Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Laga, Inilah Profil Singkat Malaysia dan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jelang Laga, Inilah Profil Singkat Malaysia dan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Kredit Foto: (Foto: AFF)
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peserta Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yakni Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Thailand. Peluang Malaysia dan Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya diprediksi lebih kecil.

Selain karena faktor pelatih, ketiga negara di atas dipercaya memiliki persiapan yang jauh lebih matang ketimbang Malaysia dan Indonesia. Meski begitu, apa pun bisa terjadi di sepakbola termasuk melihat Malaysia dan Indonesia bersaing di posisi atas klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga: Indonesia vs Malaysia, Kehadiran Suporter Bisa Jadi Penentu

1. Malaysia

Setelah empat tahun berlalu, Malaysia kembali satu grup dengan Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia. Saat itu atau tepatnya pada 2015, Malaysia takluk 0-10 di markas UEA, dan tumbang 1-2 di kandang sendiri. Akan tetapi, Malaysia yang sekarang bukanlah Malaysia yang dulu. Semenjak dipegang Tan Cheng Hoe pada 2017, Safawi Rasid dan kawan-kawan mengalami perbaikan prestasi.

Malaysia berhasil melaju ke final Piala AFF 2018, sebelum kalah tipis 2-3 dari Vietnam di partai puncak. Bahkan dalam perjalanannya ke final, Malaysia tidak pernah kalah dari lawan-lawannya perihal penguasaan bola. Karena itu, Malaysia memiliki potensi untuk menyulitkan lawan-lawan mereka di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Ranking FIFA: 159

Rekor di Piala Asia : Fase Grup (1976, 1980 dan 2007)

Rekor di Piala Dunia: Belum Pernah Tampil

2. Indonesia

Setelah absen di kualifikasi edisi sebelumnya karna terkena suspensi dari FIFA, Indonesia jelas membidik hasil tertinggi kali ini. Meski sulit, apa pun bisa terjadi di sepakbola. Selain kualitas Simon McMenemy yang pintar memotivasi pemain, skuad Timnas Indonesia bisa berharap kepada pemain ke-12.

Jika Stadion Utama Gelora Bung Karno dapat dipadati 70 ribu penonton di setiap pertandingan kandang, Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk meraup hasil maksimal. Pemain-pemain naturalisasi macam Stefano Lilipaly dan Alberto Goncalves juga bisa menjadi sosok pembeda di skuad Timnas Indonesia nantinya.

Ranking FIFA: 160

Rekor di Piala Asia : Fase Grup (1996, 2000, 2004, 2007)

Rekor di Piala Dunia: Fase Grup (Dengan nama Hindia-Belanda pada 1938)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: