Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

China Targetkan Fintech Sudah Mapan Tahun 2021

China Targetkan Fintech Sudah Mapan Tahun 2021 Kredit Foto: Unsplash/Jonas Leupe
Warta Ekonomi, Jakarta -

China tengah menyiapkan rencana tiga tahun untuk pengembangan industri fintech. Bank Sentral China mengungkapkan tujuan rencana tersebut untuk meningkatkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor jasa keuangan, mewujudkan integrasi yang berkualitas, pengembangan teknologi dan keuangan yang terkoordinasi, serta meingkatkan kepuasan publik dengan produk dan layanan keuangan digital.

Target-target tersebut dikejar China pada tahun 2021. Fintech memang industri yang masih relatif muda di negara mana pun. Dan banyak yang diharapkan dari fintech untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan.

Baca Juga: Resmi Terbang ke Indonesia, Fintech Australia Ini Unggulkan Tiga Fitur Investasi Buat Para Milenial

Menurut Bank Sentral China, yang dikutip dari caixingglobal.com, rencana tersebut menekankan perlunya jadikan fintech sebagai “mesin baru” untuk pengembangan keuangan, meningkatkan pembangunan ekonomi riil yang sehat dan berkelanjutan.

Adapun rencana tersebut menyoroti tentang identifikasi risiko, pencegahan dan mitigasi risiko keuangan lintas pasar dan lintas industri dengan fintech. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan mengendalikan risiko dunia maya dan perlindungan informasi keuangan. Selain itu, penguatan teknologi dan pengoptimalan data menjadi target para fintech di China.

China termasuk negara yang logger regulasinya untuk fintech. Wajar saja implikasi dari kelonggaran aturan itu adalah pertumbuhan fintech yang amat cepat. Banyak perusahaan fintech yang telah memiliki model bisnis yang baik dan dapat bertahan. Sebaliknya ada juga fintech yang belum memiliki model bisnis untuk menunjang pertumbuhan. Bahkan ada juga fintech yang illegal.

Baca Juga: Fintech Bekingan Mantan Petinggi Tencent Ini Targetkan Gaet 10 Mitra Hingga 2020

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: