Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Melihat Perilaku Masyarakat dalam Belanja Online Akhir Tahun

Melihat Perilaku Masyarakat dalam Belanja Online Akhir Tahun Kredit Foto: Sumber lain
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bulan September merupakan bulan pesta belanja online. Sejumlah e-commerce berlomba memberikan beragam tawaran terbaik mulai dari promo, cashback, hingga potongan harga (discount) kepada para pelanggan.

Tak mengherankan jika banyak masyarakat Indonesia amat menantikan pesta belanja online akhir tahun tersebut.

Shopback, sebuah platform cashback rewards dan kurator e-commerce, melakukan survei secara daring pada Juli 2019. Survei ini diikuti lebih dari 5.100 responden dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar, guna melihat pola perilaku belanja online masyarakat Indonesia saat festival belanja online akhir tahun berlangsung.

Baca Juga: Dari Jualan Online, Toko Ini Berhasil Jual 5 Ribu Donat!

Hasil survei menyebutkan, sebanyak 2/3 responden mengaku berencana akan berbelanja lebih banyak ketimbang festival belanja online tahun lalu. Di sisi lain, sebanyak 38,6 persen dari responden akan berbelanja sebanyak Rp500.001- Rp1.500.000 dan sebanyak 36,8 persen responden akan berbelanja di bawah Rp500.000.

Sementara itu, berdasarkan data ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan uang sebesar Rp2.105.811.

"Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan," ujar Head of Business Development ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Yolanda menambahkan, tidak hanya menguntungkan masyarakat, festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi para pelaku niaga daring, yang rata-rata transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa.

"Tahun ini pun ShopBack memprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal order dibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya," ujarnya.

Baca Juga: 4 Perusahaan Taksi Online Terbesar di Dunia, Gojek Urutan Berapa?

Dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah lebih bijak dalam menentukan barang apa yang akan dibeli di platform online. Menilik dari hasil survey yang dilakukan ShopBack, responden mengaku lebih mempertimbangkan kredibilitas penjual ketimbang harga yang ditawarkan.

Sementara itu, berdasarkan survei ini juga, Harbolnas menduduki peringkat pertama festival belanja online yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia, diikuti 99 Super Shopping Day di peringkat kedua. Kendati demikian, terdapat 22 persen dari responden yang mengetahui semua festival belanja online yang ada di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Berita Terkait