Portal Berita Ekonomi Senin, 19 Agustus 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:22 WIB. Argentina - Mata uang peso menjadi yang terburuk kinerjanya bulan ini.
  • 23:12 WIB. Hong Kong - Menteri perdagangan Hong Kong memperingatkan "badai ekonomi" yang mungkin muncul.
  • 22:59 WIB. China - E-commerce China menghentikan produk yang bisa dipakai demo ke Hong Kong.
  • 21:33 WIB. Hong Kong - Sekitar 10 ribu orang melakukan demo damai di tengah hujan.
  • 21:18 WIB. Startup - JK: Startup jangan hanya berfokus pada marketplace, tapi juga produksi.
  • 19:24 WIB. GBHN - JK: Ada kehawatiran kembali ke Orba, jika GBHN dihidupkan.
  • 18:04 WIB. Moscow - Rusia mengatakan tidak ada rencana memasang misil baru, kecuali AS melakukannya.
  • 17:44 WIB. Kabul - Bom bunuh diri di pesta pernikahan menewaskan 63 orang.
  • 17:33 WIB. Terorisme - Kapolri: Tersangka penyerangan di Mapolsek Wonokromo,  Surabaya, terpapar radikalisme.
  • 15:32 WIB. China - Lenovo bukukan profit sebesar USD162 juta di Q2
  • 15:24 WIB. Nuklir - Jepang siap bantu AS denuklirisasi di Korea Utara
  • 14:52 WIB. Denmark - Jyske Bank luncurkan kredit rumah 10 tahun dengan -0,5%

Membangun Citra Produk UMKM Melalui Kemasan

Membangun Citra Produk UMKM Melalui Kemasan - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Saat berbelanja produk terutama makanan, apa yang pertama kali kita lihat? Kebanyakan orang pasti mengatakan kemasan. Kemasan yang menarik dan bagus dianggap menjamin kualitas dari isi di dalamnya. Itulah salah satu fungsi dari kemasan, untuk menarik konsumen.

Saat ini banyak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang jago membuat produk. Tidak sedikit produk yang mereka hasilkan, lebih enak dan lebih baik dari produk perusahaan besar. Sayangnya, produk UMKM kadang dipandang sebelah mata hanya lantaran kemasannya yang kurang menarik.

Mengingat pentingnya kemasan untuk sebuah produk, Moka, startup penyedia layanan kasir (point of sale/PoS) dan Forum Komunitas UMKM Nasional (Fokus) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM menggelar UMKM Festival 2019, kompetisi kemasan produk.

Kompetisi ini digelar dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 2019, sekaligus memacu para pelaku UMKM untuk berkreasi dan berinovasi mengembangkan produknya.

Baca Juga: Kemenkop Siapkan Program Strategis Tingkatkan Kinerja UMKM

UMKM Festival 2019 dibuka dari 1 Juli hingga 31 Juli 2019 lalu. Dalam rentang satu bulan, setidaknya ada 77 UMKM yang mendaftar. Antusiasme penggiat UMKM terhadap kompetisi ini terlihat dari asal peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia serta ragam bisnis yang mereka tekuni.

Setelah melalui proses penilaian, juri memutuskan tiga orang pemenang, yakni Fredy Chandra Kusumah dengan Rumah Telor AyaHayam di peringkat 1, I Putu Khun Ardyastinova dengan Bali Kreativitas di peringkat 2, dan Rizkhiah Nurul Afny dengan Kurma Cokelat Zero Degree Food di peringkat 3.

Pemenang dapat memperoleh total hadiah senilai Rp10 juta, berlangganan Moka gratis selama dua bulan, sekaligus menerma pendampingan dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati.

VP Brand and Marketing Moka, Bayu Ramadhan mengatakan, Moka berkomitmen untuk terus bersinergi dan berkembang bersama UMKM Indonesia. Melengkapi kompetisi tersebut, juga diadakan diskusi interaktif A Cup of Moka (ACOM), yang digelar di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Diskusi yang mengangkat tema "Pahami Cara Menentukan Kemasan Produk" itu diharapkan menjadi sarana edukasi berkesinambungan untuk mendukung pengembangan UMKM hingga mampu bersaing dan berinovasi melalui teknologi.

"Dari kompetisi yang digelar dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 2019 ini, diharapkan lahir produk UMKM unggulan yang mampu bersaing hingga internasional," harap Bayu.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, yang juga praktisi di sektor UMKM dan pemasaran, mengatakan, kemasan merupakan bagian penting dari strategi marketing. Tidak sekadar mewadahi dan melindungi, kemasan merupakan unsur yang memengaruhi minat konsumen pada sebuah produk yang berujung pada jumlah penjualan.

Baca Juga: Punya Peran Penting, Ini Kontribusi UMKM Tekan Defisit Neraca Perdagangan

"Sangat disayangkan apabila produk unggul tidak mampu menembus pasar hanya karena kemasannya tidak menarik atau kurang memberi informasi yang dibutuhkan pembeli," ujar Victoria.

Pentingnya kemasan untuk mendukung bisnis UMKM juga disampaikan oleh Ketua Fokus UMKM Roy Baskoro. Menurutnya, kemasan dapat membentuk citra sebuah produk sekaligus menjadi elemen yang membuatnya tampak berbeda dengan kompetitor. Di era pasar bebas seperti saat ini, penting bagi sebuah produk memiliki ciri khas dan keunikan agar dapat melekat di ingatan konsumen.

"Untuk itu, para pelaku usaha dituntut untuk senantiasa kreatif dalam mengemas produknya," kata Roy.

Tag: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Moka POS, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM)

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,820.46 3,782.19
British Pound GBP 1.00 17,316.60 17,143.57
China Yuan CNY 1.00 2,037.92 2,017.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,329.00 14,187.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,717.93 9,618.79
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,827.35 1,809.22
Dolar Singapura SGD 1.00 10,319.77 10,216.03
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,903.76 15,740.48
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,423.08 3,385.92
Yen Jepang JPY 100.00 13,486.12 13,351.21

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6286.657 29.071 651
2 Agriculture 1385.364 -19.733 21
3 Mining 1611.610 6.842 49
4 Basic Industry and Chemicals 838.279 -1.826 72
5 Miscellanous Industry 1165.921 -4.171 49
6 Consumer Goods 2409.485 55.365 53
7 Cons., Property & Real Estate 501.571 9.118 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1206.906 0.985 74
9 Finance 1267.374 -1.714 91
10 Trade & Service 793.101 -1.849 162
No Code Prev Close Change %
1 NAGA 176 236 60 34.09
2 GLOB 432 540 108 25.00
3 POLL 3,870 4,820 950 24.55
4 ARTO 430 535 105 24.42
5 DAYA 290 360 70 24.14
6 BPFI 930 1,115 185 19.89
7 PUDP 370 438 68 18.38
8 SMMA 8,000 9,200 1,200 15.00
9 SFAN 900 1,035 135 15.00
10 ETWA 60 69 9 15.00
No Code Prev Close Change %
1 INPP 900 745 -155 -17.22
2 YPAS 384 346 -38 -9.90
3 MTPS 1,580 1,435 -145 -9.18
4 TPMA 284 258 -26 -9.15
5 KPIG 157 144 -13 -8.28
6 TIFA 176 162 -14 -7.95
7 RODA 256 236 -20 -7.81
8 PCAR 1,800 1,660 -140 -7.78
9 INKP 8,100 7,525 -575 -7.10
10 SMDM 142 132 -10 -7.04
No Code Prev Close Change %
1 KPIG 157 144 -13 -8.28
2 INKP 8,100 7,525 -575 -7.10
3 MNCN 1,315 1,305 -10 -0.76
4 FREN 166 171 5 3.01
5 ADRO 1,025 1,030 5 0.49
6 ERAA 2,130 2,000 -130 -6.10
7 BBRI 4,250 4,210 -40 -0.94
8 HMSP 2,850 3,020 170 5.96
9 UNTR 20,750 20,500 -250 -1.20
10 TARA 700 755 55 7.86