Portal Berita Ekonomi Minggu, 25 Agustus 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:11 WIB. Terorisme - Australia akan memblok akses internet terkait terorisme saat krisis.
  • 16:59 WIB. AS - Donald Trump minta ke Fed Ex, Amazon, UPS dan perusahaan pos menolak kiriman fentanyl dari China
  • 16:29 WIB. Android - OS Android setelah Android 9 "Pie" akan dinamai Android 10 saja
  • 16:23 WIB. Hong Kong - Puluhan ribu orang berdemo dengan payung di tengah hujan pada Minggu (25/8).
  • 14:48 WIB. AS -  Dundon Advisor LLC: Jumlah perusahaan bangkrut di AS akan naik moderat pada 2020
  • 14:01 WIB. Rusia - Permintaan Kedubes AS soal pembebasan mata-mata yang diduga Paul Whelan dikritik Kemenlu Rusia
  • 13:40 WIB. GoPay - GoPay akan ganti QR code transaksi pembayaran secara bertahap.
  • 13:38 WIB. Inggris - Pemogokan pilot  British Airways membuat maskapai batal/tunda terbang pada 9,10 dan 27 September
  • 12:08 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah mendorong kedaulatan pangan melalui ekonomi syariah.
  • 11:55 WIB. G7 - Presiden UE Tusk: Negara G7 makin sukar mencari kepentingan bersama.
  • 11:45 WIB. Cuaca - BMKG: Kemarau Agustus-September, hujan bisa awal Oktober atau pertengahan November.
  • 11:23 WIB. AS - Chief Fed Jerome Powell: Ketidakpastian kebijakan perdagangan lemahkan manufaktur dan belanja modal di AS
  • 09:41 WIB. Mesir - Ekspor Mesir ke G7 naik jadi USD3,8 M pada H1-2019 dibanding H1-2018 sebesar USD3,5 M
  • 09:13 WIB. Hong Kong - RRJ Capital (Richard Ong) akan investasi US$4 miliar di Ingram (milik HNA).

Seberapa Penting Kemasan Produk dalam Bisnis?

Seberapa Penting Kemasan Produk dalam Bisnis? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kemasan produk menjadi hal yang penting disamping kualitas produk yang dijual. Berbagai industri besar seperti makanan, minuman, fashion, hingga elektronik memberikan kesan menarik pada penampilan kemasan produk.

Hal ini guna menarik minat konsumen dalam membeli sebuah produk dan meningkatkan daya saing prosuk itu sendiri.

Di Indonesia sendiri isu kemasan produk masih menjadi tantangan bagi produk lokal utamanya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab banyak produk UMKM lokal yang memiliki kualitas baik dan bisa diterima oleh pasar. Tetapi tidak  memiliki kemasan produk yang menarik sehingga tidak dapat bersaing secara jangka panjang ditengah gempuran barang impor.

Baca Juga: Bikin Melongo, Ini Deretan Brand Mewah Milik Bernard Arnault

1. Memberikan Daya Tarik

Dalam persoalan kemasan produk, dari sisi daya tarik menjadi faktor utama, bisa saja dengan produk yang sama, kualitas yang sama, dan harga yang sama. Tetapi kemasan produk yang berbeda, maka tingkat penjualannya berbeda karena kurang menariknya kemasan produk yang ditampilkan.

Selain memberikan perlindungan terhadap produk yang dijual, kemasan produk yang menarik juga mampu meingkatkan penjualan. Bahkan jika desain yang unik dan menggunakan bahan material yang bagus konsumen enggan membuangnya.

Bagi UMKM bisa menggunakan jasa desain kemasan produk sesuai dengan produk yang dijual, dan target pasar yang dituju. Hal ini agar kemasan produk tidak salah sasaran dan menjadi nilai lebih sebuah produk.

Baca Juga: 5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto

2. Membangun Kepercayaan

Dengan menggunakan kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak langsung penjual juga membangun kepercayaan kepada konsumennya. Hal ini dilihat dari kemasan produk yang memberikan informasi produk secara jelas. Kemudian kode produksi, tanggal kadaluarsa produk, standar keamanan produk, hingga sertifikasi halal dari lembaga berwenang.

Dengan informasi yang lengkap, hal ini tentu menjadi menarik dan informatif. Tetapi yang perlu diingat adalah meringkas informasi secara bijak, dengan menyesuaikan desain dan tata letaknya.

Baca Juga: Membangun Citra Produk UMKM Melalui Kemasan

Sebab, kepercayaan konsumen juga penting, dan menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah produk, jika informasi tidak jelas, maka konsumen juga enggan membeli produk tersebut.

3. Membuat Ciri Khas

Kemasan produk juga menjadi ciri khas sebuah produk dan memberikan kemudahan konsumen mengenali produk yang dijual. Bahkan beberapa industri makanan di Indonesia terus mempertahankan identitas yang dijualnya. Seperti logo, warna, hingga desain kemasan, hal ini semata-mata untuk mempertahankan ciri khas yang melekat pada produk.

Partner Sindikasi Konten: MoneySmart

Tag: Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Bernard Hermant

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,818.36 3,780.40
British Pound GBP 1.00 17,524.82 17,349.62
China Yuan CNY 1.00 2,029.13 2,009.01
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,320.00 14,178.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,680.32 9,581.49
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,826.86 1,808.70
Dolar Singapura SGD 1.00 10,334.13 10,225.75
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,859.40 15,699.30
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,420.11 3,382.16
Yen Jepang JPY 100.00 13,444.75 13,307.68

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6255.597 16.352 650
2 Agriculture 1368.973 -5.285 21
3 Mining 1590.040 13.201 49
4 Basic Industry and Chemicals 841.616 6.098 72
5 Miscellanous Industry 1172.077 33.290 49
6 Consumer Goods 2403.300 9.451 53
7 Cons., Property & Real Estate 498.204 1.562 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1216.314 -8.753 74
9 Finance 1252.950 0.692 90
10 Trade & Service 785.361 -0.724 162
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 366 456 90 24.59
2 FIRE 2,100 2,440 340 16.19
3 ANDI 1,950 2,250 300 15.38
4 AKPI 412 472 60 14.56
5 POLL 3,560 4,000 440 12.36
6 KBLM 310 348 38 12.26
7 ALKA 434 486 52 11.98
8 PORT 565 630 65 11.50
9 LPLI 119 132 13 10.92
10 CCSI 292 322 30 10.27
No Code Prev Close Change %
1 AGRS 330 248 -82 -24.85
2 APEX 640 530 -110 -17.19
3 CANI 190 161 -29 -15.26
4 SSTM 500 426 -74 -14.80
5 ARTA 380 330 -50 -13.16
6 FOOD 170 151 -19 -11.18
7 NELY 155 138 -17 -10.97
8 OKAS 104 93 -11 -10.58
9 ERAA 1,655 1,480 -175 -10.57
10 GTBO 177 159 -18 -10.17
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,655 1,480 -175 -10.57
2 ADRO 1,020 1,085 65 6.37
3 BBRI 4,070 4,080 10 0.25
4 MNCN 1,260 1,255 -5 -0.40
5 ASII 6,325 6,575 250 3.95
6 UNTR 19,975 20,500 525 2.63
7 TLKM 4,450 4,380 -70 -1.57
8 MAMI 89 89 0 0.00
9 BBCA 30,000 29,975 -25 -0.08
10 PGAS 1,805 1,830 25 1.39