Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementerian Luhut Dapat Tambahan Anggaran Rp79 Miliar di 2020

Kementerian Luhut Dapat Tambahan Anggaran Rp79 Miliar di 2020 Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Anggaran  DPR menyetujui pagu anggaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di 2020 sebesar Rp350,79 miliar. Angka tersebut meningkat dari pagu indikatif sebesar Rp271,54 miliar. Anggaran bertambah sebesar Rp79,25 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Kamaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penambahan anggaran Rp79,25 miliar itu untuk koordinasi keamanan dan ketahanan maritim sebesar Rp11,5 miliar,  koordinasi delimitasi zona maritim Rp8 miliar, sekretariat GMF-BRI Rp10 miliar, dan kendaraan bermotor listrik Rp1,5 miliar.

Selain itu, untuk peningkatan penggunaan produk dalam negeri sebesar Rp1 miliar, serta pengendalian status dan kualitas geopark nasional sebesar Rp4 miliar.

Baca Juga: Luhut, Menteri Super Jokowi yang Garap BPJS Hingga Direksi BUMN

Selanjutnya, untuk pengendalian pelaksanaan RAN penanganan sampah laut sebesar Rp4,5 miliar, dukungan operasional sekretariat pengarah citarum Rp4 miliar, annual maintancance ArcGIS Standar License Rp300 juta, dan kebijakan kesehatan laut sebesar Rp2 miliar.

Sementara itu, realisasi anggaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman selama 2019, yaitu Rp155,65 miliar atau 60,52% dari pagu anggarannya Rp257,2 miliar.

Banggar pun berpesan agar anggaran yang sudah ditambahkan itu dapat digunakan secara maksimal. Mengingat tahun depan tantangan akan jauh lebih kompleks. Terkhusus Indonesia adalah negara kelautan dengan sumber daya yang harus dimanfaatkan secara maksimal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: