Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kredit UMKM BRI Tumbuh 13% di Triwulan II 2019

Kredit UMKM BRI Tumbuh 13% di Triwulan II 2019 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus meningkatkan portofolio pembiayaan ke segmen UMKM. Hingga akhir Juni 2019, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp888,32 triliun. Pencapaian ini meningkat 11,84% dibandingkan penyaluran pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Penyaluran kredit tersebut didominasi segmen UMKM, yaitu sebesar 76,72% atau senilai Rp681,50 triliun. Penyaluran kredit UMKM BRI untuk triwulan II 2019 tercatat tumbuh 13% secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Utama BRI Suprajarto menjelaskan, pencapaian tersebut selaras dengan strategi perseroan yang terus memperbesar porsi penyaluran kredit ke segmen UMKM.

Baca Juga: Dana Ngendap Triliunan di Duniatex, Respons Bos BRI Woles

"Secara konsisten perseroan meningkatkan komposisi kredit UMKM dibandingkan dengan kredit korporasi, dan kami targetkan di 2022 komposisi penyaluran kredit UMKM BRI mencapai 80% dari total portofolio kredit BRI," imbuh Suprajarto di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Dalam menjalankan fungsinya sebagai agent of development dalam mendukung program pemerintah, BRI terus melakukan pembiayaan kepada para pelaku UMKM melalui KUR. Hingga akhir Juni 2019, tercatat BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp50,29 triliun ke lebih dari 1,2 juta debitur.

"Ini setara dengan 57,8% dari target breakdown yang diberikan kepada BRI oleh pemerintah di 2019 sebesar Rp86,97 triliun," kata Suprajarto.

Baca Juga: BRI Klaim Sudah Naik Kelaskan 1,1 Juta Nasabah UMKM

Tidak hanya pembiayaan, BRI turut berperan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM. Sampai pertengahan 2019, pembiayaan BRI mendukung 1,1 juta pelaku UMKM sukses naik kelas. Sekitar 65% dari jumlah tersebut didominasi oleh pelaku UMKM yang mengajukan pembiayaan mikro.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: