Pertama Kali Berlibur ke Bali? Ikuti 4 Tips Liburan Irit Ini

Pertama Kali Berlibur ke Bali? Ikuti 4 Tips Liburan Irit Ini Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Bisa dibilang bahwa semua orang pasti tahu dan minimal pernah mendengar tentang Bali. Nah, untuk Anda yang sudah berencana akan berlibur untuk pertama kalinya ke Pulau Dewata yang jadi surga wisata bagi para turis di penjuru dunia, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar liburan nanti sepenuhnya berkesan tanpa harus menguras isi tabungan.

Simak tipsnya berikut ini!

1. Riset Anggaran

Tak perlu diragukan lagi bahwa selama di Bali nanti Anda jelas akan perlu mengeluarkan uang untuk makan, tiket masuk tempat wisata, belanja oleh-oleh, sewa penginapan, transportasi, dan sebagainya.

Untuk mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk segala kebutuhan di sana, Anda bisa lakukan riset kecil-kecilan. Misalnya dengan membaca blog orang-orang yang berlibur ke Bali atau tanya langsung pada teman maupun saudara yang pernah ke sana.

Ingat, meskipun ingin berhemat, bukan berarti Anda harus pelit, ya! Soalnya, jangan sampai kebutuhan dasar Anda justru jadi tidak terpenuhi demi bisa liburan irit.

2. Pisahkan Dana

Agar uangnya tidak bercampur-campur, Anda bisa pisahkan dana berlibur ke dalam rekening yang terpisah. Dan agar semakin berhati-hati lagi dalam menggunakan dana liburan, Anda bisa pisahkan lagi uang tersebut ke dalam amplop-amplop yang berbeda. Terdengar ribet, tapi pasti bisa mengamankan uang Anda selama liburan nanti. Dengan begitu, jatah untuk masing-masing kebutuhan dan aktivitas pun aman.

3. Hindari Musim Liburan atau Weekend

Hal yang satu ini terbilang agak sulit sih karena sepanjang tahun seolah selalu jadi musim liburan di Bali. Akan tetapi, Anda bisa mengira-ngira pada bulan apa saja para turis tidak dianjurkan untuk berselancar, mengingat ini adalah salah satu aktivitas paling populer dan diminati para turis dari berbagai negara ketika berkunjung ke Bali.

Dengan menghindari musim liburan atau weekend alias akhir pekan, Anda pun bisa menekan berbagai biaya, terutama transportasi PP dari kota asal-Bali dan akomodasi. Soalnya, di musim sibuk, harganya bisa melonjak gila-gilaan!

4. Menyewa Sepeda Motor

Sesampainya di Bali nanti, pasti Anda sudah tak sabar ingin menjelajahi pulau tersebut dari ujung ke ujung. Hanya saja, terkadang lokasi wisata yang ingin dituju ternyata cukup jauh dari tempat Anda menginap. Atau, tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi tidak berada dalam satu wilayah yang berdekatan.

Meskipun sekarang bisa menggunakan transportasi umum dengan mudah berkat adanya aplikasi, solusi ini jadi terasa kurang irit. Apalagi jika Anda memang sudah berencana ingin mengunjungi banyak tempat sekaligus.

Kalau begitu, apa solusinya? Nah, Anda bisa pilih menyewa sepeda motor sendiri. Dengan harga yang biasanya masih bisa dinegosiasikan jika menyewa dalam waktu yang cukup panjang, biaya tambahan yang perlu Anda tanggung hanyalah uang bensinnya saja. Apalagi, dengan menyewa sepeda motor, Anda lebih bebas mampir ke sana-sini di tengah perjalanan menjelajahi Bali.

Selain bersenang-senang dan menikmati serunya Bali, jangan lupa untuk menjaga perilaku dan sopan-santun, ya! Selain itu, ketika berkunjung ke lokasi wisata religi, selalu kenakan pakaian yang sopan dan rapi. Hindari celana atau rok pendek dan pakaian tanpa lengan. Sebab, berbagai lokasi wisata religi di Bali masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu juga.

Kemudian, agar perjalanan di Bali selalu seru dan aman, apalagi jika berlibur bersama rombongan menaiki bus pariwisata, pastikan Anda menyewa bus pariwisata yang murah dari perusahaan yang profesional, berpengalaman, dan terpercaya seperti Sandholiday – Sewa Bus Pariwisata Murah di Jakarta dan Bali!

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini