Portal Berita Ekonomi Kamis, 19 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:50 WIB. India - Startup investasi online Groww peroleh pendanaan seri B sebesar 154 crore rupee dari Ribbit Capital
  • 09:26 WIB. China - Pendiri Alibaba Joe Tsai resmi jadi pemilik Brooklyn Nets
  • 08:19 WIB. Bursa - Indeks Nikkei dibuka menguat 1,19% pada level 22.217
  • 08:18 WIB. Bursa - Indeks KOSPI dibuka menguat 0,82% pada level 2.087
  • 08:16 WIB. Valas - Dollar melemah 0,17% terhadap Yen pada level 108,27 Yen/dollar
  • 08:15 WIB. Valas - Dollar menguat 0,08% terhadap Poundsterling pada level 1,2462 $/Pound
  • 08:14 WIB. Valas - Dollar menguat 0,04% terhadap Euro pada level 1,1027 $/Euro
  • 08:11 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 63,80 $/barel
  • 08:10 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 58,26 $/barel
  • 08:10 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan melemah 0,23% dari pembukaan pada level 1.490 $/ounce
  • 08:08 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 ditutup menguat 0,03% pada level 3.006
  • 08:07 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones ditutup menguat 0,13% pada level 27.147
  • 08:06 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq ditutup melemah 0,11% pada level 8.177
  • 08:02 WIB. AS - Presiden Trump: Bank Sentral AS dan Jerome Powell tidak ada nyali,  tidak masuk akal dan tidak ada visi
  • 07:29 WIB. AS - Ketua Fed Reserve Jerome Powell: Bank sentral AS tidak akan menggunakan suku bunga negatif

6 Suku di Indonesia Ini Disebut Masih Kuasai Ilmu Hitam, Siapa Saja?

6 Suku di Indonesia Ini Disebut Masih Kuasai Ilmu Hitam, Siapa Saja? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air. Percaya nggak percaya, banyak yang dianggap masih bergantung dengan ilmu sihir untuk menyelesaikan urusan sehari-hari.

Dari banyaknya suku yang ada di Indonesia, enam di antaranya dianggap memiliki ilmu hitam paling mengerikan. Dilansir dari Mister Aladin, berikut enam suku yang menguasai ilmu hitam paling mengerikan.

1. Suku Baduy, Banten

Makin lama suku Baduy memang makin terbuka sama masyarakat luar, tapi urusan yang gaib-gaib tetep mereka lestarikan. Kalau ngomongin soal ngeramal masa depan, pelet, santet, debus, bahkan ilmu kebal senjata, banyak orang yang berguru ke daerah ini, termasuk para penjahat.

Mau kebal senjata api atau senjata tajem, semua ada kursusnya. Jangankan bisa ngedatengin malapetaka buat orang di luar suku, orang Baduy sendiri juga bisa kena batunya kalau coba-coba bikin masalah.

Contohnya kalau ada orang Baduy yang berani melanggar adat-istiadat, misalnya naik kendaraan pas bepergian dan bukannya jalan kaki, dijamin mereka bakal langsung kena sakit misterius. Eh, meskipun ilmu hitamnya sangar, tapi mereka suku yang ramah dan kalem banget, kok. Pokoknya selama nggak nyenggol, nggak akan ada golok yang melayang.

Baca Juga: Kabarnya Pernah Disantet, Perut Ariel Noah Berisi Batu hingga Keris

2. Suku Asmat, Papua

Sanggup nemuin barang hilang dan bisa datengin hujan petir cuma contoh dari sekian banyak ilmu yang dimiliki Suku Asmat. Selain menghormati banget leluhur mereka yang dipercaya tinggal di alam gaib tempat matahari terbenam, suku Asmat juga pantang dibikin tersinggung.

Sekali mereka marah, siap-siap aja kamu bakal dikirimin "hadiah" berupa sakit misterius, miskin mendadak, kecelakaan, dan masih banyak lagi. Sihir ini juga jadi cara mereka buat ngejaga alam sekitar supaya nggak dirusak orang. Bagi mereka, ngerusak alam sama aja artinya dengan ngerusak tempat tinggal dewa-dewa mereka. Waduh, mending damai dan banyak berdoa aja, deh, daripada bikin masalah sama mereka!

3. Suku Osing di Banyuwangi

Udah lama Banyuwangi punya reputasi sebagai "markas"-nya dukun santet super sakti. Saking kentalnya kabar santet di sana, pernah terjadi tragedi dantet Banyuwangi di tahun 1998 yang menewaskan ratusan orang. Orang-orang itu dibunuh dengan sadis (ada yang sampai dipenggal terus diarak keliling kota, lho!) karena dianggep dukun santet.

Waduh, emang segitu canggihnya ilmu gaib mereka? Jawabannya: ya. Mereka bahkan ngebagi santet jadi empat jenis. Ada santet hitam buat bales dendam sampai si musuh meninggal, santet merah buat bales dendam tapi nggak sampai bikin orang tewas, santet kuning buat bikin orang lain jadi suka, dan santet putih buat ngelancarin usaha. Hayo, mau pilih yang mana?

4. Suku Batak, Sumatera Utara

Nggak semua suku Batak masih praktekin sama ilmu hitam, sih, tapi rupanya tahun 2006 kemarin perwakilan dari suku ini dinobatin jadi ketua paranormal sedunia di Jerman, mengalahkan suku Voodoo dari Haiti! Sampai sekarang, masih ada orang-orang dari suku Batak yang akrab sama Begu Ganjang.

Makhluk halus yang berarti Setan Panjang ini bentuknya memang mirip orang dengan tangan dan kaki super panjang. Mereka biasa jadi piaraan orang yang disebut Par Begu Ganjang. Makhluk ini ditakutin banget karena mereka dipercaya bisa nyabut nyawa. Siapa pun yang ngeliat sosok mereka dipercaya bakal meninggal beberapa hari kemudian. Biasanya, Par Begu Ganjang ngirim makhluk ini buat ngedatengin orang yang nggak mereka suka. Tujuannya apa lagi kalau bukan buat bikin mereka ilang dari dunia ini?

5. Suku Kajang, Sulawesi Selatan

Suku yang tinggal di pedalaman Kabupaten Bulukumba ini percaya kalau mereka tinggal di Tana Toa (tanah tertua) yang pertama kali diciptain oleh Tuhan bumi. Suku yang suka banget pakai baju serba hitam ini sebenernya bijak banget, lho. Warna hitam sendiri mereka pilih buat melambangkan kesederhanaan, kesetaraan, dan kematian yang sewaktu-waktu bisa dateng.

Meskipun terkesan kalem, ilmu doti kajang mereka bisa bikin siapa pun geter. Selain bisa ngilangin nyawa orang, mereka juga jago praktekin ilmu kebal dan bisa ngelembekin kepala orang jadi mirip dodol. Hayo, siapa yang sebel sama orang keras kepala? Langsung aja minta dibikin kenyal sama suku Kajang, ya!

6. Suku Dayak, Kalimantan

Kalau ngomongin sihir hitam, nggak bisa deh nggak ngomongin suku Dayak. Cerita soal kemampuan mereka ngirim guna-guna dan pelet udah menyebar ke mana-mana. Salah satu ilmu magis mereka yang paling terkenal tuh mandau terbang. Senjata tradisional suku Dayak ini bisa dikendalikan dari jauh buat nyerang lawan atau ngelindungin kawan. Jadi, kalau orang Dayak punya musuh, mereka nggak perlu capek ngejar mati-matian musuh mereka. Kenapa? Karena mandau bisa melesat terbang sendiri buat nebas kepala si musuh!

Mereka juga sering ngirim mandau-mandau terbang buat ngelindungin orang yang mereka anggap kawan supaya bisa jalan dengan aman menyusuri hutan. Hayo, jangan macem-macem ya.

Partner Sindikasi Konten: Okezone

Tag: Suku Badui, Suku Asmat, Suku Tengger

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Muhammad Syahrianto

Foto: Antara/Weli Ayu Rejeki

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,777.39 3,739.37
British Pound GBP 1.00 17,665.91 17,487.15
China Yuan CNY 1.00 2,003.20 1,983.40
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,169.00 14,029.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,625.00 9,528.50
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,810.67 1,792.61
Dolar Singapura SGD 1.00 10,280.06 10,177.00
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,634.07 15,478.20
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,378.40 3,341.83
Yen Jepang JPY 1.00 13,100.04 12,969.40

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6276.633 39.943 653
2 Agriculture 1387.598 -13.692 21
3 Mining 1671.117 -6.325 49
4 Basic Industry and Chemicals 894.963 2.248 72
5 Miscellanous Industry 1187.630 31.262 49
6 Consumer Goods 2243.412 9.335 53
7 Cons., Property & Real Estate 501.506 3.875 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1221.614 6.972 75
9 Finance 1265.924 13.302 90
10 Trade & Service 805.028 -1.731 163
No Code Prev Close Change %
1 GLOB 390 486 96 24.62
2 SDRA 675 795 120 17.78
3 TIRA 238 278 40 16.81
4 JSKY 840 980 140 16.67
5 SMMA 8,800 10,000 1,200 13.64
6 POLI 1,120 1,265 145 12.95
7 MBTO 130 145 15 11.54
8 NUSA 75 82 7 9.33
9 GIAA 490 535 45 9.18
10 KOTA 550 600 50 9.09
No Code Prev Close Change %
1 FILM 630 500 -130 -20.63
2 SSTM 500 454 -46 -9.20
3 DNAR 266 242 -24 -9.02
4 INOV 434 400 -34 -7.83
5 KDSI 1,475 1,365 -110 -7.46
6 YULE 150 139 -11 -7.33
7 BIPP 69 64 -5 -7.25
8 BMSR 110 103 -7 -6.36
9 ETWA 96 90 -6 -6.25
10 MINA 2,570 2,410 -160 -6.23
No Code Prev Close Change %
1 IPTV 540 540 0 0.00
2 MNCN 1,275 1,285 10 0.78
3 MSIN 466 470 4 0.86
4 MAMI 139 139 0 0.00
5 KPIG 148 148 0 0.00
6 HOME 97 99 2 2.06
7 HMSP 2,330 2,370 40 1.72
8 BMTR 354 354 0 0.00
9 FREN 142 154 12 8.45
10 ERAA 1,980 1,920 -60 -3.03