bisik-Bisik ke Jokowi

"Pada 2009 kalah Pileg dan Pilpres, tidak banyak diulas apa yang dipelajari PDIP. Kuncinya keberhasilan mencetak kader unggul di pilkada-pilkada, ya seperti pak Jokowi itu yang sukses," ujarnya.

Trik lainnya, kata dia, PDIP bisa mengubah diri menjadi partai inklusif. Contohnya, PDIP yang membentuk Baitul Muslimin Indonesia. Alhasil PDIP mampu merangkul suara pemilih Muslim yang merupakan kelompok pemilih mayoritas.

"Pemilih muslim PDIP naik. PDIP ini hebat bisa tarik pemilih berbasis organisasi muslim," sebutnya.

Burhanuddin menganggap PDIP berhasil melawan stigma anti Islam yang selama ini mendera partai berlambang banteng itu. "Tak mungkin di Indonesia bisa menang tanpa dapat suara muslim karena 80 persen pemilih," ucapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: