Portal Berita Ekonomi Minggu, 22 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:59 WIB. India - Petronet LNG akan pasok 5 juta ton per tahun LNG dari proyek Driftwood
  • 09:56 WIB. China - Wearable device yang dikirim China naik 34,3% pada kuartal 2 atau 23,07 juta unit
  • 09:34 WIB. Serangan Aramco - PBB sambut baik rencana pemberontak Houthi akhiri semua serang ke Arab Saudi
  • 09:04 WIB. AS - Barron Hilton meninggal dalam usia 91 tahun di kediaman Los Angeles
  • 08:56 WIB. AS - Twitter menangguhkan ribuan akun yang memiliki hubungan dengan pemerintah di Timteng
  • 04:14 WIB. India - AS dan India akan bahas penurunan tarif pada beberapa produksi AS dan perlakuan khusus ekspor India ke AS
  • 04:01 WIB. Turki - Pengadilan Turki hukum penjara 14 orang karena terhubung dengan IS ekstrimis

Setelah Desa Penari, Ada Lagi Kisah Nyata KKN di Sukabumi

Setelah Desa Penari, Ada Lagi Kisah Nyata KKN di Sukabumi - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. KKN mistis sering terjadi, terlebih ada kisah nyata KKN di Desa Penari yang belakangan viral di media sosial.

 

Kisah mistis saat KKN pun biasa terjadi di tempat-tempat yang terpencil. Terutama bagi mahasiswa dari kota-kota besar yang memiliki gaya hidup berbeda dengan masyarakat pelosok. Seperti yang dialami oleh Mawar (nama disamarkan) yang pernah melakukan kegiatan KKN di suatu desa di daerah Sukabumi. Ada banyak kejadian mistis yang dialami oleh kelompoknya. Terlebih di dalam kelompoknya terdapat satu anak indigo.

 

Mawar telah memiliki perasaan resah dan gundah saat pertama kali tiba di rumah yang akan dihuni oleh kelompoknya. Bukan karena bangunannya yang kurang rapi atau rumahnya yang kotor, tetapi aura mistis yang kentara ini yang membuat dirinya enggan untuk mengikuti kegiatan KKN.

 

Mawar yang melaksanakan kegiatan tugas KKN selama satu bulan penuh mengeluhkan soal keadaan kamar mandi di rumah tersebut. Terdapat dua kamar mandi, satu dengan keramik biru dan satunya lagi masih dari semen tanpa atap.

 

Tetapi kamar mandi yang sudah berkeramik biru itu tidak bisa digunakan, sehingga hanya satu kamar mandi yang bisa mereka gunakan dan harus rela mengantre lebih lama. Ketika malam hari, Mawar yang sudah merasa kelelahan pun terlelap dalam tidur. Namun saat tengah malam salah satu temannya yang bernama Azizah berteriak dengan mata terbelalak sekeras-kerasnya. Azizah yang kesurupan itu sontak membuat teman-teman sekelilingnya ketakutan dan juga ikut berteriak.

 

Baca Juga: Merinding, Cerita Mistis 5 Jalan Tol di Indonesia yang Bikin Merinding!

 

"Sebenarnya aku ngakak sih pas anak-anak juga malah pada teriak. Karena kita benar-benar nggak tahu harus ngapain," ujar Mawar seperti yang dilansir Okezone.

 

Beruntungnya Azizah dapat disadarkan karena salah satu anggota kelompoknya yang bernama Ramadhan merupakan anak dari seorang kyai. Ramadhan sontak menghubungi ayahnya dan ayahnya membacakan doa-doa via telepon yang didekatkan ke telinga Azizah.

 

Setelah kejadian kesurupan itu semua orang berkumpul di ruang tengah dan saling mengingatkan agar tidak pergi sendirian. Namun Azizah pergi ke kamar mandi sendirian dan dirinya kesurupan lagi hingga pingsan. Setelah sadar Azizah menceritakan bahwa dirinya telah melihat makhluk yang sangat besar dengan kaki berbulu lebat.

 

Ada banyak hal ganjil yang dialami oleh Mawar dan teman-temannya. Salah satunya adalah paku-paku yang berserakan di lantai. Walaupun teman laki-lakinya sudah membuang paku-paku tersebut, anehnya keesokan harinya paku-paku itu kembali berserakan entah dari mana datangnya. Pada suatu malam dirinya terbangun dari tidur, ternyata temannya yang bernama Icha juga terbangun, mereka pun bercakap-cakap dan sama-sama terbangun karena mendengar suara orang mencangkul.

 

"Rajin banget ya orang sini tengah malem gini masih macul (mencangkul-Red)," Kata Mawar kepada Icha.

Tanpa berpikir panjang mereka pun melanjutkan tidur kembali. Keesokan paginya mereka menceritakan hal tersebut kepada yang lain. Tetapi tak seorangpun mendengar suara cangkul itu kecuali Mawar dan Icha.

 

Karena dihantui rasa penasaran, mereka mengunjungi kebun, sumber suara cangkul itu terdengar. Ternyata kebun tersebut masih sangat berantakan, jadi mereka berpikir bahwa mustahil kalau semalam itu benar-benar ada orang yang mencangkul.

 

Ada suara kakek-kakek hingga tawa kuntilanak

Kejadian lainnya juga dialami Mawar ketika mendapat giliran tugas untuk mencuci piring. Ia menyetel musik dengan volume paling keras untuk mengusir rasa bosan. Tetapi Mawar beberapa kali mendengar ada suara kakek-kakek berdehem.

 

"Awalnya aku cuekin, tapi kakek-kakek itu terus ngomong 'ehem' aku udah coba nengok beberapa kali tetep nggak ada orang. Akhirnya aku lari ngibrit lah ke kamar," terangnya.

Beberapa hari sebelum KKN usai, kelompok Mawar diundang oleh kepala dusun untuk datang merayakan malam Maulid Nabi pada malam hari.

 

Dikisahkan, Mawar bersama dengan 7 orang temannya yang menyewa angkot karena lokasi KKN memang cukup jauh dari rumah tempat kelompok Mawar tinggal. Karena medan lokasi dusun tidak dapat dijangkau oleh angkot, maka mereka harus berjalan kaki untuk sampai ke acara tersebut.

 

"Awalnya pas kami turun dari angkot abang-abangnya udah bilang 'hati-hati Neng, banyak kejadian ganjil di sini', ternyata pas baru aja kami menempuh beberapa meter perjalanan, terdengar suara kuntilanak cekikikan, kami pun langsung berpegangan satu sama lain. Karena medan sangat terjal jadi nggak mungkin banget kami lari, bisa celaka nanti," kata Mawar.

 

Di desa tersebut memang tidak ada orang yang beraktivitas di luar rumah pada malam hari. Saat Maghrib tiba, memang sudah tidak aktivitas di luar rumah lagi.

 

"Bukan cuma karena hal-hal yang berbau mistis, tapi memang prasarana di sana memang minim, penerangan jalan umum pun kurang memadai, jadi kata warga di sana kalau sudah Maghrib jangan pergi ke luar rumah," jelas Mawar.

 

KKN mengajarkan banyak hal, bagaimana cara kita berbaur dengan masyarakat baru, bagaimana mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya di dunia yang lebih luas, dan juga mengatasi kemanjaan warga kota yang kehidupannya serba mudah karena fasilitas yang tersedia. 

Partner Sindikasi Konten: Okezone

Tag: Kisah, Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Foto: Shutter

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.96 3,736.24
British Pound GBP 1.00 17,748.95 17,572.01
China Yuan CNY 1.00 2,001.27 1,981.48
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,155.00 14,015.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,608.41 9,511.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.08 1,789.13
Dolar Singapura SGD 1.00 10,276.61 10,169.80
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,648.35 15,492.18
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.74 3,348.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,113.77 12,980.46

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6231.473 -12.997 654
2 Agriculture 1373.405 5.845 21
3 Mining 1665.437 14.211 49
4 Basic Industry and Chemicals 880.940 -6.688 73
5 Miscellanous Industry 1168.551 -4.934 49
6 Consumer Goods 2224.357 -12.734 53
7 Cons., Property & Real Estate 500.602 -0.838 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1228.506 14.718 75
9 Finance 1256.024 -5.058 90
10 Trade & Service 796.555 -5.213 163
No Code Prev Close Change %
1 AHAP 56 75 19 33.93
2 KPAL 560 680 120 21.43
3 TIRA 244 286 42 17.21
4 SAPX 870 1,000 130 14.94
5 POLI 1,165 1,335 170 14.59
6 SMMA 10,000 11,000 1,000 10.00
7 POWR 1,010 1,100 90 8.91
8 HOTL 155 168 13 8.39
9 ABMM 1,805 1,950 145 8.03
10 SSTM 454 490 36 7.93
No Code Prev Close Change %
1 HOME 113 84 -29 -25.66
2 KRAH 1,500 1,135 -365 -24.33
3 VINS 136 103 -33 -24.26
4 OKAS 258 216 -42 -16.28
5 APEX 550 462 -88 -16.00
6 JKON 500 428 -72 -14.40
7 ALKA 488 420 -68 -13.93
8 FILM 480 416 -64 -13.33
9 TRIM 170 150 -20 -11.76
10 GGRP 945 855 -90 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,270 1,250 -20 -1.57
2 HOME 113 84 -29 -25.66
3 MAMI 140 147 7 5.00
4 FREN 163 166 3 1.84
5 YELO 176 176 0 0.00
6 BBRI 4,220 4,160 -60 -1.42
7 IPTV 530 520 -10 -1.89
8 TLKM 4,210 4,290 80 1.90
9 KPAL 560 680 120 21.43
10 SWAT 118 120 2 1.69