Dear Fresh Graduate, Camkan Petuah Steve Jobs dan Bill Gates Ini

Dear Fresh Graduate, Camkan Petuah Steve Jobs dan Bill Gates Ini Kredit Foto: Business Insider

Para tokoh kesohor dunia termasuk Bill Gates dan Steve Jobs sering memberikan petuah bagi para wisudawan alias fresh graduate. Motivasi yang mereka berikan selalu penuh dengan pesan yang bermakna bagi kehidupan pascakuliah.

Gates dan Jobs pernah berpidato di Harvard, di Bulan yang sama, namun di tahun yang berbeda. Jobs berpidato pada Juni 2005, dan Gates Juni 2007. Petuah mereka sama-sama menohok dan penuh inspirasi.

Jobs berkata, rasa suka terhadap sebuah pekerjaan itu penting adanya. Seseorang akan terus berjalan dan berproses demi sesuatu yang ia suka, sesulit apapun rintangan yang ada.

Baca Juga: Haru Biru, Simak Nasihat CEO Ini Tentang Ayah dan Ibu

“Pekerjaan akan memenuhi bagian besar dalam hidupmu dan cara satu satunya untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang kamu yakini sebagai pekerjaan yang hebat. Dan cara satu satunya untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintainya,” jelasnya.

Lantas, bagaimana dengan seseorang yang belum menemukan hal itu untuk dicintai?

Jobs berpesan, jangan patah semangat untuk mendapatkannya, tetaplah mencari dan jangan berhenti. “Sama seperti semua yang terkait dengan hati, kamu akan tahu ketika menemukannya. Dan sama halnya dengan hubungan yang hebat, hal itu akan terus bertambah lebih baik seiring tahun-tahun yang berlalu. Jadi tetaplah mencari sampai kamu menemukannya,” ungkap Jobs.

Baca Juga: Ini Dia Kisi-Kisi Melamar Kerja yang Perlu Diketahui Fresh Graduate

Dari sisi Bill Gates yang tak lain adalah salah satu orang terkaya di dunia, pesan yang ia sampaikan lebih meluas lagi. Gates mengharapkan para fresh graduate bisa memikirkan tentang ketidaksetaraan yang terjadi di dunia.

“Apakah melalui demokrasi, edukasi, layanan kesehatan berkualitas, atau kesempatan ekonomi yang luas, menurunkan kesenjangan adalah pencapaian tertinggi umat manusia,” kata Gates.

Sebab bagi Gates, hidup seorang manusia akan lebih berarti jika ia bermanfaat bagi banyak orang. Ia ingat pesan ibunya, “siapa yang banyak memberi, ia juga akan banyak menerima.”

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini