Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Drawing, Ini Aturan Fase Grup Liga Champions 2019-2020

Jelang Drawing, Ini Aturan Fase Grup Liga Champions 2019-2020 Kredit Foto: (Foto: UEFA.com)
Warta Ekonomi, Nyon -

Pengundian Fase Grup Liga Champions 2019-2020 segera diumumkan di Kota Nyon, Swiss, pada Kamis (29/8/2019) mulai pukul 23.00 WIB. Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah membagi 32 klub peserta ke dalam empat pot.

 

Beberapa pot nantinya akan diisi delapan klub. Pot 1 merupakan pot unggulan. Di sana terdapat kampiun Liga Champions musim lalu (Liverpool) dan jawara Liga Eropa 2018-2019 (Chelsea).

 

eeolflzx3vrnnllxoda2_20743.jpg

(Liverpool ditempatkan di pot 1)

 

Selanjutnya, enam klub lain merupakan juara enam kompetisi teratas sepakbola Eropa 2018-2019, yakni Juventus (Italia), Manchester City (Inggris), Barcelona (Spanyol), Paris Saint-Germain (Prancis), Bayern Munich (Jerman) dan Zenit st Petersburg (Rusia). Untuk penghuni pot 2 hingga 4 diurutkan berdasarkan koefisien di kompetisi antarklub Eropa dalam lima musim terakhir.

 

Namun, ada beberapa aturan yang bakal diterapkan saat pengundian. Nantinya, klub yang berasal dari negara yang sama takkan saling bentrok di fase grup. Karena itu, Barcelona dan Real Madrid yang berada di pot berbeda (1 dan 2) takkan saling bertemu di fase grup. Paling cepat, Madrid dan Barcelona baru akan bersua di perempatfinal.

 

UEFA juga takkan menyatukan wakil Rusia dan Ukraina di grup yang sama karena faktor politik kedua negara yang saling bersinggungan. Oleh sebab itu, dua wakil Rusia yakni Zenit st Petersburg dan Lokomotiv Moskow takkan berada di grup yang sama dengan Shakhtar Donestk (Ukraina).

 

a9ezb3zook8nubb9ie5c_21332.jpg

 

Selanjutnya, Liga Inggris, Spanyol, Jerman dan Italia sama-sama mengirimkan empat perwakilan di Liga Champions 2019-2020. Klub-klub yang berasal dari negara yang sama takkan bermain secara bersamaan.

 

Untuk Liga Inggris yang diwakili Liverpool, Manchester City, Chelsea dan Tottenham Hotspur. Keempat klub tersebut takkan bermain di hari yang sama. Nantinya, UEFA akan membagi waktu bermain mereka. Semisal jika Liverpool dan Chelsea mentas Rabu dini hari, Man City dan Tottenham akan tampil pada Kamis dini hari.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: